3 Video Sejarah Prancis Meraih 3 Trofi Gara-gara Golden Goal

Prancis selalu beruntung ketika aturan golden goal diterapkan

Sejak aturan golden goal atau gol emas diterapkan di sepak bola internasional level senior tahun 1996 telah membuat banyak cerita dalam perjalanan sejarahnya.

Sekadar info, golden goal merupakan aturan di babak tambahan 2 x 15 menit, yang jika salah, tim mencetak gol lebih dulu langsung dinyatakan menang dan pertandingan tersebut langsung usai. Babak tambahan terjadi jika kedua tim yang bertanding bermain imbang selama 90 menit.

Dan jika dalam 2 x 15 kedua masih tetap seri, maka pemenang akan ditentukan lewat adu penalti. Sistem perpanjangan 30 menit setelah 90 menit biasanya dilakukan pada pertandingan fase gugur/knock out. Golden goal ditujukan agar pemain tidak terlalu kelelahan dan pertandingan bisa secepatnya berakhir.

Gol emas resmi diterapkan pada level senior sepak bola internasional di Piala Eropa 1996 yang diselenggarakan di Inggris. Saat itu hanya ada satu gol emas di EURO 96 yang dicetak Oliver Bierhoff di partai final melawan Ceko.

Satu golden goal itu pula yang menentukan Jerman menang 2-1 dan menjadi juara Piala Eropa yang ke-3 kalinya.

Sebenarnya aturan gol emas sudah diterapkan di ajang resmi di tahun 1993 namun masih tahap diuji cobakan pada level turnamen usia muda seperti Piala Dunia U-17 dan U-21.

Tapi tahukah kamu, negara yang paling beruntung ketika aturan golden goal diterapkan di sepak bola. Jawabanya adalah Prancis! Ya. Negara satu ini memang yang paling hoki ketika harus menghadapi babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit dengan aturan gol emas.

Di akhir 90-an dan awal 2000-an, Tim Ayam Jantan Prancis bisa memenangkan 3 trofi internasional mereka dengan aturan tersebut.

Di turnamen mana saja dan tahun berapakah itu? Seperti apa proses dan siapa yang mencetak gol emas yang membuat Negeri Napoleon Bonaparte berhasil menggondol 3 gelar? Berikut pemaparanya:

1. Gol Laurent Blanc ke gawang Paraguay di babak per delapan final Piala Dunia 1998

3 Video Sejarah Prancis Meraih 3 Trofi Gara-gara Golden Goalbbc.co.uk

Pertandingan yang diselenggarakan di Kota Lens ini berjalan menarik. Di luar dugaan, Paraguay yang dianggap underdog bisa menahan Prancis menjadi unggulan, plus mereka adalah tuan rumah di gelaran Piala Dunia 1998.

Kiper Paraguay yang fenomenal, Jose Luis Chilavert sukses memimpin rekan-rekanya menahan Zidane dkk selama 90 menit.

Ketika babak tambahan pertama Prancis terus menerus menekan wakil Amerika Latin itu. Hingga pada menit 113' Robert Pires melakukan umpan silang dan disambut oleh David Trezeguet yang memantulkan bola ke arah Blanc.

Laurent Blanc yang dalam posisi bebas kemudian melakukan tendangan voli ke gawang Paraguay dan akhirnya berhasil menaklukan kiper tangguh Chilavert.

Gol pemain bertinggi 192 cm itu langsung membawa Prancis ke babak 8 besar dan membuyarkan harapan Paraguay untuk melangkah lebih jauh di Piala Dunia 1998.

2. Video golden goal Laurent Blanc

Setelah memenangi pertandingan melawan Paraguay, Prancis menghadapi Italia dan berhasil menang adu penalti 4-3.

Di semifinal, Prancis mengalahkan tim kejutan Kroasia dengan skor 2-1. Di partai final dengan perkasanya Zidane cs melumat tim Samba Brasil 3-0. Sehingga mereka menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Seandainya Blanc tidak mencetak gol emas ke gawang Paraguay dan pertandingan berakhir imbang sampai akhir babak tambahan. Mungkin saja Prancis kalah adu penalti.

Karena Paraguay mempunyai kiper tangguh seperti Chilavert dan bisa berakibat mereka tidak lolos ke babak selanjutnya dan gagal jadi juara dunia.

Jadi kesimpulanya, gol emas Blanc merupakan kunci sukses dalam menolong Prancis lolos dari lubang jarum. Sehingga memudahkan mereka memenangi Piala Dunia di akhir turnamen. Ini keberuntungan pertama Prancis dengan aturan golden goal.

2. Gol Zinedine Zidane ke gawang Portugal di Semifinal Piala Eropa 2000

3 Video Sejarah Prancis Meraih 3 Trofi Gara-gara Golden Goalskysports.com

Pertarungan antara Prancis vs Portugal berjalan sangat seru kedua tim saling jual beli serangan dan saling mengancam gawang. Tapi Portugal lebih dulu mencetak gol yang diciptakan strikernya Nuno Gomes di menit 19', dan membuat Negeri Pantai Iberia itu unggul 1-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, Prancis lebih menguasai pertandingan dan akhirnya bisa menjebol gawang Portugal yang dijaga Vitor Baia menit ke 51' yang dilesakkan Thiery Henry. Sampai akhirnya duel ketat itu harus diperpanjang hingga babak tambahan 30 menit.

Di babak tambahan pertandingan semakin berjalan menarik. Karena kedua tim memiliki skuat tim yang berkualitas.

Maka itu golden goal Prancis baru tercipta di babak tambahan kedua menit 117' lewat tendangan penalti Zidane. Karena sebelumnya bola tendangan Sylvain Wiltord mengenai tangan bek kanan Portugal Abel Xavier.

4. Berikut highlights pertandingan Prancis vs Portugal di semifinal Piala Eropa 2000

Dengan penuh tekananan 50 ribu pasang mata yang memadati stadion King Bouduoin, Brussels Zinedine Zidene secara tenangnya menaklukan Baia dan membuat Prancis unggul 2-1.

Gol emas dari Zizou itu membuyarkan harapan Luis Figo dkk untuk lolos ke final melawan Italia yang 2 hari sebelumnya mengalahkan tuan rumah Belanda. Untuk Prancis golden goal tersebut memastikan Prancis melenggang ke partai puncak.

3. Gol David Trezeguet ke gawang Italia di Final Piala Eropa 2000

3 Video Sejarah Prancis Meraih 3 Trofi Gara-gara Golden Goalfifa.com

Di partai final melawan Italia Prancis harus ekstra kerja keras buat menembus pertahanan Italia yang di EURO 2000 ini sangat tangguh dan didukung kiper Francesco Toldo yang sedanng on fire karena berhasil menepis 4 tendangan penalti pemain Belanda di semifinal.

Italia lebih dulu unggul di menit ke 55' hasil gol Marco Delvecchio yang menerima umpan silang akurat Pesotto. Tapi di sinilah kemudian terjadi keajaiban untuk Prancis terjadi.

Ketika seluruh pemain cadangan dan staf tim Italia bersiap merayakan kemenangan di final, tapi malah Wiltord mencetak gol yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol Prancis yang diciptakan Sylvain Wiltord itu tentu saja membuyarkan kemenangan Italia yang sudah di depan mata. Karena gol penyama kedudukan dari Les Blues tercipta kala pertandingan tinggal menyisakan beberapa detik (90+3 detik ke-56) saja sebelum pertandingan usai.

5. Berikut video golden goal David Trezeguet

Gol Sylvain Wiltord itu memaksa pertandingan dilanjukan ke babak tambahan 2 x 15 menit. Momen di akhir pertandingan membuat mental Prancis naik, sementara Italia malah sebaliknya.

Dan benar saja baru 3 menit babak tambahan pertama berjalan, David Trezeguet mencetak gol kemenangan Prancis atas Italia di final, dan memastikan Prancis menjadi kampiun Piala Eropa di awal milenium. Ini jadi kali kedua bagi tim Ayam Jantan menjadi juara benua biru di tahun 1984.

Menariknya, di Piala Eropa 2000 ini hanya terjadi 2 golden goal dan semua gol emas itu diciptakan oleh pemain Prancis lewat kaki Zinedine Zidane dan David Trezeguet. Ajaib!

4. Gol Thiery Henry ke gawang Kamerun di final Piala Konfederasi 2003

3 Video Sejarah Prancis Meraih 3 Trofi Gara-gara Golden Goalfifa.com

Pertandingan puncak Piala Konfederasi 2003 yang mempertemukan tuan rumah Prancis melawan Kamerun ini berjalan kurang greget. Karena memang situasi sedang berduka pasca meninggalnya pemain Kamerun Marc-Vivien Foe, saat sedang bermain di partai semifinal melawan Kolombia.

Efeknya laga berlangsung seperti partai persahabatan yang tidak mengincar kemenangan. Hasilnya bisa ditebak, pertandingan normal 90 menit berjalan tanpa gol.

Untungnya saat babak tambahan berjalan 8 menit, Thiery Henry sukses menciptakan golden goal untuk Prancis dan jadi gol emas terakhir di turnamen resmi FIFA berkat umpan matang dari Lilian Thuram.

Hasil 1-0 itu membuat Prancis mempertahankan gelar Piala Konfederasi, yang sebelumnya direbut pada tahun 2001 dan menjadi yang kedua kali buat Les Blues.

8. Berikut video golden goal Thiery Henry

Itu tadi empat gol emas Prancis yang membantu mereka dalam meraih 3 trofi internasional yaitu 1 Piala dunia, 1 Piala Eropa dan 1 Piala Konfederasi.

Sebenarnya Prancis meraih 4 gelar di kurun waktu 1998 sampai 2003 namun di Piala Konfederasi 2001, Les Blues tidak menciptakan gol emas.

Selain bersahabat dengan aturan golden goal, Prancis juga beruntung. Karena saat itu sedang memiliki generasi emas seperti Zidane, Henry, Trezeguet, Pires, Thuram, Lizarazu, Desailly, Djibril Cisse, Barthez yang semuanya sedang dalam keadaan top peforma. Tak ayal dengan materi seperti itu Prancis bisa dengan mudah meraih kesuksesan.

Jadi secara total Prancis mencetak gol emas sebanyak 2 dari 3 golden goal yang tercipta di Piala Eropa di tahun 1996 dan 2000. Sementara di Piala Dunia, Henry cs melesakkan 1 dari 4 gol emas yang tercipta di tahun 1998, dan 2002 selama aturan gol emas diterapkan di dua turnamen besar itu.

Aturan golden goal sendiri akhirnya tidak lagi dipakai FIFA sejak tahun 2003 untuk menentukan pemenang pertandingan di fase gugur.

Karena diprotes oleh banyak negara dan klub yang beranggapan bahwa aturan gol emas tidak memberi kesempatan bagi tim yang kebobolan untuk menyamakan kedudukan dan itu dianggap mencederai sportivitas.

Kemudian rule of the game babak tambahan diganti dengan silver goal yang jika satu tim mencetak gol di babak tambahan yang pertama, maka tidak perlu lagi dilanjutkan babak tambahan kedua. Tapi aturan itu tetap mendapat protes dari banyak insan sepak bola.

Sehingga sekarang ini diberlakukan aturan lama yang menerapkan jika pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan, maka otomatis kedua harus menyelesaikan dua babak walau satu tim telah mencetak gol dan dalam keadaan unggul.

Dwiki Libra Photo Verified Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya