5 Eks Barcelona yang Kini Bermain di Klub Negara Timur Tengah

Tiga di antaranya merupakan didikan akademi La Masia

Liga-liga di wilayah Timur Tengah, meliputi Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab, kerap mendatangkan pemain sepak bola top Eropa. Klub wilayah Timur Tengah dari ketiga negara tersebut memang dikenal memiliki finansial serta fasilitas yang cukup oke sehingga bikin para pesepak bola top Eropa tertarik melanjutkan karier di sana.

Bahkan, mendatangkan mantan pemain dari klub sekaliber Barcelona bukan perkara sulit bagi beberapa tim di wilayah Timur Tengah. Setidaknya, kini ada lima nama eks Barcelona yang tengah merumput di liga-liga sepak bola wilayah Timur Tengah. Siapa saja mereka?

1. Paco Alcacer

5 Eks Barcelona yang Kini Bermain di Klub Negara Timur TengahPaco Alcacer (twitter.com/paco93alcacer)

Paco Alcacer memutuskan bergabung dengan tim asal Uni Emirat Arab, Sharjah FC. Eks Barcelona ini meninggalkan ketatnya kompetisi Eropa di saat usianya masih 29 tahun.

Paco Alcacer merupakan mantan penyerang Valencia, Barcelona, Borrusia Dortmund, dan Villarreal. Saat berseragam Barcelona, Paco mencatat 50 pertandingan sambil mencetak 15 gol di seluruh kompetisi. 

2. Miralem Pjanic

5 Eks Barcelona yang Kini Bermain di Klub Negara Timur TengahMiralem Pjanic (facebook.com/miralempjanicofficial)

Sama seperti Paco Alcacer, Miralem Pjanic juga merapat ke Sharjah FC. Tim asal Uni Emirat Arab ini sukses menduetkan kedua mantan pemain Barcelona tersebut.

Tak hanya bersama Paco Alcacer, Miralem Pjanic juga datang bersamaan dengan mantan rekannya saat di AS Roma, Konstantinos Manolas. Eks Juventus itu memutuskan berkarier di benua Asia usai dipastikan tidak mendapat tempat utama di Barcelona musim kompetisi 2022/2023 ini.

Baca Juga: Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie A

3. Rafinha Alcantara

5 Eks Barcelona yang Kini Bermain di Klub Negara Timur TengahRafinha (twitter.com/Rafinha)

Keputusan Rafinha hengkang ke Liga Qatar musim panas 2022 ini terbilang cukup mengejutkan. Adik dari Thiago Alcantara tersebut sejatinya masih tergolong berada di usia emas pesepak bola.

Rafinha memutuskan bergabung dengan Al-Arabi SC dengan status bebas transfer setelah PSG tidak memperpanjang kontraknya. Eks Barcelona satu ini memang dinilai tidak berkembang sehingga sering dipinjamkan oleh Barcelona sebelum akhirnya pindah secara permanen ke Paris Saint-Germain. 

4. Marc Muniesa

5 Eks Barcelona yang Kini Bermain di Klub Negara Timur TengahMarc Muniesa (instagram.com/muniesa)

Tidak seperti nama-nama sebelumnya, Marc Muniesa sudah merumput di Timur Tengah sejak 2019 untuk memerkuat klub asal Qatar, Al-Arabi. Bek yang kini berusia 30 tahun tersebut merupakan didikan asli La Masia sekaligus mantan pemain Spanyol U-21 yang menjuarai Piala Eropa U-21 di bawah asuhan pelatih Luis Milla. 

Saat di Barcelona, Marc Muniesa hanya mencatatkan empat penampilan saja di semua kompetisi. Setelah tidak mendapat tempat di Barcelona, Marc Muniesa memutuskan pindah ke Liga Inggris untuk membela Stoke City.

Tak terlalu sukses juga, Muniesa sempat dipinjamkan oleh Stoke City ke tim asal Catalan lainnya, Girona, untuk kemudian dipermanenkan semusim berselang. Baru setahun dipermanenkan Girona, Marc Muniesa justru pergi ke benua Asia demi mencari tantangan baru.

5. Alberto Botia

5 Eks Barcelona yang Kini Bermain di Klub Negara Timur TengahAlberto Botia (fcbarcelona.com)

Alberto Botia merupakan mantan pemain Tim Nasional Spanyol U-21 asuhan pelatih Luis Milla yang menjuarai Piala Eropa U-21 2011. Pemain didikan asli La Masia ini kini bermain untuk klub Liga Arab Saudi, yaitu Al-Wehda SC.

Al-Wehda bukan klub pertamanya ketika pertama kali berlaga di Liga Arab Saudi, melainkan Al-Hilal. Sebelum bermain di Timur Tengah, Alberto Botia pernah bermain di Olympiacos, Sevilla, Elche, Sporting Gijon, dan tentunya Barcelona itu sendiri. Selama di Barcelona, ia hanya mencatatkan satu kali penampilan di pertandingan resmi. 

Sederet karier pemain di atas terbilang singkat saat berseragam Barcelona. Pindah ke benua Asia sendiri menjadi tren pemain sepak bola untuk menghabiskan sisa kariernya ketika tak mampu lagi tampil kompetitif di level Eropa.

Baca Juga: Momen Emosional Perpisahan Gerard Pique dengan Barcelona

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya