5 Pemain Ini Dilepas PSG Secara Gratis meski Direkrut Mahal

Dari Zlatan Ibrahimovic hingga Kylian Mbappe

Paris Saint-Germain merupakan klub raksasa Ligue 1 Prancis. PSG juga dikenal karena finansialnya yang melimpah. Hal itu membuat PSG berani jor-joran dalam melakukan aktivitas transfer. Mereka bisa dengan mudah membeli pemain berharga mahal.

Akan tetapi, klub berjuluk Les Parisiens itu juga sering merugi. Sejumlah pemain yang pernah direkrut mahal pada akhirnya meninggalkan PSG secara gratis. Kasus tersebut sudah menjadi hal lumrah bagi PSG. Contoh yang masih hangat ialah Kylian Mbappe.

Termasuk sang pemain, inilah lima pemain yang dilepas PSG secara gratis meski direkrut mahal.

1. Zlatan Ibrahimovic hanya bertahan 4 musim setelah dibeli dengan harga Rp355 miliar

5 Pemain Ini Dilepas PSG Secara Gratis meski Direkrut MahalZlatan Ibrahimovic (en.psg.fr)

Zlatan Ibrahimovic merupakan penyerang hebat pada masanya. Ia pernah membela sejumlah klub top Eropa, termasuk Paris Saint-Germain. Ibrahimovic mulai berseragam PSG pada musim panas 2012. Kala itu, ia direkrut dari AC Milan dengan harga 21 juta euro atau sekitar Rp355 miliar.

Tak butuh waktu lama, Ibrahimovic menjelma menjadi mesin gol PSG. Penyerang Swedia itu berhasil mencetak 156 gol dan 62 assist hanya dalam 180 pertandingan. Puas akan kesuksesan yang diraih bersama PSG, Ibrahimovic pun keluar mencari tantangan baru. Ia bergabung ke Manchester United pada musim panas 2016 setelah kontaknya di PSG berakhir.

2. Dibeli seharga Rp710 miliar, Thiago Silva bertahan lama di PSG sebelum pindah ke Chelsea

5 Pemain Ini Dilepas PSG Secara Gratis meski Direkrut MahalThiago Silva (en.psg.fr)

Sepaket dengan Zlatan Ibrahimovic, Paris Saint-Germain juga merekrut Thiago Silva dari AC Milan pada musim panas 2012. Namun, PSG harus merogoh kocek lebih dalam mencapai 42 juta euro atau sekitar Rp710 miliar. Kehadiran Silva diproyeksikan untuk memperkokoh lini pertahanan PSG.

Bek asal Brasil itu langsung jadi andalan dan mampu mengemban tugas dengan baik. Silva mencatat 315 penampilan serta berkontribusi atas 17 gol dan 7 assist. Bahkan, Silva dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim. Setelah 8 musim (2012--2020) lamanya setia bersama PSG, Silva akhirnya hengkang ke Chelsea secara gratis pada musim panas 2020. Hingga saat ini, ia masih aktif membela klub Premier League tersebut.

Baca Juga: Kylian Mbappe ke Real Madrid? Ini 3 Pemain Termahal Los Blancos

3. Edinson Cavani direkrut seharga Rp1,09 triliun, tetapi hengkang gratis ke Manchester united

5 Pemain Ini Dilepas PSG Secara Gratis meski Direkrut MahalEdinson Cavani (en.psg.fr)

Paris Saint-Germain sempat mengoleksi sederet penyerang tajam. Usai mendatangkan Zlatan Ibrahimovic pada musim panas 2012, PSG juga merekrut Edinson Cavani semusim setelahnya. Biaya sebesar 64,5 juta euro atau sekitar Rp1,09 triliun rela digelontorkan untuk menebusnya dari Napoli.

Untungnya, harga mahal yang dikeluarkan sebanding dengan kontribusi Cavani. Ia sukses mengemas 200 gol dan 43 assist dari 301 pertandingan. Namun, kiprah Cavani bersama PSG terhenti pada musim panas 2020 setelah kontraknya habis. Ia kemudian bergabung ke Manchester United. Cavani mengikuti jejak pendahulunya, Zlatan Ibrahimovic.

4. PSG membeli Angel Di Maria Rp1,06 triliun dan melepasnya gratis ketika performanya menurun

5 Pemain Ini Dilepas PSG Secara Gratis meski Direkrut MahalAngel Di Maria (en.psg.fr)

Angel Di Maria merupakan winger lincah asal Argentina. Paris Saint-Germain sempat merogoh kocek dalam untuk bisa menggunakan jasanya. Di Maria direkrut seharga 63 juta euro atau sekitar Rp1,06 triliun pada musim panas 2015 dari Manchester United. 

Keputusan PSG mendatangkan Di Maria terbilang tepat. Ia menjadi pilar penting di lini serang. Torehan 93 gol serta 119 assist dari 295 pertandingan berhasil dibukukannya. Namun, karena performanya mulai menurun, Di Maria dibiarkan hengkang secara gratis ke Juventus pada musim panas 2022.

5. Kylian Mbappe akan hengkang pada musim panas 2024 usai menolak perpanjangan kontrak

5 Pemain Ini Dilepas PSG Secara Gratis meski Direkrut MahalKylian Mbappe (uefa.com)

Nama Kylian Mbappe mulai mencuat saat berseragam AS Monaco. Meski usianya masih muda, Mbappe mampu tampil impresif. Hal itu membuatnya diminati banyak klub top Eropa. Namun, Paris Saint-Germain akhirnya memenangkan perburuan sang pemain. Mbappe ditebus seharga 180 juta euro atau sekitar Rp3,05 triliun pada musim panas 2018. Harga itu dinilai sebanding dengan potensi besar yang dimiliki.

Bersama PSG, Mbappe terus berkembang hingga menahbiskan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Ketajaman penyerang Prancis itu sudah tak diragukan lagi. Mbappe sukses mencetak 244 gol dan 105 assist dari 291 pertandingan.

Meski begitu, sang pemain tidak sepenuhnya bahagia di PSG. Mbappe santer dikabarkan hengkang dalam beberapa musim terakhir. Namun, keinginan itu baru bisa terwujud pada musim panas 2024 nanti. Mbappe telah menolak perpanjangan kontrak sehingga bisa pergi secara gratis. Kabar berembus bahwa Mbappe akan berlabuh ke Real Madrid.

Uang tampaknya tidak menjadi masalah besar bagi Paris Saint-Germain. Buktinya, mereka sering merelakan pemainnya pergi secara gratis meski didatangkan dengan harga mahal. Lantas, akankah ada pemain yang menyusul jejak kelima pemain di atas pada musim-musim berikutnya?

Baca Juga: 4 Pemain Real Madrid Terakhir yang Didatangkan Gratis, Mbappe Nyusul?

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya