5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min Jae

Mayoritas berposisi sebagai bek

Bayern Munich kini memiliki kedalaman skuad yang cukup mumpuni. Karena itulah, Die Roten tidak terlalu jor-joran dalam merekrut pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Sejauh ini, Bayern Munich hanya meresmikan 3 pemain baru, 2 di antaranya didatangkan secara gratis.

Dana besar baru dikeluarkan Die Roten untuk mendatangkan Kim Min Jae dari Napoli. Proses transfernya memakan biaya sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp837 miliar. Perekrutan Kim Min Jae itu masuk dalam daftar lima rekrutan termahal Bayern Munich sepanjang masa.

1. Lucas Hernandez (Rp1,3 triliun)

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min JaeLucas Hernandez (instagram.com/lucashernandez21)

Lucas Hernandez mengisi daftar teratas rekrutan termahal Bayern Munich sepanjang masa. Die Roten harus merogoh kocek sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun untuk merekrutnya dari Atletico Madrid pada musim panas 2019 lalu. Untungnya, harga mahal itu sebanding dengan kualitasnya.

Bek 27 tahun selalu menjadi andalan di lini belakang Die Roten. Ia telah menciptakan 107 penampilan dengan torehan 2 gol dan 8 assist. Namun, kebersamaan Hernandez dengan Bayern Munich harus berakhir pada musim panas 2023 ini. Die Roten memilih menjualnya setelah ada tawaran sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp753 miliar dari Paris Saint-Germain. Hernandez dijual lantaran performanya mulai menurun dan rentan cedera.

2. Matthijs de Ligt (Rp1,1 triliun)

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min JaeMatthijs de Ligt (instagram.com/mdeligt_)

Dalam rangka memperkuat lini belakang, Bayern Munich mendatangkan Matthijs de Ligt pada musim panas 2022. Ia dibeli dari Juventus dengan harga 67 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Matthijs de Ligt sendiri berstatus sebagai salah satu bek terbaik di dunia.

Namanya sudah mencuat ketika memperkuat Ajax Amsterdam. Kariernya kini makin bersinar semenjak bergabung Bayern Munich. Dirinya telah mencatatkan 43 pertandingan dan berhasil mengemas 3 gol serta 1 assist bersama Die Roten.

Baca Juga: 5 Pemain Bayern Munich Terakhir yang Dilepas ke Serie A sebelum Sommer

3. Kim Min Jae (Rp837 miliar)

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min JaeKim Min Jae saat menandatangani kontrak dengan Bayern Munich. (fcbayern.com)

Bayern Munich bergerak cepat untuk mencari pengganti Lucas Hernandez yang dijual ke Paris Saint-Germain. Pilihan akhirnya jatuh kepada bek asal Korea Selatan, Kim Min Jae. Die Roten rela menebus klausul rilisnya di Napoli seharga 50 juta euro atau sekitar Rp837 miliar.

Kim Min Jae merupakan bek yang mencuri perhatian pada 2022/2023. Ia tampil impresif bersama Napoli dengan menorehkan gol 2 dan 2 assist dari 45 pertandingan. Dirinya dipercaya bisa menjadi pengganti sepadan bagi seorang Lucas Hernandez. Kim Min Jae juga sedang berada di usia emas, 26 tahun.

4. Leroy Sane (Rp820 miliar)

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min JaeLeroy Sane (instagram.com/leroysane)

Leroy Sane tampil luar biasa ketika berseragam Manchester City. Hal itu lantas membuat Bayern Munich membawanya kembali ke Bundesliga Jerman. Transfer tersebut terwujud pada musim panas 2020. Bayern Munich mengeluarkan dana sebanyak 49 juta euro atau sekitar Rp820 miliar.

Merekrut Sane merupakan sebuah keputusan tepat. Ia langsung menyetel dengan permainan Die Roten dan tampil cukup produktif. Winger 27 tahun itu berhasil membukukan 38 gol dan 37 assist dari 133 pertandingan. Kontribusinya sesuai dengan banderol mahal tersebut.

5. Dayot Upamecano (Rp711 miliar)

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min JaeDayot Upamecano (instagram.com/upamecano)

Dayot Upamecano juga menjadi salah satu investasi mahal Bayern Munich di lini pertahanan. Die Roten mendatangkannya dengan mahar 42,5 juta euro atau sekitar Rp711 miliar dari RB Leipzig pada musim panas 2021. Bayern Munich sangat beruntung bisa mendapatkan jasa bek tangguh asal Prancis tersebut.

Upamecano cukup konsisten sehingga sering dipercaya tampil sebagai starter. Kualitasnya juga makin matang, padahal usianya baru menginjak 24 tahun. Dirinya telah mencatatkan 81 penampilan dengan torehan 2 gol dan 8 assist semenjak berseragam Bayern Munich.

Sebagai salah satu klub terbaik di dunia, tak sulit bagi Bayern Munich untuk mendatangkan pemain bintang dengan harga mahal. Namun, yang menarik, Die Roten justru sering menghabiskan dana besar untuk memperkuat lini pertahanan. Hal itu terbukti dari daftar pemain di atas yang empat di antaranya berposisi sebagai seorang bek.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hanya Semusim di Bayern Munich, Mane Berikutnya?

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya