10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!

Banyak drama yang tersaji!

Piala Liga Inggris (EFL Cup) atau yang kini bernama Carabao Cup merupakan salah satu kompetisi sepak bola domestik yang berada di Inggris. Memiliki format sistem gugur, kompetisi ini pertama kali diselenggarakan pada musim 1960/1961.

Meski dianggap kurang bergengsi karena hanya menjadi kompetisi kasta ketiga di ranah sepak bola Inggris, kompetisi ini tetap mampu menghasilkan laga sengit yang diselimuti banyak drama hingga partai puncak.

Memorable, berikut ini 10 final Piala Liga Inggris yang paling sulit dilupakan sepanjang sejarah. Check this out!

1. Luton Town 3-2 Arsenal, 1988

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!theguardian.com

Luton Town secara mengejutkan berhasil mengalahkan Arsenal dalam final Piala Liga Inggris musim 1987/1998 di Wembley Stadium. Luton Town memimpin lebih dulu lewat gol dari Brian Stein di menit ke-13 sebelum Arsenal berbalik unggul 2-1 lewat gol dari Martin Hayes dan Alan Smith pada menit 71 dan 75.

The Hatters kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti yang dieksekusi oleh Danny Wilson menit ke-80. Ketika The Gunners sepertinya telah bersiap untuk babak perpanjangan waktu, Brian Stein mencetak gol kemenangan dramatis di menit ke-90 dan membuat Luton mengunci gelar Piala Liga.

2. QPR 3-2 West Brom, 1967

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!thesun.co.uk

Setelah meninggalkan format kandang tandang, final Piala Liga musim 1966/1967 menjadi pertama kalinya laga final digelar di Wembley Stadium. West Bromwich Albion (WBA) yang berada di kasta tertinggi berjumpa dengan Queens Park Rangers (QPR) yang saat itu berada di kasta ketiga.

Unggul 2-0 di babak pertama, WBA yang berada di atas angin justru lengah di babak kedua. QPR berhasil bangkit dan menang 3-2 lewat gol yang dicetak oleh Roger Morgan, Rodney Marsh, dan Mike Lazarus.

3. Chelsea 3-2 Liverpool, 2005 

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!skysports.com

Trofi pertama Jose Mourinho di Chelsea datang lewat salah satu pertandingan paling dramatis sepanjang sejarah Piala Liga. Laga yang berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk Chelsea atas Liverpool ini diwarnai dengan gol bunuh diri kapten The Reds, Steven Gerrard.

Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga 90 menit dan membuat laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Didier Drogba dan Mateja Kezman menjadi pahlawan The Blues lewat gol mereka di menit ke-107 dan ke-112.

4. Birmingham City 2-1 Arsenal, 2011

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!bbc.com

Arsenal memiliki peluang sangat besar untuk mengakhiri enam tahun puasa gelar mereka setelah lolos ke final Piala Liga musim 2010/2011. Menghadapi Birmingham City yang terancam degradasi seharusnya bukan menjadi masalah besar untuk tim asuhan Arsene Wenger.

Nikola Zigic membawa The Blues unggul pada menit 28 sebelum Robin van Persie menyamakan kedudukan jelang turun minum. Asyik menyerang, lini belakang The Gunners lengah yang membuat Obafemi Martins mencetak gol kemenangan di menit ke-89. Tiga bulan kemudian, Birmingham yang berhasil mendapatkan trofi pertama mereka sejak tahun 1963 harus terdegradasi dari Premier League.

5. Aston Villa 3-2 Everton, 1977

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!birminghammail.co.uk

Setelah dua hasil imbang yang membosankan, laga ulangan final Piala Liga antara Aston Villa dan Everton menghasilkan 120 menit yang tak terlupakan di Old Trafford musim 1976/1977.

Bob Latchford memecah kebuntuan untuk Everton sebelum Nicholl dan Brian Little membuat Villa berbalik unggul. Gol Mick Lyons membuat skor kembali imbang 2-2 tiga menit berselang. Namun, sekali lagi Brian Little mencetak gol di menit akhir perpanjangan waktu dan membuat Villa menang 3-2.

Baca Juga: The Big 6 Premier League Mundur dari European Super League

6. Swindon Town 3-1 Arsenal, 1969

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!swindonadvertiser.co.uk

Dua musim setelah tim kasta ketiga QPR mempermalukan WBA dalam final Piala Liga, momen tersebut kembali terulang. Arsenal yang berada di kasta tertinggi secara mengejutkan kalah 3-1 dari tim kasta ketiga, Swindon Town.

Bermain sama kuat 1-1 dalam 90 menit, The Gunners harus tertunduk setelah The Robins mencetak dua gol di babak perpanjangan waktu lewat Don Rogers.

7. Nottingham Forest 3-2 Southampton, 1979

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!dailyecho.co.uk

Menjadi salah satu klub raksasa era 1970-an, Nottingham Forest percaya diri menatap final Piala Liga musim 1978/1979 melawan Southampton. Namun, The Forest memulai semuanya dengan buruk dan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, Nottingham yang ingin mempertahankan gelar Piala Liga mereka menggila dan sukses mencetak tiga gol yang membuat laga berakhir dengan skor 3-2.

8. Liverpool 1-1 Birmingham (5-4 dengan adu penalti), 2001

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!liverpoolecho.co.uk

Pertandingan besar pertama di Millenium Stadium mempertemukan Liverpool dan Birmingham City dalam laga final Piala Liga musim 2000/2001. Meski berasal dari kasta kedua, The Blues memberikan perlawanan yang sengit untuk The Reds.

Unggul lebih dulu dalam setengah jam laga berjalan, Liverpool secara dramatis harus kebobolan lewat gol penalti Darren Purse di masa injury time yang membuat laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Setelah kedua tim tetap tak mampu mencetak gol, laga akhirnya dilanjutkan ke babak adu penalti yang dimenangkan Liverpool dengan skor 5-4.

9. Manchester City 2-1 Newcastle, 1976

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!chroniclelive.co.uk

Final Piala Liga musim 1975/1976 mempertemukan dua tim yang tengah mengalami puasa gelar yang cukup lama, Manchester City dan Newcastle United. Menjadi pertandingan hidup mati, The Citizens unggul lebih dulu 1-0 lewat gol Peter Barnes sebelum Alan Gowling menyamakan skor 1-1 untuk The Magpies.

Satu menit babak kedua berjalan, Manchester City kembali unggul lewat gol Dennis Tueart dan bertahan hingga peluit ditiup. Gelar tersebut menjadi trofi mayor terakhir City hingga tahun 2011.

10. Tottenham 2-1 Chelsea, 2008

10 Final Piala Liga Inggris yang Paling Sulit Dilupakan, Memorable!skysports.com

Final Piala Liga pertama di New Wembley Stadium mempertemukan dua tim asal kota London, Chelsea dan Tottenham Hotspur. Tertatih di Premier League musim 2007/2008 dengan hanya berada di posisi 11, Spurs secara mengejutkan berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1.

Tertinggal lewat gol tendangan bebas Didier Drogba, Spurs berhasil menyamakan kedudukan lewat gol penalti Dimitar Berbatov di menit ke-70. Gol Jonathan Woodgate di babak perpanjangan waktu memastikan trofi kedua dalam 17 tahun untuk The Lilywhites.

 

Itulah 10 final Piala Liga Inggris yang paling sulit untuk dilupakan sepanjang sejarah. Dipenuhi dengan banyak drama, menurutmu, mana final Piala Liga yang paling memorable?

Baca Juga: 6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya