Joel Embiid Kembali, Philadelphia 76ers Mendapat Angin Segar

Joel Embiid sempat absen selama 2 bulan

Philadelphia 76ers mendapat kabar gembira. Tim yang bermarkas di Wells Fargo Center itu kembali diperkuat bintang utama mereka, Joel Embiid, pada Rabu (3/42024) waktu Indonesia. Embiid sebelumnya harus absen selama 2 bulan karena mengalami cedera lutut.

Kembalinya center berusia 29 tahun itu juga terjadi pada waktu yang tepat. Sebab, Sixers sangat membutuhkan jasanya menjelang akhir musim reguler NBA 2023/2024 yang tersisa 2 pekan lagi. Embiid seakan membawa angin segar bagi Sixers yang sedang berjuang mengamankan tiket menuju playoff.

1. Joel Embiid tampil apik pada laga comeback-nya saat melawan Oklahoma City Thunder

https://www.youtube.com/embed/CcwMZ3GIauI

Joel Embiid menjalani laga comeback-nya saat Philadelphia 76ers menghadapi Oklahoma City Thunder pada Rabu (3/4/2024). Laga tersebut tentu tidak mudah. Pasalnya, OKC merupakan tim papan atas Wilayah Barat dan sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai memastikan diri lolos ke playoff NBA 2023/2024.

Hal itu pun terbukti. Laga berlangsung ketat selama 4 kuarter. Namun, Sixers akhirnya keluar sebagai pemenang usai unggul tipis dari OKC dengan skor 109-105. Kemenangan itu terjadi berkat andil besar Joel Embiid.

Meski baru kembali bermain setelah absen lama, Embiid tetap tampil impresif. Embiid sukses mencetak 24 poin, 6 rebound, 7 assist, dan 3 assist selama 29 menit. Ia memasukkan 6 tembakan dari 14 kali percobaan. Tingkat keberhasilan tembakan free throw Embiid bahkan mencapai 100 persen. Torehan poin Embiid hanya kalah dari Kelly Oubre Jr (25 poin). Itu pun karena Oubre bermain dengan menit yang lebih lama ketimbang Embiid.

Baca Juga: 9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen Iverson

2. Joel Embiid bisa membawa Philadelphia 76ers lolos ke playoff NBA 2023/2024

Joel Embiid Kembali, Philadelphia 76ers Mendapat Angin SegarJoel Embiid (nba.com)

Philadelphia 76ers menjalani musim reguler NBA 2023/2024 dengan cukup baik. Mereka bersaing di papan atas klasemen Wilayah Timur. Akan tetapi, semua itu berubah setelah Sixers ditinggal Joel Embiid selama 2 bulan (Februari--Maret 2024). Posisi Sixers kian merosot. Per 3 April 2024, mereka hanya bertengger di posisi kedelapan. Posisi tersebut masuk zona play-in.

Namun, dengan kembalinya Embiid, Sixers bisa makin kuat. Mereka hendak memperbaiki posisi di tabel klasemen hingga akhir musim reguler. Sixers berpotensi lolos ke playoff secara otomatis asalkan finis di posisi enam besar. Peluang tersebut cukup terbuka lebar. Sebab, Sixers hanya berjarak dua kemenangan dengan tim yang menempati posisi keenam.

Embiid juga punya trek rekor bagus dalam membantu Sixers menembus playoff. Selama 7 musim berseragam Sixers, Embiid hanya sekali gagal membawa Sixers ke playoff. Itu pun terjadi saat Embiid masih berstatus rookie pada 2016/2017 silam.

3. Joel Embiid gagal mempertahankan gelar MVP

Joel Embiid Kembali, Philadelphia 76ers Mendapat Angin SegarJoel Embiid (nba.com)

Joel Embiid dipastikan gagal mempertahankan gelar NBA Most Valuable Player (MVP). Cedera yang membuatnya absen selama 2 bulan menjadi penyebab. Embiid tidak bisa memenuhi persyaratan tampil minimal dalam 65 laga selama semusim sehingga tereliminasi dari persaingan perebutan gelar MVP 2023/2024.

Hal itu tentu sangat disayangkan. Sebab, Embiid tampil begitu dominan sebelum akhirnya absen lama. Ia sukses mengukir rataan 35,3 poin, 11,3 rebound, dan 5,7 assist dari 34 pertandingan. Dengan kegagalan tersebut, Embiid belum bisa menyamai rekor Nikola Jokic sebagai center aktif yang meraih dua gelar MVP secara berturut-turut. Jokic bahkan berpeluang menyabet gelar MVP lagi pada 2023/2024 ini.

Joel Embiid merupakan sosok yang sangat penting bagi Philadelphia 76ers. Ketika dirinya absen, performa Sixers pun ikut menurun, seperti yang terjadi dalam 2 bulan terakhir. Kini, Embiid sudah kembali bermain. Ia diharapkan bisa membawa Sixers bangkit hingga melaju ke babak playoff NBA pada 2023/2024. Akankah hal itu terwujud?

Baca Juga: Philadelphia 76ers Tak Berdaya Tanpa Kehadiran Joel Embiid

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya