Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLiga

Ada yang sudah jadi pelatih

Bayern Munich membuat manuver tak terduga. Die Roten resmi merekrut winger yang namanya sedang melambung, Bryan Zaragoza, dari Granada CF. Sang pemain ditebus dengan biaya sebesar 13 juta euro atau sekitar Rp217 miliar.

Aktivitas transfer Bayern Munich itu terbilang menarik. Sebab, mereka biasanya memprioritaskan pemain dari sesama klub Bundesliga Jerman untuk direkrut. Die Roten cukup jarang merekrut pemain dari klub LaLiga Spanyol.

Termasuk Bryan Zaragoza, inilah lima rekrutan terakhir Bayern Munich dari LaLiga.

1. Xabi Alonso direkrut dari Real Madrid

Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLigaXabi Alonso saat berseragam Bayern Munich. (bundesliga.com)

Xabi Alonso direkrut Bayern Munich pada musim panas 2014. Dia diboyong dari Real Madrid dengan harga 9 juta euro atau sekitar Rp150 miliar. Harga tersebut relatif murah mengingat Alonso sudah cukup tua kala itu.

Dia pun hanya membela Die Roten selama 3 musim sebelum memutuskan pensiun pada 2017. Dalam periode tersebut, Alonso membuat 117 penampilan dengan torehan 9 gol dan 12 assist. Menariknya lagi, Alonso kini berprofesi sebagai pelatih. Dia bahkan melatih klub yang sedang memuncaki klasemen sementara Bundesliga 2023/2024, Bayer Leverkusen.

2. Juan Bernat didatangkan dari Valencia

Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLigaJuan Bernat (bundesliga.com)

Xabi Alonso bukan satu-satunya pemain klub LaLiga yang didatangkan Bayern Munich pada musim panas 2014. Die Roten juga merekrut Juan Bernat dari Valencia. Biaya transfer sang pemain menyentuh angka 10 juta euro atau sekitar Rp167 miliar.

Bernat dipercaya jadi salah satu andalan di posisi bek kiri. Bernat mampu mencatatkan 113 penampilan dan membuat 5 gol serta 10 assist selama 4 musim berseragam Bayern  Munich. Meski performanya terbilang apik, Bayern Munich justru menjualnya ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2018.

Baca Juga: 7 Striker Bayern Munich yang Pernah Jadi Top Skor Bundesliga

3. Lucas Hernandez dibeli mahal dari Atletico Madrid

Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLigaLucas Hernandez (instagram.com/lucashernandez21)

Salah satu rekrutan termahal Bayern Munich terjadi ke klub LaLiga. Pada musim panas 2019, Die Roten rela merogoh kocek dalam untuk membawa Lucas Hernandez dari Atletico Madrid. Biaya senilai 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun menjadi mahar dari kepindahan sang pemain.

Untungnya, harga tersebut sebanding dengan sumbangsih yang diberikan Hernandez. Dia menjadi pilar penting di lini pertahanan Die Roten selama 4 musim. Hernandez membuat 107 penampilan dengan raihan 2 gol dan 8 assist. Namun, karena performa yang mulai menurun, Hernandez akhirnya dilego kepada Paris Saint-Germain pada musim panas 2023.

4. Marc Roca diboyong dari Espanyol

Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLigaMarc Roca (bundesliga.com)

Sejumlah rekrutan Bayern Munich dari klub LaLiga terbilang berhasil. Sayangnya, hal itu tak berlaku untuk Marc Roca. Dibeli dari Espanyol dengan harga 9 juta euro atau sekitar Rp150 miliar pada musim panas 2020, Roca gagal bersinar bersama Bayern Munich.

Roca hanya bertahan selama 2 musim dengan mencatatkan 24 penampilan. Bayern Munich memilih melepas sang pemain ke Leeds United pada musim panas 2022. Harga yang ditawarkan Leeds kala itu cukup menarik karena sedikit di atas harga saat Die Roten membeli Marc Roca.

5. Bryan Zaragoza belum bisa bergabung meski sudah direkrut dari Granada

Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLigaBryan Zaragoza (instagram.com/brryann10)

Bayern Munich biasanya merekrut pemain dari klub ternama LaLiga. Namun, hal berbeda ditunjukkan Die Roten saat merekrut Bryan Zaragoza. Dia diboyong dari klub semenjana, Granada CF. Bayern Munich nampaknya sangat yakin dengan kualitas Zaragoza.

Die Roten bahkan rela membayar biaya sebesar 13 juta euro atau sekitar Rp217 miliar untuk sang pemain. Meski transfer Zaragoza sudah rampung pada Desember 2023, dia baru bergabung Bayern Munich pada musim panas 2024. Dalam kesepakatan transfer, Zaragoza masih akan membela Granada hingga 2023/2024 usai.

Sederet pemain jebolan LaLiga di atas tidak ada yang aktif membela Bayern Munich. Bryan Zaragoza yang merupakan rekrutan paling anyar baru akan bergabung pada musim panas 2024. Sedangkan, empat lainnya sudah hengkang dari Bayern Munich.

Baca Juga: 6 Pemain Bayern Munich yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya