6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!

Bahkan, sampai ada yang kalah sama klub divisi empat, lho

Piala Liga Inggris (EFL Cup) atau yang kini bernama Carabao Cup merupakan salah satu dari tiga kompetisi domestik di ranah sepak bola Inggris. Tidak jauh berbeda dengan Piala FA, format yang digunakan adalah sistem gugur.

Karena dianggap sebagai kompetisi kasta ketiga dan kurang bergengsi, tak jarang klub-klub kasta tertinggi kerap menurunkan pemain pelapis hingga pemain muda mereka di kompetisi ini.

Banyak yang sering menganggap remeh, berikut ini lima kejutan terbesar sepanjang sejarah Piala Liga Inggris. Check this out!

1. Colchester United 0-0 Tottenham Hotspur (2019)

6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!thesun.co.uk

Performa Tottenham Hotspur di musim 2019/2020 benar-benar sangat mengecewakan. The Lilywhites yang beberapa bulan sebelumnya sempat melaju hingga partai puncak Liga Champions, harus menanggung malu karena tersingkir oleh Colchester United dalam putaran ketiga Piala Liga Inggris.

Colchester yang saat itu berasal dari kasta keempat, sukses menang 4-3 lewat drama adu penalti, setelah sebelumnya berhasil menahan Spurs bermain imbang tanpa gol selama 90 menit.

2. Liverpool 2-2 Northampton Town (2010)

6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!talksport.com

Pelatih Liverpool saat itu, Roy Hodgson, sedang berada di bawah tekanan menyusul hasil kurang bagus di awal musim 2010/2011. The Reds hanya memenangkan satu dari lima pertandingan pembuka, ditambah harus menelan kekalahan memalukan dari tim kasta keempat, Northampton Town.

Bermain 1-1 di waktu normal, kedua tim sukses mencetak gol di babak extra time, sehingga kedudukan tetap sama kuat, 2-2. Namun, keberuntungan sepertinya belum berpihak kepada The Reds, karena mereka harus kalah 4-2 dalam drama adu penalti.

Baca Juga: 6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggris

3. Arsenal 1-2 Birmingham City (2011)

6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!talksport.com

Arsenal tentunya menjadi favorit dalam laga final Piala Liga Inggris musim 2010/2011 yang digelar di Wembley Stadium. Momen tersebut dinilai akan jadi kesempatan sempurna untuk The Gunners mengakhiri penantian enam tahun tanpa gelar.

Namun, Arsenal secara mengejutkan harus tumbang 1-2 dari klub papan bawah, Birmingham City. Gol kemenangan Birmingham bahkan dicetak jelang akhir laga karena, blunder yang dilakukan oleh Wojciech Szczesny dan Laurent Koscielny.

4. Bradford City 1-1 Arsenal (2012)

6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!talksport.com

Kiprah Bradford City dalam ajang Piala Liga Inggris musim 2012/2013 merupakan salah satu kisah dongeng luar biasa sepanjang sejarah Piala Liga Inggris. The Bantams yang kala itu berasal dari League Two (kasta keempat), berhasil lolos hingga partai puncak.

Dalam perjalanannya, Bradford sukses mengalahkan salah satu tim kuat, Arsenal, lewat drama adu penalti setelah bermain imbang, 1-1. Bradford kemudian mengalahkan Aston Villa di semifinal, sebelum akhirnya kalah 5-1 dari Swansea City di partai final. Meski begitu, kiprah mereka tentunya akan dikenang sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.

5. Milton Keynes Dons 4-0 Manchester United (2014)

6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!talksport.com

Perjudian Louis van Gaal untuk memainkan para anak muda dalam Piala Liga Inggris musim 2014/2015, menjadi bumerang bagi Manchester United. Secara mengejutkan, The Red Devils dihajar 4-0 oleh Milton Keynes Dons (MK Dons), yang saat itu berasal dari League One (kasta ketiga).

Dalam laga yang digelar di Stadium MK, The Dons yang saat itu memiliki Dele Alli di lini tengah, tampil meyakinkan dan sukses membuat para bek muda United melakukan banyak kesalahan.

6. Manchester United 2-2 Derby County (2018)

6 Kejutan Terbesar dalam Sejarah Piala Liga Inggris, Gak Disangka!bbc.com

Menyusul tanpa trofi di musim 2017/2018, Manchester United era Jose Mourinho benar-benar mengincar trofi Piala Liga Inggris yang tentunya paling realistis untuk mereka dapatkan.

Memainkan starting XI yang cukup kuat, The Red Devils harus tertunduk lesu karena kalah 8-7 dari Derby County-nya Frank Lampard lewat drama tendangan penalti, setelah keduanya bermain sama kuat, 1-1.

 

Itulah enam kejutan terbesar dalam sejarah Piala Liga Inggris. Bikin merinding, kisah mereka benar-benar menginsipirasi dan tentunya mengejutkan banyak penggemar sepak bola. Menurutmu, mana yang paling mengejutkan?

Baca Juga: Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juara

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya