5 Pemain Ipswich Town 2023/2024 yang Dipinjam dari Klub EPL

Berpeluang membawa klub promosi

Intinya Sih...

  • Ipswich Town berpeluang promosi ke English Premier League setelah menempati peringkat ketiga di EFL Championship 2023/2024.
  • Klub mendatangkan lima pemain berstatus pinjaman dari EPL, termasuk Brandon Williams, Jeremy Sarmiento, Kieffer Moore, dan Omari Hutchinson.
  • Brandon Williams, Jeremy Sarmiento, dan Kieffer Moore telah memberikan kontribusi positif dengan mencetak gol dan memberikan assist bagi Ipswich Town.

Ipswich Town menjadi salah satu klub dari Divisi Championship yang berpeluang promosi ke English Premier League. Klub berjuluk The Tracktor Boys itu berada di peringkat ketiga hingga pekan ke-38 EFL Championship 2023/2024. Istimewanya lagi, Ipswich Town merupakan klub yang baru semusim promosi dari League One ke Championship.

Dalam perebutan tiket promosi ke EPL, Ipswich Town mampu bersaing dengan klub-klub langganan di EPL, seperti Leicester City, Leeds United, dan Southampton. Konsistensi yang ditunjukkan klub asuhan Kieran McKenna ini salah satunya tidak lepas dari kinerja para pemain baru. Beberapa pemain itu didatangkan dengan status pinjaman dari klub EPL.

Pada bursa transfer 2023/2024, Ipswich Town setidaknya mendatangkan lima pemain berstatus pinjaman dari EPL. Siapa saja mereka? Berikut ulasan pemain Ipswich Town 2023/2024 yang dipinjam dari klub EPL!

1. Brandon Williams sudah jarang tampil dengan Ipswich Town sejak awal tahun 2024

5 Pemain Ipswich Town 2023/2024 yang Dipinjam dari Klub EPLBrandon Williams (instagram.com/branwilliams)

Nama pertama adalah Brandon Williams, bek kiri asal Inggris yang dipinjam dari Manchester United. Pemain yang kini berusia 23 tahun itu awalnya memiliki peran yang cukup penting di sisi kiri pertahanan Ipswich Town. Namun, ia tidak pernah bermain lagi sejak pekan ke-26 hingga pekan ke-38 EFL Championship. Brandon Williams hanya berkontribusi dalam 17 pertandingan dengan mencetak 2 gol di semua kompetisi bersama Ipswich Town.

Ini merupakan musim kedua Brandon Williams dipinjamkan Manchester United. Sebelumnya, ia dipinjam Norwich City pada bursa transfer musim panas 2021. Bersama Ipswich town, Brandon Williams sendiri kembali bekerja sama dengan Manajer Kieran McKenna yang pernah menjadi asisten pelatih saat Manchester United masih dilatih Ole Gunnar Solskjaer. Kontraknya bersama Manchester United selesai pada Juni 2024 dan belum ada tanda-tanda bakal diperpanjang.

2. Jeremy Sarmiento mampu menjadi pemain utama meski baru bergabung pada Januari 2024

5 Pemain Ipswich Town 2023/2024 yang Dipinjam dari Klub EPLJeremy Sarmiento (instagram.com/jeremy7official)

Jeremy Sarmiento adalah penyerang sayap berusia 21 tahun asal Ekuador yang dipinjam dari Brighton and Hove Albion. Ia direkrut Ipswich Town pada Januari 2024 setelah dipinjamkan Brighton kepada West Bromwich Albion pada bursa transfer musim panas 2023. Bersama Ipswich Town, Sarmiento mampu menjadi pilar utama dengan berkontribusi dalam 14 pertandingan serta mencetak 3 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Jeremy Sarmiento sendiri bergabung dengan The Seagulls pada bursa transfer musim panas 2021 dari Benfica. Pemain kelahiran Madrid, Spanyol, tersebut terikat kontrak hingga Juni 2027 dengan Brighton. Pemain Timnas Ekuador itu diproyeksikan untuk menjadi kompetitor bagi Kaoru Mitoma di sisi kiri penyerangan Brighton and Hove Albion.

Baca Juga: Duet Bek Tengah dengan Persentase Kemenangan Tertinggi di EPL 2024

3. Kieffer Moore menjadi penyerang utama Ipswich Town sejak bergabung pada awal tahun 2024

5 Pemain Ipswich Town 2023/2024 yang Dipinjam dari Klub EPLKieffer Moore (instagram.com/kieffermoore)

Selain Jeremy Sarmiento, Ipswich Town juga meminjam Kieffer Moore pada bursa transfer musim dingin 2024. Ia dipinjam dari Bournemouth. Penyerang Timnas Wales berusia 31 tahun itu sebelumnya juga bermain untuk Ipswich Town, tepatnya pada 2016/2017.

Tidak membutuhkan waktu lama, Kieffer Moore langsung menjadi andalan di lini depan Ipswich Town. Ia turut menciptakan 6 gol dan 1 assist dalam 10 pertandingan. Melihat kontribusinya, tidak mengherankan jika ia bakal mendapatkan kontrak permanen dari Ipswich Town.

4. Omari Hutchinson selalu tampil reguler bersama Ipswich Town

5 Pemain Ipswich Town 2023/2024 yang Dipinjam dari Klub EPLOmari Hutchinson (instagram.com/omarihutchinson10)

Omari Hutchinson merupakan pemain berusia 20 tahun yang dipinjam dari Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain Timnas Jamaika tersebut bermain di posisi penyerang sayap kanan dan selalu tampil reguler bersama Ipswich Town. Selama masa peminjamannya, ia tampil sebanyak 42 kali dengan perincian 8 gol dan 6 assist di seluruh kompetisi hingga pekan ke 38 EFL Championship.

Chelsea sendiri mendatangkan Omari Hutchinson pada Juli 2021 dari Arsenal U-23 secara gratis. Kontraknya bersama Chelsea akan berakhir pada Juni 2025. Melihat kontribusinya yang mengesankan bersama Ipswich Town, Chelsea harus segera memperpanjang kontraknya jika ingin mengamankannya dari incaran klub lain.

5. Dane Scarlett hanya setengah musim dipinjam Ipswich Town

5 Pemain Ipswich Town 2023/2024 yang Dipinjam dari Klub EPLDane Scarlett (instagram.com/danescarlett9)

Sebelum meminjam Kieffer Moore, Ipswich Town terlebih dahulu meminjam Dane Scarlett dari Tottenham Hotspur sebagai penyerang utama. Namun, pemain berusia 19 tahun itu hanya dipinjam sampai Desember 2023. Ia dianggap kurang berkontribusi di lini depan Ipswich Town. 

Statistik Dane Scarlett selama masa peminjamannya di Ipswich Town terbilang kurang baik. Ia telah bermain sebanyak 12 pertandingan tanpa sekali pun mencetak gol. Dane Scarlett lalu kembali ke Tottenham Hotspur dan sudah mencatat satu pertandingan di EPL 2023/2024.

Kehadiran kelima pemain di atas mampu memberikan dampak positif bagi performa Ipswich Town. The Tracktor Boys kini hanya perlu menjaga konsistensi agar menjaga peluang untuk promosi ke English Premier League. Ipswich Town terakhir kali tampil di EPL pada 2001/2002.

Baca Juga: 7 Pemain Non-Eropa di Skuad Ipswich Town 2023/2024, Ada Elkan Baggott

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya