Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal Jepang

Diproyeksikan sebagai pengganti Fabinho

Liverpool sempat kena tikung beberapa kali dalam perburuan seorang gelandang bertahan. Namun, The Reds bisa bernapas lega setelah berhasil mendatangkan Wataru Endo. Gelandang bertahan itu direkrut dari VfB Stuttgart dengan biaya sebesar 19 juta euro atau setara Rp317 miliar.

Endo diproyeksikan untuk mengisi pos yang ditinggal Fabinho di lini tengah Liverpool. Ia sendiri memiliki kualitas serta pengalaman yang tidak kalah mentereng dari Fabinho. Untuk tahu lebih lanjut tentang kiprah Wataru Endo, mari simak ulasan di bawah ini!

1. Mengawali karier cemerlang di negara kelahirannya

Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal JepangWataru Endo saat berseragam Urawa Reds. (instagram.com/endowataru)

Wataru Endo merupakan seorang gelandang bertahan yang lahir di Yokohama, Jepang, pada 1993. Endo mulai bermain sepak bola ketika usianya masih 6 tahun. Ia bergabung dengan akademi lokal, Yokohama South Totsuka, pada 1999 dan menimba ilmu selama 9 tahun. Ia kemudian pindah ke akademi Shonan Bellmare pada 2008 demi karier yang lebih baik.

Keputusannya itu terbukti tepat. Endo berhasil promosi ke tim utama Shonan Bellmare pada 2011 dan menjelma menjadi pemain andalan. Torehan 24 gol dan 7 assist dari 167 penampilan mampu dibukukannya selama 5 musim membela Shonan Bellmare. Karena capaian tersebut, dirinya diboyong klub papan atas Jepang, Urawa Reds, pada Januari 2016. Bersama Urawa Reds, Endo dipercaya tampil sebanyak 108 kali dan berkontribusi dengan 6 gol serta 7 assist.

2. Mampu beradaptasi cepat di Eropa

Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal JepangWataru Endo saat memperkuat VfB Stuttgart. (instagram.com/endowataru)

Puas berkarier di Jepang, Wataru Endo memutuskan merantau ke Eropa. Ia bergabung dengan klub Belgia, Sint-Truidense VV, pada Juli 2018. Meski itu kali pertamanya berkarier di Eropa, Endo bisa beradaptasi dengan cepat sehingga tidak menemui kesulitan berarti.

Ia langsung menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama Sint-Truidense. Catatan 31 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 2 assist tercipta pada musim debutnya. Karena performa impresif itu, ia dipinjam klub Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart, pada Agustus 2019. Bahkan, Endo dipermanenkan pada Juli 2020 dengan biaya 1,7 juta euro atau sekitar Rp28 miliar.

Kemampuan Endo semakin berkembang setelah bermain di salah satu liga terbaik di dunia itu. Endo juga selalu menjadi pilihan utama VfB Stuttgart hingga dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim. Ia berhasil mencatatkan 133 penampilan dengan torehan 15 gol dan 12 assist selama berseragam VfB Stuttgart.

Baca Juga: Liverpool Beli Kapten Timnas Jepang Wataru Endo

3. Bergabung ke Liverpool pada musim panas 2023

Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal JepangWataru Endo menandatangani kontrak bersama Liverpool. (liverpoolfc.com)

Performa Endo ternyata mampu menarik minat Liverpool untuk merekrutnya. Endo pun resmi direkrut Liverpool pada musim panas 2023 dengan biaya 19 juta euro atau sekitar Rp317 miliar dari VfB Stuttgart. Ia menandatangani kontrak dengan durasi 4 tahun.

Meski baru bergabung, Endo langsung dipercaya melakukan debutnya saat Liverpool berhadapan dengan Bournemouth pada pekan kedua English Premier League (EPL) 2023/2024. Dirinya masuk sebagai pemain pengganti dan bermain selama 27 menit dalam laga tersebut. Kehadiran Endo akan melengkapi kepingan di lini tengah Liverpool.

4. Bisa bermain di beberapa posisi

Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal JepangWataru Endo menjalani laga debutnya bersama Liverpool. (instagram.com/endowataru)

Selain kualitas serta pengalaman yang mentereng, rekrutan anyar Liverpool itu punya kelebihan lagi. Endo merupakan pemain fleksibel yang bisa bermain di beberapa posisi. Berposisi asli sebagai gelandang bertahan, ia juga bisa bermain sebagai bek tengah, bek kanan, dan gelandang tengah.

Menariknya, Endo justru lebih sering bermain sebagai bek tengah ketimbang gelandang bertahan selama kariernya. Endo telah bermain di posisi bek tengah sebanyak 239 kali. Jumlah itu jauh lebih banyak dari 137 penampilannya di posisi gelandang bertahan. Ia juga mencatatkan 35 penampilan di posisi gelandang tengah dan 15 penampilan sebagai bek kanan.

Wataru Endo memiliki karier yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Bersama Liverpool, ia berpotensi mencapai puncak kariernya. Namun, ia harus menunjukkan performa yang konsisten agar bisa menjadi gelandang andalan Liverpool dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Meraih Trofi Bersama Klub EPL, Endo Menyusul?

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya