5 Pengguna Nomor Punggung 16 Barcelona sebelum Fermin Lopez

Mayoritas bertahan singkat

Status Fermin Lopez naik pada Januari 2024. Dia bukan lagi pemain Barca Atletic, melainkan sudah sepenuhnya menjadi pemain tim utama Barcelona. Karena hal itu, Lopez juga harus mengganti nomor punggungnya. Peraturan LaLiga mewajibkan pemain yang terdaftar di tim utama untuk mengisi nomor 1—25. 

Dari yang sebelumnya 32, Lopez kini beralih ke nomor punggung 16. Nomor 16 sendiri tidak terlalu istimewa di Barcelona. Nomor tersebut silih berganti pemilik dalam jangka waktu yang relatif singkat. Lantas, siapakah lima pengguna terakhir nomor punggung 16 Barcelona sebelum Fermin Lopez. 

1. Abde Ezzalzouli hanya sebentar memakai nomor punggung 16, lalu dijual kepada Real Betis

5 Pengguna Nomor Punggung 16 Barcelona sebelum Fermin LopezAbde Ezzalzouli (fcbarcelona.com)

Abde Ezzalzouli kembali berseragam Barcelona pada Juni 2023 usai masa peminjamannya di Osasuna habis. Abde awalnya masuk skuad utama Barcelona untuk mengarungi musim 2023/2024. Ia diberi nomor punggung 16. Akan tetapi, sebuah perubahan terjadi di tengah jalan.

Abde dijual kepada Real Betis jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Proses kepindahannya memakan biaya 7,5 juta euro atau sekitar Rp126 miliar. Sedang membutuhkan dana segar menjadi alasan Barcelona menjual sang pemain.

Abde pun hanya mengenakan jersey bernomor punggung 16 Barcelona dalam dua laga. Sebelum itu, ia juga pernah memakai nomor punggung 33. Selama bermain di tim utama Barcelona, winger Maroko itu sendiri mencatatkan 14 laga dengan hanya mencetak 1 gol.

2. Miralem Pjanic pernah menggunakan nomor punggung 8 sebelum berganti ke nomor 16

5 Pengguna Nomor Punggung 16 Barcelona sebelum Fermin LopezMiralem Pjanic (instagram.com/miralem_pjanic)

Sebelum Abde Ezzalzouli, Miralem Pjanic sudah lebih dahulu merasakan ironi nomor punggung 16 Barcelona. Pjanic bahkan belum pernah bertanding di laga resmi menggunakan nomor tersebut. Sang pemain tidak masuk proyek Barcelona untuk musim 2022/2023. Pjanic yang baru kembali dari masa peminjaman pada musim panas 2022 justru langsung dijual kepada Sharjah FC.

Meski begitu, Pjanic pernah menggunakan nomor punggung penting di Barcelona, yaitu nomor 8. Itu terjadi pada 2020/2021. Selama semusim menggunakan nomor punggung 8, Pjanic tampil sebanyak 30 kali. Namun, ia tidak berkontribusi dalam gol dan assist. Hal itu yang mendasari Barcelona tidak menggunakan jasa Pjanic lagi.

Baca Juga: 3 Klub Terakhir yang Mencetak 5 Gol ke Gawang Barcelona, Langka!

3. Pedri berganti nomor punggung dari 16 ke 8 berkat peforma impresifnya

5 Pengguna Nomor Punggung 16 Barcelona sebelum Fermin LopezPedri (instagram.com/pedri)

Pedri merupakan salah satu pengguna terbaik nomor punggung 16 Barcelona. Pedri menggunakan nomor tersebut selama 2 musim, terhitung setelah bergabung pada musim panas 2020. Pedri dengan cepat berkembang hingga menjadi pilar penting Barcelona.

Karena hal itu, Blaugrana tak ragu memberinya nomor punggung yang spesial, nomor 8. Pedri pun berganti nomor punggung pada 2022/2023. Sejauh ini, ia telah memainkan 128 pertandingan dan mencetak 18 gol serta 11 assist. Pedri jadi aset berharga Barcelona. Apalagi, usianya masih cukup muda, 21 tahun.

4. Moussa Wague lebih sering dipinjamkan kepada klub lain

5 Pengguna Nomor Punggung 16 Barcelona sebelum Fermin LopezMoussa Wague (fcbarcelona.com)

Moussa Wague merupakan pemain yang gagal berkembang bersama Barcelona. Ia awalnya bergabung untuk Barca Atletic. Wague baru diberi kesempatan promosi ke tim utama pada musim dingin 2020. Dirinya memakai nomor punggung 16.

Namun, pemain berposisi bek kanan itu kesulitan bersaing. Ia akhirnya lebih sering dipinjamkan kepada klub lain. Karena performanya tak kunjung membaik, Barcelona rela melepas Wague secara gratis pada musim panas 2022. Wague pun hanya mencatat enam laga saat bersama tim utama Barcelona.

5. Sergi Samper sempat dipinjamkan dan hanya berperan sebagai pelapis

5 Pengguna Nomor Punggung 16 Barcelona sebelum Fermin LopezSergi Samper (fcbarcelona.es)

Sergi Samper merupakan pemain jebolan akademi La Masia. Dirinya berhasil promosi ke tim utama pada musim panas 2016 dan diberi nomor punggung 16. Akan tetapi, 1,5 musim pertamanya ia habiskan sebagai pemain pinjaman.

Samper baru bermain di tim utama Barcelona pada musim dingin 2018. Namun, perannya tidak lebih dari pemain pelapis. Ia akhirnya hengkang pada musim panas 2019 secara gratis. Selama berseragam Barcelona, Samper hanya memainkan 13 pertandingan dan berkontribusi atas 1 assist.

Nomor punggung 16 Barcelona memang kurang berkesan. Mayoritas yang menggunakan nomor tersebut ialah pemain minim kontribusi. Lantas, bisakah Fermin Lopez meraih kesuksesan besar saat menggunakan nomor punggung 16 Barcelona?

Baca Juga: Lucas Bergvall, Wonderkid Swedia yang Tolak Barcelona Demi Tottenham

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya