5 Bek Kanan Orbitan Juergen Klopp dari Akademi Liverpool

Trent Alexander-Arnold kunci posisi bek kanan utama

Intinya Sih...

  • Trent Alexander-Arnold kunci posisi bek kanan utama Liverpool dalam beberapa tahun terakhir.
  • Liverpool lebih banyak mengorbitkan pemain dari akademi daripada membeli pemain untuk menjadi pelapis bek kanan.
  • Connor Randall, Ki-Jana Hoever, Neco Williams, dan Conor Bradley adalah bek kanan lainnya yang dipromosikan dari akademi Liverpool era Juergen Klopp.

Juergen Klopp resmi berpisah dengan Liverpool setelah hampir 9 tahun berada di Anfield. Dalam kesuksesan yang diraih bersama Liverpool, banyak perubahan komposisi pemain sejak pertama kali ia datang pada pertengahan musim 2015/2016 silam. Namun, tidak dengan di posisi bek kanan yang selalu diisi oleh Trent Alexander-Arnold dalam beberapa tahun terakhir. 

Trent Alexander-Arnold sendiri merupakan pemain yang dipromosikan Juergen Klopp dari akademi Liverpool. Selama membesut Liverpool. juru taktik berusia yang kini berusia 56 tahun itu selama hanya mendatangkan Calvin Ramsay sebagai satu-satunya pemain yang bermain di posisi bek kanan. Di era Klopp, Liverpool lebih banyak mengorbitkan pemain dari akademi daripada membeli pemain untuk menjadi pelapis bek kanan.

Hingga akhir masa baktinya, Juergen Klopp telah mengorbitkan lima bek kanan dari akademi Liverpool. Termasuk Trent Alexander-Arnold, berikut lima bek kanan yang promosi dari akademi ke tim utama Liverpool era Juergen Klopp.

1. Connor Randall menjadi bek kanan pertama yang dipromosikan Juergen Klopp dari akademi

5 Bek Kanan Orbitan Juergen Klopp dari Akademi LiverpoolConnor Randall (instagram.com/connor_randall_)

Sejak awal masa kepelatihan di Liverpool, posisi bek kanan utama dimiliki oleh Nathaniel Clyne pada 2015/2016. Juergen Klopp lalu menaruh kepercayaan kepada Connor Randall yang baru dipromosikan ke tim utama sebagai pelapis peran Nathaniel Clyne. Pada musim debutnya, ia mencatatkan 8 pertandingan bersama The Reds.

Sayang, catatan pertandingan itu tidak bertambah pada musim berikutnya. Ia gagal bersaing dengan Nathaniel Clyne dan justru mulai terpinggirkan sejak hadirnya Trent Alexander-Arnold. Connor Randall lalu dipinjamkan ke dua klub berbeda hingga kontraknya bersama Liverpool habis pada Juli 2019.

Baca Juga: 6 Pemain yang Paling Diandalkan Juergen Klopp di Liverpool

2. Trent Alexander-Arnold menjadi kapten kedua Liverpool pada 2023/2024

5 Bek Kanan Orbitan Juergen Klopp dari Akademi LiverpoolTrent Alexander-Arnold (tengah) (instagram.com/trentarnold66)

Trent Alexander-Arnold menjalani debutnya bersama tim senior Liverpool sebagai pemain pengganti pada 15 Desember 2015, di mana saat itu mereka menang 3-0 atas Middlesbrough. Ia lalu bermain penuh saat Liverpool menahan imbang Manchester United 1-1 pada 11 Januari 2016. Pada musim berikutnya, perlahan ia mampu menggeser posisi Nathaniel Clyne sebagai starter di posisi bek kanan Liverpool. Status itu mampu Alexander-Arnold pertahankan hingga kini.

Saat Jordan Henderson yang menjabat sebagai kapten tim memutuskan hengkang, tim pelatih Liverpool sepakat menunjuk Virgil van Dijk sebagai kapten utama dengan didampingi Trent Alexander-Arnold sebagai wakilnya. Selama mengabdi untuk Liverpool, Trent Alexander-Arnold telah mencatatkan 310 pertandingan dengan catatan 19 gol dan 81 assist di seluruh kompetisi sejauh ini. Ia juga termasuk dalam pemain yang dipanggil oleh Gareth Southgate untuk berlaga di Piala Eropa yang digelar pada Juni 2024 mendatang.

3. Ki-Jana Hoever belum mencatatkan penampilan di EPL

5 Bek Kanan Orbitan Juergen Klopp dari Akademi LiverpoolKi-Jana Hoever (liverpoolfc.com)

Dengan kepergian Nathaniel Clyne pada Januari 2019, Juergen Klopp kembali mengorbitkan bek kanan dari akademi. Dia adalah Ki-Jana Hoever, pemain asal Belanda yang juga pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Ia menjalani debutnya pada 8 Januari 2019 pada ajang FA Cup ketika Liverpool ditekuk Wolves dengan skor 2-1.

Ki-Jana Hoever lalu dipercaya tampil dalam beberapa pertandingan di ajang FA Cup dan EFL Cup. Total, ia telah mencatatkan 4 pertandingan dengan torehan 1 gol bersama tim senior Liverpool. Meski belum mencatatkan penampilan EPL, Wolves kepincut merekrutnya pada bursa transfer musim panas 2020 dengan biaya transfer 9 juta euro atau sekitar Rp170,34 miliar.

4. Neco Williams sukses catatkan 6 assist saat bersama Liverpool

5 Bek Kanan Orbitan Juergen Klopp dari Akademi LiverpoolNeco Williams (instagram.com/necowilliams)

Neco Williams menjadi bek kanan berikutnya yang dipromosikan oleh Juergen Klopp setelah kepergian Ki-Jana Hoever. Ia menjalani debutnya dengan Liverpool pada 31 Oktober 2019 saat Liverpool menang via adu pinalti melawan Arsenal di EFL Cup. Juergen Klopp lalu mempercayakannya sebagai pelapis Trent Alexander-Arnold di posisi bek kanan.

Selama berseragam Liverpool, Neco Williams telah bermain sebanyak 33 pertandingan dengan mencetak 6 assist. Tampil prima sebagai pelapis di Liverpool, Nottingham Forest terpikat menebusnya pada bursa transfer musim panas 2022 dengan nilai 17 juta poundsterling atau sekitar Rp 347,63 miliar. Ia memutuskan keluar dari Liverpool karena gagal bersaing dengan Trent Alexander-Arnold sekaligus mendambakan menit bermain lebih banyak.

5. Conor Bradley beberapa kali mampu menggantikan peran Trent Alexander-Arnord yang cedera pada 2023/2024

5 Bek Kanan Orbitan Juergen Klopp dari Akademi LiverpoolConor Bradley (instagram.com/conorbradley.03)

Juergen Klopp mulai terkesan dengan Conor Bradley yang tampil menawan di pra-musim sebelum menyambut awal musim 2023/2024. Sayangnya, ia menderita cedera punggung yang mengakibatkannya absen hampir setengah musim. Awal tahun 2024 menjadi titik balik kesuksesan Conor Bradley.

Conor Bradley berhasil mencetak 1 assist di laga debutnya di EPL saat kemenangan 4-0 Liverpool atas Bournemouth pada 21 Januari 2024. Ia lantas mencetak gol perdana di EPL yang dibarengi dengan torehan 2 assist pada laga berikutnya saat melawan Chelsea. Ia juga mengambil bagian dari kemenangan 2-1 atas Chelsea di final EFL Cup. Pada 2023/2024, ia telah mencatatkan 23 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 6 assist di seluruh kompetisi yang diikuti Liverpool.

Liverpool seakan tidak pernah kehabisan talenta di posisi bek kanan dari akademi selama era kepemimpinan Juergen Klopp. Mampukah pelatih anyar Liverpool, Arne Slot, terus mengembangkan potensi yang ada di akademi Liverpool?

Baca Juga: 4 Klub yang Mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya