5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024

Hanya Oxlade-Chamberlain langsung bergabung dari Liverpool

Super Lig Turki menjadi salah satu liga Eropa yang cukup di perhitungan. Kasta teratas liga Turki tersebut berada di peringkat ke-9 koefisien UEFA, satu tingkat di atas liga Skotlandia. Tidak mengherankan, banyak pemain dari liga top Eropa yang merumput di Super Lig Turki.

Klub-klub dari Super Lig Turki bahkan kerap mendatangkan pemain atau mantan pemain dari klub besar Eropa, salah satunya adalah Liverpool. Pada musim 2023/2024, setidaknya ada lima mantan pemain The Reds yang merumput di kasta teratas Liga Turki tersebut. Lantas, siapa saja pemain tersebut serta bagaimana kontribusinya bersama timnya?

1. Alex Oxlade-Chamberlain langsung menjadi andalan di lini tengah Besiktas sebelum kembali dibekap cedera

5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024Alex Oxlade-Chamberlain (instagram.com/alexoxchamberlain)

Pertama ada Alex Oxlade-Chamberlain, mantan gelandang Timnas Inggris yang direkrut Besiktas secara gratis dari Liverpool. Ia mendapatkan kontrak hingga Juni 2026. Sejak awal bergabung, Oxlade-Chamberlain mampu tampil baik di lini tengah Besiktas.

Mantan pemain Liverpool itu mampu mencatatkan total 22 pertandingan dengan menorehkan 4 gol di seluruh kompetisi. Sayangnya, ditengah performanya yang kian menanjak, ia harus menepi akibat cedera putusnya otot paha di pekan ke-17 Super Lig Turki. Oxlade-Chamberlain diperkirakan akan kembali merumput pada pertengahan Mei 2024.

2. Ryan Kent kesulitan bersaing dengan penyerang utama Fenerbahce

5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024Ryan Kent (instagram.com/fenerbahce)

Ryan Kent bergabung dengan Fenerbahce pada musim panas 2023, setelah kontraknya berakhir dengan Rangers. Pemain yang bermain di posisi penyerang sayap itu menandatangani kontrak sampai Juni 2027. Kent didatangkan untuk menambah opsi penyerang Fenerbahce. 

Pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Liverpool itu dianggap gagal bersaing dengan lini depan Fenerbahce. Ia kerap menjadi pilihan setelah Dusan Tadic, Cengiz Under, Joshua King, hingga Michy Batshuayi. Statistik di musim perdananya mencatatkan 16 pertandingan dengan hanya mencetak sebiji gol di semua kompetisi. 

Baca Juga: Kontribusi 5 Pemain Sayap Fenerbahce pada Paruh Musim 2023/2024

3. Jonjo Shelvey tampil reguler bersama Rizespor

5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024Jonjo Shelvey (instagram.com/crizesporas)

Jonjo Shelvey merupakan gelandang asal Inggris yang bergabung dengan Rizespor dari Nottingham Forest dengan status pinjaman pada bursa transfer musim panas 2023. Tidak butuh waktu lama, pemain berusia 32 tahun tersebut langsung menjadi andalan di lini tengah Rizespor. Ia mampu mencatatkan 23 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 3 assist hingga pekan ke 28 Super Lig Turki. 

Jonjo Shelvey pernah menjadi punggawa Liverpool era Kepelatihan Roy Hodgson dan Kenny Dalglish. Selama berseragam Liverpool, Shelvey berhasil membukukan 69 pertandingan dengan mencetak 7 gol dan 4 assist. Ia juga sempat mendapatkan panggilan dari Timnas Inggris. 

4. Lazar Markovic tampil menjanjikan di lini depan Gaziantep

5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024Lazar Markovic (instagram.com/gaziantepfk)

Lazar Markovic sempat diprediksi akan menjadi wonderkid yang menjanjikan saat direkrut Liverpool pada bursa transfer musim panas 2014. Liverpool bahkan menebusnya dari Benfica dengan nilai 25 juta euro (Rp434,5 milyar). Sayangnya,  kariernya selama bersama The Reds hanya sering dipinjamkan ke klub lain sampai kontraknya berakhir pada Januari 2019. 

Lazar Markovic lalu memulai petualangannya di Super Lig Turki pada 2022/2023, dengan bergabung dengan Gaziantep. Sempat dipinjamkan ke Trabzonspor, Markovic menjalani musim 2023/2024 dengan stabil. Ia telah mencatatkan pertandingan sebanyak 28 kali dengan mencetak 3 gol dan 6 assist.

5. Mario Balotelli mengalami cedera lutut di saat performanya tengah menanjak bersama Adana Demirspor

5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024Mario Balotelli (instagram.com/adskulubu)

Terakhir ada Mario Balotelli, penyerang asal Italia dengan segala kontroversi. Periodenya selama membela Liverpool terbilang cukup singkat. Ia hanya semusim berseragam Liverpool sebelum dipinjamkan ke AC Milan pada musim berikutnya. Ia lalu dijual secara gratis ke Nice pada bursa transfer musim panas 2016.

Mario Balotelli kini merumput bersama Adana Demirspor, klub yang pernah dibelanya pada musim 2021/2022. Pada saat itu, Balotelli sempat bersitegang dengan pelatih Adana kala itu, Vincenzo Montella. Ia hanya bertahan semusim lalu dijual ke klub asal Swiss, FC Sion. 

Kembali bersama Adana Demirspor, Mario Balotelli menemukan ketajaman di awal musim 2023/2024. Mantan penyerang Liverpool itu mampu mencetak 3 gol dalam 5 laga bersama Adana Demirspor sebelum ia menderita cedera lutut pada pekan ke-12 Super Lig Turki dan absen cukup lama. Ia lalu kembali pada pekan ke-25 dengan langsung mencetak satu gol pada saat itu. 

Dari kelima pemain tersebut, hanya Alex Oxlade-Chamberlain yang sempat memberikan gelar bagi The Reds. Walau kurang bersinar saat bermain bersama Liverpool, penampilan kelima tersebut sangat dirindukan oleh sebagian fans Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario Balotelli

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya