5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Serbia

Tadic, Mitrovic, dan Kostic siap pimpin Serbia

Kiprah Timnas Serbia di sepak bola terhitung baru. Sebab, Serbia sempat berada di bawah nama Yugoslavia. Begitu pun saat Piala Dunia.

Serbia pun tak memiliki banyak pemain legendaris dengan torehan penampilan yang banyak di tim nasional. Lantas, siapa sajakah pemain aktif dengan caps terbanyak di Timnas Serbia?

1. Dusan Tadic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SerbiaDusan Tadic (twitter.com/euro2024)

Pemain aktif dengan jumlah penampilan terbanyak di Timnas Serbia dipegang kapten mereka. Dia adalah Dusan Tadic, winger berusia 33 tahun yang kini telah mengemas 18 gol dan 33 assist dari 90 pertandingan.

Catatan tersebut Tadic bukukan sejak Desember 2008, kala usianya menginjak 20 tahun. Ia sebetulnya bisa menambah lebih banyak laga untuk negaranya. Namun, Tadic harus menunggu waktu lama hingga akhirnya jadi pemain andalan di posisi winger kiri pada 2011.

2. Vladimir Stojkovic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SerbiaVladimir Stojkovic (twitter.com/fkpartizanen)

Vladimir Stojkovic merupakan pemain veteran berusia 39 tahun yang saat ini bermain di Liga Arab Saudi. Stojkovic melakukan debutnya pada Agustus 2006 pada usia yang telah menginjak 23 tahun.

Seiring waktu, Stojkovic menjelma sebagai kiper utama Timnas Serbia. Namun, ia telah memutuskan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2018. Stojkovic sendiri mengoleksi 84 caps untuk negaranya.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Meksiko

3. Zoran Tosic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SerbiaZoran Tosic (manutd.com)

Nama selanjutnya ialah Zoran Tosic, mantan winger Manchester United yang saat ini berlaga di Liga Kazakhstan bersama Tobol Kostanay. Tosic melakukan debutnya pada September 2007 ketika masih berusia 20 tahun 4 bulan.

Tosic kerap mencatatkan laga meski tak melulu menjadi starter. Hingga pertandingan terakhirnya bersama Timnas Serbia pada September 2017, ia sukses mengemas 76 caps dengan sumbangan 11 gol dan 6 assist.

4. Aleksandar Mitrovic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SerbiaAleksandar Mitrovic (premierleague.com)

Dengan penampilannya yang impresif bersama Fulham, Aleksandar Mitrovic sepertinya akan berduet bersama Dusan Vlahovic di lini serang Timnas Serbia pada Piala Dunia 2022. Mitrovic sendiri merupakan sosok penyerang tajam nan berpengalaman.

Mitrovic telah mencetak 50 gol dan 5 assist dari 76 caps yang membuat ia menjadi top scorer sepanjang masa Timnas Serbia. Catatan itu ia mulai ketika berusia 18 tahun 8 bulan. Debutnya sendiri terjadi pada Juni 2013.

5. Filip Kostic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SerbiaFilip Kostic (juventus.com)

Pemain sayap baru Juventus, Filip Kostic, masuk dalam daftar ini meski baru debut di Timnas Serbia pada Juni 2015. Ia yang debut pada usia 22 tahun 7 bulan ini telah mencatat 50 caps dengan sumbangan 3 gol dan 10 assist.

Dengan kualitas yang ia miliki, Kostic sepertinya siap untuk menjadi tumpuan Serbia pada Piala Dunia 2022 mendatang. Ia diprediksi akan menjadi andalan Dragan Stojkovic untuk posisi favoritnya, sayap kiri.

Dusan Tadic, Filip Kostic, dan Aleksandar Mitrovic akan menjadi deretan pemain senior yang memimpin Serbia pada Piala Dunia 2022. Selain itu, Serbia juga masih memliki beberapa nama besar, seperti Dusan Vlahovic, Sergej Milinkovic-Savic, dan Nikola Milenkovic.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Spanyol

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya