5 Top Skor PSG Sepanjang Masa, Kylian Mbappe Kokoh di Puncak

Torehan gol Mbappe sulit dikejar

Kebersamaan Kylian Mbappe dengan Paris Saint-Germain yang sudah terjalin selama 7 musim harus terhenti setelah musim 2023/2024 berakhir. Mbappe sebelumnya menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan PSG sehingga memungkinkan sang pemain hengkang secara gratis pada musim panas 2024.

Meski nantinya pergi, Mbappe telah meninggalkan banyak kenangan manis untuk klub berjuluk Les Parisiens itu. Salah satunya ialah Mbappe menyandang status sebagai top skor sepanjang masa PSG. Torehan gol Mbappe bahkan unggul jauh dari pemain-pemain di bawahnya.

Untuk memberikan gambaran, berikut ini daftar lima top skor PSG sepanjang masa.

1. Pauleta mengemas 109 gol selama 5 musim berseragam PSG

5 Top Skor PSG Sepanjang Masa, Kylian Mbappe Kokoh di PuncakPauleta (ligue1.com)

Pedro Miguel Carreiro Resendes atau yang kerap disapa Pauleta ini membela Paris Saint-Germain saat mendekati pengujung kariernya. Meski begitu, Pauleta masih bisa diandalkan. Tugas sebagai ujung tombak mampu dilaksanakan dengan baik. 

Ia pun berhasil menyarangkan total 109 gol. Torehan itu tercipta dari 211 pertandingan di semua kompetisi selama 5 musim (2003--2008). Jumlah gol tersebut menempatkan Pauleta di posisi kelima dalam daftar top skor sepanjang masa PSG. 

2. Neymar Jr, rekrutan termahal PSG yang sukses menorehkan 118 gol

5 Top Skor PSG Sepanjang Masa, Kylian Mbappe Kokoh di PuncakNeymar Jr (en.psg.fr)

Neymar Jr merupakan rekrutan termahal Paris Saint-Germain. PSG memboyongnya dari Barcelona pada musim panas 2017 dengan mahar sebesar 222 juta euro atau saat itu sekitar Rp3,5 triliun. Untungnya, harga mahal tersebut sebanding dengan sumbangsih yang diberikan Neymar.

Selama 6 musim (2017--2023) berseragam PSG, ia sukses mengemas 118 gol dari 173 penampilan di semua kompetisi. Capaian itu terbilang istimewa mengingat Neymar bukanlah seorang target man, melainkan winger. Bahkan, torehan assist-nya tidak kalah apik. Neymar mampu memberikan assist sebanyak 77 kali.

Baca Juga: Neymar Berpotensi Pulang ke Klub Masa Kecilnya

3. Memiliki naluri gol tinggi, Zlatan Ibrahimovic sukses cetak 156 gol dalam 4 musim

5 Top Skor PSG Sepanjang Masa, Kylian Mbappe Kokoh di PuncakZlatan Ibrahimovic (en.psg.fr)

Zlatan Ibrahimovic merupakan penyerang tajam asal Swedia. Banyak klub top Eropa yang pernah menggunakan jasa sang pemain, tak terkecuali Paris Saint-Germain. Ibrahimovic berseragaram PSG 4 musim (2012--2016) lamanya.

Dalam kurun waktu tersebut, Ibrahimovic benar-benar menjadi tumpuan utama Les Parisiens. Ia berhasil membukukan 156 gol hanya dari 180 penampilan. Itu berarti, Ibrahimovic hampir selalu mencetak gol dalam setiap laga yang dilakoni. Naluri mencetak gol Ibrahimovic sangatlah tinggi.

4. Edinson Cavani genap bukukan 200 gol untuk PSG

5 Top Skor PSG Sepanjang Masa, Kylian Mbappe Kokoh di PuncakEdinson Cavani (en.psg.fr)

Edinson Cavani bergabung dengan Paris Saint-Germain pada musim panas 2013. Pada awalnya, Cavani harus rela berada di bawah bayang-bayang Zlatan Ibrahimovic. Namun, setelah kepergian Ibrahimovic, giliran Cavani yang mengambil alih kekuasan di posisi ujung tombak PSG.

Penyerang asal Uruguay itu tidak menyia-nyiakan kesempatan. Gol demi gol berhasil dicetak Cavani hingga akhirnya terhenti pada angka 200 gol. Catatan itu tercipta dari 301 pertandingan di semua kompetisi selama 7 musim (2013--2020). Cavani pun bertengger di posisi kedua dalam daftar top skor sepanjang masa PSG. 

5. Kylian Mbappe menjadi top skor sepanjang masa PSG dengan torehan 256 gol

5 Top Skor PSG Sepanjang Masa, Kylian Mbappe Kokoh di PuncakKylian Mbappe (ligue1.com)

Kylian Mbappe merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Paris Saint-Germain. Ia bergabung dengan PSG pada musim panas 2017 kala usianya masih belasan tahun. Meski begitu, Mbappe langsung jadi sosok yang sangat diandalkan Les Parisiens di lini serang. 

Sang pemain juga terbilang serba bisa. Ia mampu menempati posisi winger maupun target man dengan sama baiknya. Berkat keunggulan itu, Mbappe dengan mudah mengumpulkan pundi-pundi gol. Total, 256 gol dari 301 pertandingan di semua kompetisi berhasil ditorehkan Mbappe. Ia pun menjadi top skor sepanjang masa PSG.

Puas akan kesuksesan besar yang diraih bersama PSG, Mbappe akhirnya memutuskan hengkang pada musim panas 2024. Dirinya ingin mencari tantangan baru di luar negaranya. Santer dikabarkan Mbappe bakal berlabuh ke Real Madrid.

Itulah daftar lima top skor sepanjang masa Paris Saint-Germain. Kylian Mbappe nyaman bertengger di puncak. Bahkan, torehan Mbappe itu diprediksi bakal bertahan lama. Lantas, adakah pemain yang mampu menyalip jumlah gol Mbappe bersama PSG? 

Baca Juga: 4 Peraih Top Skor Ligue 1 Prancis Terbanyak, Mbappe Melegenda

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya