5 Pemain Liverpool yang Bermain di Posisi Bek Kiri pada 2023/2024

Ada Andrew Robertson

Liverpool mengalami penurunan performa menjelang akhir kompetisi 2023/2024. Berawal dari kekalahan saat melawan Manchester United di FA Cup, tren negatif berlanjut dengan hasil yang kurang memuaskan di English Premier League. Mereka juga tersingkir dari perempat final Europa League 2023/2024.

Padahal, The Reds menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menjuarai EPL 2023/2024 dan Europa League 2023/2024. Cederanya beberapa pemain utama disinyalir menjadi salah satu permasalahan Liverpool. Tiap posisi kerap mengalami perubahan pemain imbas dari cederanya pemain utama tadi. Namun, posisi pemain yang ditinggal cedera mampu dikover dengan baik oleh pemain pengganti. 

Posisi bek kiri, misalnya, kerap diisi beberapa pemain berbeda akibat cederanya pemain utama. Ada total lima pemain yang pernah mengisi posisi tersebut pada 2023/2024. Siapa saja pemain itu?

Berikut pemain Liverpool yang bermain di posisi bek kiri pada 2023/2024!

1. Andrew Robertson merupakan pemain utama di posisi bek kiri Liverpool

5 Pemain Liverpool yang Bermain di Posisi Bek Kiri pada 2023/2024Andy Robertson (instagram.com/andyrobertson94)

Posisi Andrew Robertson sebagai bek kiri utama Liverpool memang tidak tergantikan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, ia mengalami cedera bahu yang mengakibatkannya harus absen dari pekan ke-9 hingga pekan ke-21 EPL 2023/2024. Kapten Skotlandia tersebut juga pernah mengalami cedera engkel saat sesi latihan sebelum menghadapi Brighton & Hove Albion pada pekan ke-30 EPL 2023/2024.

Walau absen cukup lama akibat cedera bahu yang dideritanya, Andy Robertson turut berkontribusi dengan 3 gol dan 2 assist dalam 22 pertandingan EPL 2023/2024. Dua golnya bahkan dicetak dalam dua pertandingan berturut-turut pada akhir pekan lalu. Andy Robertson sendiri masih menjadi salah satu bek kiri dengan assist terbanyak di EPL.

2. Konstantinos Tsimikas menjadi cadangannya Robertson di posisi bek kiri

5 Pemain Liverpool yang Bermain di Posisi Bek Kiri pada 2023/2024Konstantinos Tsimikas (instagram.com/tsimikas21)

Posisi bek kiri yang ditinggalkan Andy Robertson akibat cedera diisi dengan baik oleh Kostas Tsimikas. Bek kiri asal Yunani tersebut sejatinya adalah bek kiri kedua Liverpool. Ia juga kerap bermain di FA Cup, EFL Cup dan babak penyisihan Europa League ketika beberapa pemain utama diistirahatkan.

Sayangnya, Kostas Tsimikas terkena cedera yang cukup parah saat melawan Arsenal pada pekan ke-18 EPL 2023/2024. Ia jatuh dan tertimpa Juergen Klopp saat kalah berduel dengan Bukayo Saka yang mengakibatkan cedera pada fraktur tulang selangka. Saat kembali pulih, ia makin jarang tampil karena sembuhnya Andy Robertson dan konsistennya permainan Joe Gomez di posisi bek kiri.

Baca Juga: 4 Rekor Mohamed Salah saat Bantu Liverpool Kalahkan Tottenham

3. Joe Gomez sudah bermain di empat posisi berbeda pada 2023/2024

5 Pemain Liverpool yang Bermain di Posisi Bek Kiri pada 2023/2024Joe Gomez (instagram.com/joegomez5)

Kehilangan Andy Robertson dan Kostas Tsimikas yang menderita cedera memaksa Joe Gomez mengisi kekosongan di posisi bek kiri. Pemain berusia 26 tahun itu pertama kali bermain di posisi bek kiri saat menjadi pemain pengganti pada saat melawan Everton pada pekan ke-9 EPL 2023/2024, bahkan hingga Andy Robertson sembuh dari cedera. Ia telah bermain di posisi bek kiri sebanyak 18 pertandingan dengan mencetak 1 assist di seluruh kompetisi.

Posisi asli Joe Gomez adalah seorang bek tengah. Sebelumnya, Joe Gomez juga bermain di posisi bek kanan menggantikan peran Trent Alexander-Arnord yang cedera pada pekan awal EPL 2023/2024. Ia pernah bermain dua kali di posisi gelandang bertahan. Joe Gomez selalu tampil bugar sehingga jarang absen di seluruh kompetisi yang diikuti Liverpool.

4. Owen Beck sempat ditarik kembali dari masa peminjaman

5 Pemain Liverpool yang Bermain di Posisi Bek Kiri pada 2023/2024Owen Beck (merah) (instagram.com/owenbeck02)

Owen Beck menandatangani perpanjangan kontrak bersama Liverpool hingga Juni 2026. Namun, Liverpool meminjamkan Beck kepada klub asal Skotlandia, Dundee FC, pada bursa transfer musim panas 2023. Bersama Dundee FC, Owen Beck selalu tampil reguler bersama tim utama setidaknya hingga paruh musim.

Krisis bek kiri yang dialami Liverpool membuatnya harus ditarik dari masa peminjamannya pada Januari lalu. Pemain asal Wales itu mencatatkan 1 pertandingan dengan Liverpool pada pekan ke-21 EPL 2023/2024 saat kemenangan 4-1 atas Bournemouth sebagai pemain pengganti. Karena posisi bek kiri sudah diisi dengan baik oleh Joe Gomez, Owen Beck kembali dipinjamkan kembali kepada Dundee FC pada bursa transfer musim dingin 2024.

5. Luke Chambers tampil tiga kali di posisi bek kiri pada babak penyisihan grup Europa League

5 Pemain Liverpool yang Bermain di Posisi Bek Kiri pada 2023/2024Luke Chambers (instagram.com/lukechambers.04)

Nama terakhir ada Luke Chambers, pemain belakang Liverpool yang saat ini tengah berusia 19 tahun. Ia menjalani debutnya bersama Liverpool sebagai pemain pengganti saat mengalahkan Leicester City 3-1 di EFL Cup 2023/2024. The Reds juga memberikan kesempatan bermain di posisi bek kiri sebanyak tiga kali pada babak penyisihan grup Europa League 2023/2024. Ia mengantongi catatan dua kali bermain dari menit awal pertandingan.

Melihat potensi yang dimilikinya, Liverpool meminjamkannya kepada Wigan Athletic pada bursa transfer musim dingin 2024. The Reds ingin Luke Chambers mendapatkan menit bermain yang banyak di level yang lebih kompetitif. Ia bahkan sukses menjadi pemain reguler bersama Wigan Athletic di League One Championship 2023/2024.

Performa Andy Robertson mungkin tidak sehebat beberapa musim terakhir, sedangkan Kostas Tsimikas mulai kalah saing oleh pemain yang bukan dari posisi aslinya. Akankah Liverpool merekrut pemain baru yang bermain di posisi bek kiri? Atau justru Owen Beck atau Luke Chambers mampu menjadi pesaing sepadan di posisi bek kiri, seperti yang dilakukan Conor Bradley di posisi bek kanan Liverpool?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Bersinar sebagai Pinjaman pada 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya