5 Pemain Las Palmas 2023/2024 yang Pernah Berseragam Barcelona

Mayoritas jadi andalan

Pekan ke-19 LaLiga Spanyol 2023/2024 ditutup laga Las Palmas melawan Barcelona. Duel tersebut tersaji pada Jumat (5/1/2024) dini hari WIB di Estadio Gran Canaria, markas Las Palmas. Status tuan rumah tentu menguntungkan Las Palmas. Akan tetapi, Barcelona justru berhasil memetik poin penuh usai menang dengan skor tipis 2-1.

Meski akhirnya kalah, Las Palmas bisa memberikan perlawanan sengit. Hal itu terjadi karena salah satu faktor ini. Las Palmas diperkuat lima pemain yang pernah berseragam Barcelona. Empat di antaranya bahkan diturunkan dalam laga tersebut. 

Inilah lima pemain Las Palmas 2023/2024 yang pernah berseragam Barcelona.

1. Kontribusi gol Marc Cardona masih minim

5 Pemain Las Palmas 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaMarc Cardona (instagram.com/marccardona.r)

Marc Cardona merupakan striker andalan Barcelona B pada masanya. Ia mampu mengoleksi 24 gol dan 11 assist dalam periode 2016—2018. Cardona juga sempat menjalani dua laga bersama tim utama Barcelona. Namun sayang, Barcelona justru melepas Cardona sehingga membuat kariernya layu sebelum berkembang. 

Cardona pun melanjutkan kariernya dengan memperkuat tim-tim medioker. Itu termasuk Las Palmas yang ia bela sejak musim panas 2022. Cardona jadi sosok yang cukup diandalkan. Memasuki musim keduanya bersama Las Palmas, penyerang 28 tahun itu sudah melakoni 48 laga dengan torehan 8 gol dan 2 assist. Kontribusinya tergolong minim.

2. Sandro Ramirez jadi salah satu opsi di lini serang

5 Pemain Las Palmas 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaSandro Ramirez (instagram.com/sandroramirez9)

Kali ini ada pesaing Marc Cardona di posisi ujung tombak Las Palmas, Sandro Ramirez. Ia pernah menghabiskan waktu di Barcelona selama 6 musim (2009—2015). Terhitung mulai dari Barca U-16 hingga menembus Barcelona senior. 

Ia bahkan sudah melakoni tiga laga dengan torehan gol dan assist bersama tim utama Barcelona. Namun, setelah dilepas Barcelona, karier Ramirez langsung redup. Ia selalu bergonta-ganti tim tiap musim. Hanya Las Palmas yang mau menggunakan jasa Ramirez lebih dari semusim.

Ramirez awalnya bergabung dengan status pinjaman pada musim panas 2022 hingga dipermanenkan semusim kemudian. Bersama Las Palmas, penyerang 28 tahun itu telah mencetak 7 gol dan 3 assist dari 30 pertandingan. Penampilannya sempat terganggu karena cedera. 

Baca Juga: 5 Alumnus La Masia yang Mencetak Gol untuk Barcelona 2023/2024

3. Munir El Haddadi langsung jadi andalan meski baru bergabung

5 Pemain Las Palmas 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaMunir El Haddadi (instagram.com/munirhaddadi)

Lini serang Las Palmas kental nuansa eks pemain Barcelona. Selain Marc Cardona dan Sandro Ramirez, ada juga nama Munir El Haddadi. Ia lebih sering berperan sebagai winger.

Haddadi juga seumuran dengan Cardona dan Ramirez, 28 tahun. Namun, rekam jejaknya lebih mentereng. Ia sempat memperkuat Barcelona kelompok umur pada 2011 hingga dipromosikan ke tim utama pada 2015. Haddadi sudah menciptakan 25 gol dan 7 assist untuk Barcelona senior.

Haddadi sendiri baru bergabung Las Palmas pada musim panas 2023 secara bebas transfer. Ia dengan cepat menjelma jadi andalan. Pemain asal Maroko itu sudah mencatat 20 laga dan berkontribusi atas 3 gol serta 1 assist. Satu golnya bahkan tercipta saat melawan Barcelona pada pekan ke-19 LaLiga dini hari tadi.

4. Mika Marmol, bek muda potensial Las Palmas

5 Pemain Las Palmas 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaMika Marmol (instagram.com/mikamarmol_)

Mika Marmol menjadi salah satu aset penting Las Palmas. Ia masih berusia 22 tahun dan punya potensi menjanjikan ke depannya. Las Palmas baru merekrut Marmol pada musim panas 2023 dari FC Andorra. Sejauh ini, pemain berposisi bek tengah itu telah diturunkan dalam 17 pertandingan.

Marmol sendiri merupakan pemain jebolan akademi Barcelona, La Masia. Ia bermain untuk Barca U-18 hingga Barcelona B dalam kurun waktu 4 musim (2018—2022). Marmol juga sudah mencatatkan debut bersama tim utama Barcelona. Namun, karena ketatnya persaingan, ia memilih hengkang dari Barcelona demi meningkatkan kariernya.

5. Julian Araujo berstatus pemain pinjaman dari Barcelona

5 Pemain Las Palmas 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaJulian Araujo (instagram.com/julian__araujo)

Berbeda dari empat pemain sebelumnya, Julian Araujo masih berstatus pemain Barcelona. Ia hanya dipinjamkan ke Las Palmas pada musim panas 2023 selama semusim. Hal itu bertujuan guna menambah jam terbang sang pemain. 

Bersama Las Palmas, Araujo sudah melakoni 18 pertandingan dengan sumbangan 1 gol dan assist. Performanya terbilang apik. Namun, kondisi tersebut menimbulkan spekulasi tentang masa depan Araujo. Ia bisa kembali ke Barcelona atau justru dipermanenkan Las Palmas.

Kehadiran pemain di atas menambah kualitas di skuad Las Palmas. Sebab, mereka punya pengalaman yang berharga, yaitu pernah bermain di tim sekelas Barcelona. Mungkinkah mereka mengangkat Las Palmas ke tempat yang lebih baik?

Baca Juga: 5 Alumnus La Masia yang Mencetak Gol untuk Barcelona 2023/2024

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya