5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar Negeri

Bawa Jepang U-23 ke final Piala Asia U-23

Jepang berhasil melaju ke babak final Piala Asia U-23 usai mengalahkan Irak pada babak semifinal dengan keunggulan 2-0. Gol kemenangan Jepang dicetak Mao Hosoya pada menit ke-28 serta Ryotaro Araki pada menit ke-42. Dengan kemenangan ini, Tim Samurai Biru memastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Perjalanan Jepang melangkah hingga ke final Piala Asia U-23 tidakkah mudah. Pada babak penyisihan grup, tim asuhan Go Oiwa lolos ke perempat final sebagai runner-up Grup B di bawah Korea Selatan. Pada babak perempat final, Jepang berhasil mengatasi perlawanan tim tuan rumah, Qatar, dengan skor 4-2 hingga babak tambahan.

Salah satu faktor keberhasilan Samurai Biru di Piala Asia U-23 2024 tidak lepas dari peranan beberapa pemainnya yang berstatus pemain dari klub Eropa. Ada total lima pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang berkarier di luar negeri. Kelima pemain di bawah memiliki peranan penting di tiap lini permainan Jepang.

1. Joel Chima Fujita (Sint-Truiden) bertugas sebagai kapten tim Jepang U-23

5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar NegeriJoel Chima Fujita (instagram.com/joel_fujita0216)

Nama pertama ada Joel Chima Fujita, pemain blasteran Jepang-Nigeria yang berstatus pemain dari klub Belgia, Sint-Truiden. Didapuk sebagai kapten tim, Joel Chima Fujita mampu tampil baik sebagai pengatur serangan Jepang. Ia bahkan menciptakan dua assist pada babak semifinal dengan menyingkirkan Irak.

Sepanjang Piala Asia U-23 2024, ia hanya absen sekali saat Jepang mengalahkan Uni Emirat Arab pada babak penyisihan Grup B. Joel Chima Fujita direkrut Sint-Truiden pada bursa transfer musim panas 2023. Ia didatangkan dari Yokohama F Maniros dengan nilai transfer yang dirahasiakan.

2. Rihito Yamamoto (Sint-Truiden) memiliki peran penting di posisi gelandang bertahan

5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar NegeriRihito Yamamoto (instagram.com/rihito_yamamoto)

Berikutnya ada Rihito Yamamoto, rekan satu tim Joel Chima Fujita di Sint-Truiden. Mereka direkrut secara bersamaan pada bursa transfer musim panas 2023. Berbeda dengan Joel Chima Fujita, Rihito Yamamoto didatangkan dengan status pinjaman dari Gamba Osaka. 

Peran Rihito Yamamoto di Piala Asia U-23 2024 cukup penting di posisi gelandang bertahan. Ia juga menggantikan peran kapten tim saat Joel Chima Fujita absen di pertandingan melawan Uni Emirat Arab. Rihito Yamamoto hanya absen sekali di laga semifinal melawan Irak.

Baca Juga: Rapor Wakil ASEAN di Piala Asia U-23 2024, Indonesia Tersukses

3. Takashi Uchino (Fortuna Duesseldorf) hanya bermain sebanyak dua kali di Piala Asia U-23 2024

5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar NegeriTakashi Uchino (instagram.com/takashi.u_0307)

Takashi Uchino merupakan bek kanan Jepang yang bermain dengan Fortuna Duesseldorf. Meski berstatus pemain dari Liga Jerman, tidak serta merta ia dapat mengamankan posisinya sebagai bek kanan reguler Jepang di Piala Asia U-23 2024. Pelatih Jepang U-23, Go Oiwa, lebih memilih Hjroki Sekine sebagai bek kanan utama Jepang.

Takashi Uchino hanya bermain sebanyak dua kali di Piala Asia U-23 2024. Dalam dua pertandingan itu, ia tidak bermain di posisi aslinya. Pemain berusia 23 tahun itu di plot sebagai bek kiri.

4. Kein Sato (Werder Bremen II) selalu tampil hingga semifinal

5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar NegeriKein Sato (nomor 10) (instagram.com/kein_sato)

Sama seperti Takashi Uchino, Kein Sato Juga berasal dari klub Liga Jerman. Ia bermain untuk Werder Bremen II. Pemain berusia 22 tahun ini bermain di posisi sayap kiri.

Kein Sato selalu bermain di seluruh pertandingan Piala Asia U-23 2024 hingga semifinal. Namun, ia hanya dua kali tampil dari menit pertama. Bermain di sektor penyerangan Jepang, Kein Sato belum pernah mencetak gol maupun assist di Piala Asia U-23 2024.

5. Leo Kokubo (Benfica) merupakan kiper utama Jepang U-23

5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar NegeriLeo Kokubo (instagram.com/leobriankokubo)

Leo Kokubo tampil menawan sepanjang pertandingan di Piala Asia U-23 2024 hingga semifinal. Ia hanya kebobolan dua kali saat menghadapi Qatar pada babak perempat final. Kiper berusia 23 tahun itu absen sekali saat menghadapi Korea Selatan pada babak penyisihan grup.

Pemain bernama lengkap Leo Brian Kokubo itu saat ini bermain untuk tim muda Benfica sejak Januari 2019. Ia mulai dipromosikan ke tim utama pada 2023/2024. Leo Kokubo juga memiliki darah keturunan Jepang-Nigeria.

Jepang akan menghadapi Uzbekistan pada babak final Piala Asia U-23 2024, Jumat (3/5/2024) malam. Mampukah Jepang mengalahkan Uzbekistan dan meraih juara Piala Asia U-23 2024?

Baca Juga: Segala Hal Positif Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya