5 Kiper Inggris Terakhir yang Membela Manchester United

Henderson sempat menjadi kiper utama Manchester United 

David De Gea sudah berseragam Manchester United sejak 2011. Kiper asal Spanyol itu tidak tergantikan di posisi kiper utama sampai saat ini.

Kiper lokal Inggris, baik itu dari akademi maupun dari transfer pemain, sebenarnya berkali-kali muncul untuk memberi persaingan di pos kiper. Namun, mereka dinilai tidak mampu untuk bersaing dan lebih sering menjadi kiper cadangan.

Berikut kiper Inggris terakhir yang membela Manchester United.

1. Tom Heaton

5 Kiper Inggris Terakhir yang Membela Manchester UnitedTom Heaton (instagram.com/tomheatongk)

Nama pertama ada Tom Heaton. Kiper veteran ini kembali ke Manchester United pada 2021/2022 setelah kontraknya habis bersama Aston Villa.

Ia sendiri merupakan jebolan akademi Manchester United yang promosi ke tim senior pada 2004/2005. Kariernya bersama Setan Merah tidak mulus karena lebih sering dipinjamkan ke beberapa tim, sebelum dijual permanen ke Cardiff pada 2010.

Ia sempat mendapat panggilan dari Tim Nasional Inggris pada 2016 saat berseragam Burnley. Namun, kariernya begitu-begitu saja. Heaton bahkan baru melakukan debut di pertandingan resmi Manchester United saat bertemu Young Boys di penyisihan grup Liga Champions Eropa 2021/2022.

2. Dean Henderson 

5 Kiper Inggris Terakhir yang Membela Manchester UnitedDean Henderson (instagram.com/deanhenderson)

Berbeda dengan Tom Heaton, Dean Henderson sempat menjadi kiper utama pada pertengahan musim 2020/2021, saat masih dilatih Ole Gunnar Solskjaer. Ia menggantikan David De Gea sebagai kiper utama yang tampil inkonsisten di beberapa laga.

Henderson kemudian terjangkit COVID-19 saat performanya menanjak. De Gea pun kembali menjadi kiper utama. Ia bahkan mampu tampil cekatan di bawah mistar gawang. 

Henderson pesimistis bisa merebut posisi kiper utama Manchester United. Pada 2022/2023, ia memilih dipinjamkan ke Nottingham Forest supaya bisa bermain dan dipanggil Tim Nasional Inggris.

Baca Juga: 5 Eks Gelandang Manchester United yang Kini Membela Klub Semenjana EPL

3. Lee Grant

5 Kiper Inggris Terakhir yang Membela Manchester UnitedLee Grant (manutd.com)

Lee Grant didatangkan oleh Manchester United dari Stoke City pada 2018/2019 sebagai kiper ketiga setelah David De Gea dan Sergio Romero. Ia melakukan debut untuk Manchester United pada pertandingan Piala EFL melawan Derby County. 

Lee Grant lalu memutuskan untuk pensiun pada usia 39 tahun, setelah 4 tahun berseragam Manchester United. Ia mencatatkan dua penampilan di semua kompetisi. Dalam situs resmi Manchester United, Grant mengaku bangga mengakhiri karier sepak bolanya di tim sebesar itu.

4. Sam Johnstone 

5 Kiper Inggris Terakhir yang Membela Manchester UnitedSam Johnstone (instagram.com/samjohnstone)

Sam Johnstone belum pernah tampil bersama Manchester United. Namun, ia sudah tampil sebanyak tiga pertandingan bersama Tim Nasional Inggris dan turut serta dalam ajang Euro 2020.

Karier Sam Johnstone di Manchester United lebih sering dipinjamkan karena kesulitan bersaing dengan kiper senior lainnya. Ia dipinjamkan ke Oldham Athletic, Scunthorpe United, Walsall, Yeovil Town, Doncaster, Preston, Aston Villa, lalu dijual permanen ke West Bromwich Albion.

5. Ben Amos

5 Kiper Inggris Terakhir yang Membela Manchester UnitedBen Amos (facebook.com/manchesterunited)

Benjamin Paul Amos bergabung dengan akademi Manchester United saat berusia 11 tahun. Ia menjadi andalan di tim junior Setan Merah.

Meski begitu, karier Ben Amos di Manchester United juga tidak mulus. Ia lebih sering dipinjamkan karena kalah bersaing dengan nama besar seperti Edwin van der Sar, David De Gea, dan Anders Lindegaard.

Selama berkarier di Manchester United, Ben Amos hanya mencatatkan tujuh penampilan di semua kompetisi. Sempat tersiar kabar Amos akan kembali ke Old Trafford, tetapi ia menolak dan lebih memilih bermain di Wigan Athletic.

Sulit menggeser posisi David De Gea mengingat konstibusinya selama ini. Meski begitu, bukan tidak mungkin pada masa mendatang muncul kiper Inggris yang mampu menjadi kiper utama Manchester United.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Jadi Cadangan David De Gea di Manchester United

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya