5 Pemain Belgia yang Pernah Berseragam Atletico Madrid

Arthur Vermeeren baru bergabung

Intinya Sih...

  • Arthur Vermeeren bergabung dengan Atletico Madrid musim dingin 2024
  • Sebelumnya, ada 5 pemain Belgia yang pernah memperkuat Atletico Madrid
  • Thibaut Courtois dan Yannick Carrasco menjadi pemain sukses, sementara Toby Alderweireld kurang beruntung

Atletico Madrid merupakan salah satu klub ternama di LaLiga Spanyol. Meski popularitas mereka tidak sebesar Real Madrid atau Barcelona, Los Colchoneros tetap menjadi destinasi yang menarik bagi pemain non-Spanyol. 

Hal itu pun terlihat saat bursa transfer musim dingin 2024. Atletico Madrid berhasil mendatangkan wonderkid berbakat Belgia, Arthur Vermeeren. Sang pemain sempat menjadi incaran banyak klub, termasuk Barcelona.

Hadirnya Vermeeren membuat histori Atletico Madrid dengan pemain Belgia makin panjang. Los Colchoneros memang beberapa kali diperkuat pemain Belgia. Termasuk Arthur Vermeeren, inilah lima pemain Belgia yang pernah berseragam Atletico Madrid.

1. Thibaut Courtois membela Atletico Madrid selama 3 musim meski hanya pemain pinjaman

5 Pemain Belgia yang Pernah Berseragam Atletico MadridThibaut Courtois (en.atleticodemadrid.com)

Sebelum memperkuat Real Madrid, Thibaut Courtois sudah lebih dahulu bersinar bersama klub Spanyol lain. Itu terjadi saat dirinya berseragam Atletico Madrid pada 2011--2014. Namun, statusnya bukan pemain tetap, melainkan hanya pemain pinjaman dari Chelsea. Sangat jarang pemain yang melalui proses pinjaman selama itu.

Bersama Atletico Madrid, Courtois telah melakoni 154 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga berhasil mencatat 76 clean sheet dan hanya kebobolan sebanyak 125 kali. Statistiknya sangatlah cemerlang. Hal itu menjadi awal mula nama Thibaut Courtois melambung.

2. Toby Alderweireld gagal membuktikan kualitasnya sehingga hanya bertahan semusim

5 Pemain Belgia yang Pernah Berseragam Atletico MadridToby Alderweireld (kiri) (en.atleticodemadrid.com)

Toby Alderweireld merupakan salah satu bek tengah Belgia yang pernah memperkuat Atletico Madrid. Alderweireld bergabung pada musim panas 2013 usai direkrut dari Ajax Amsterdam seharga 7 juta euro atau sekitar Rp119 miliar. Akan tetapi, ia gagal menunjukkan performa yang mengesankan. Sang pemain pun hanya bertahan semusim dengan mencatat 22 penampilan dan berkontribusi atas 2 gol. 

Alderweireld sempat dipinjamkan kepada Southampton pada musim panas 2014 sebelum akhirnya dijual ke Tottenham Hotspur semusim setelahnya. Proses transfernya memakan biaya 16 juta atau sekitar Rp273 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi ketimbang harga saat Atletico Madrid membelinya.

Baca Juga: Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024

3. Yannick Carrasco bermain di Atletico Madrid dalam dua periode berbeda

5 Pemain Belgia yang Pernah Berseragam Atletico MadridYannick Carrasco (en. atleticodemadrid.com)

Yannick Carrasco menjadi pemain Belgia yang pernah berseragam Atletico Madrid dalam dua periode berbeda. Carasco awalnya direkrut dari AS Monaco pada musim panas 2015 dengan harga 15 juta euro atau sekiar Rp256 miliar. Sempat jadi andalan, Los Colchoneros malah menjualnya ke klub China, Dalian Professional, pada musim dingin 2018. Atletico Madrid tergiur tawaran sebesar 30 juta atau sekitar Rp513 miliar yang dilayangkan.

Sadar melepas Carrasco sebuah kesalahan besar, Los Colchoneros berinisiatif memulangkannya. Atletico Madrid meminjam Carrasco pada musim dingin 2020 dan baru memermanenkannya setengah musim kemudian. Atletico Madrid rela membayar 27 juta euro atau sekitar Rp461 miliar untuk menebus Carrasco.

Selama berseragam Atletico Madrid, pemain berposisi winger itu berhasil mencetak 47 gol dan 45 assist dari 266 pertandingan. Kini, Carrasco sudah tidak bermain bersama Los Colchoneros. Ia dijual pada musim panas 2023 ke klub Arab Saudi, Al-Shabab, dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp256 miliar. Langkah itu diambil lantaran performa Carrasco mulai menurun.

4. Axel Witsel masih menjadi andalan semenjak bergabung pada musim panas 2022

5 Pemain Belgia yang Pernah Berseragam Atletico MadridAxel Witsel (twitter.com/axelwitsel28)

Axel Witsel merupakan pemain yang masih aktif membela Atletico Madrid. Ia bergabung Los Colchoneros pada musim panas 2022 secara gratis. Namun, kontrak sang pemain akan berakhir pada Juni 2024 nanti. Kebersamannya dengan Atletico Madrid masih menjadi teka-teki.

Witsel sendiri jadi andalan Los Colchoneros di posisi bek tengah. Performanya cukup konsisten meski usianya sudah terbilang tua, 35 tahun. Sejauh ini, Witsel telah melakoni 73 pertandingan dan mengemas 1 gol serta assist.

5. Arthur Vermeeren siap menjadi pemain bintang usai bergabung pada musim dingin 2024

5 Pemain Belgia yang Pernah Berseragam Atletico MadridArthur Vermeeren (twitter.com/Atleti)

Arthur Vermeeran menjadi pemain Belgia teranyar yang memperkuat Atletico Madrid. Dirinya direkrut pada musim dingin 2024 dari Royal Antwerp. Los Colchoneros tak ragu mengeluarkan uang sebesar 18 juta euro atau sekitar Rp307 miliar demi mengamankan jasanya.

Vermeeran merupakan talenta muda yang dinilai punya prospek menjanjikan. Usianya baru menginjak 18 tahun. Ia punya banyak waktu untuk terus meningkatkan kualitasnya. Kehadiran Vermeeren menjadi suntikan tenaga yang berharga bagi lini tengah Atletico Madrid.

Mayoritas pemain Belgia yang pernah berseragam Atletico Madrid dipercaya jadi andalan. Hanya Toby Alderweild yang bernasib kurang beruntung. Sedangkan, Arthur Vermeeren bisa mengikuti jejak para pendahulunya, baik yang bersinar atau yang meredup.

Baca Juga: 4 Penggawa Anyar Atletico Madrid pada Bursa Transfer Januari 2024

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya