6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Bahkan, ada yang cuma dapat 11 poin selama semusim!

Setiap klub sepak bola yang sedang berkompetisi, pastinya mengharapkan hasil yang maksimal. Namun, terkadang harapan tidak sesuai dengan ekspektasi yang terjadi di lapangan.

Seolah tidak mampu menunjukkan performa terbaik, berikut ini enam klub Liga Primer Inggris dengan poin terendah dalam satu musim kompetisi. Bahkan, ada yang cuma dapat 11 poin selama semusim! Klub mana saja? Check this out!

1. Derby County (11 poin, musim 2007/2008)

6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggrisfourfourtwo.com

Jika kamu mencari kata "klub liga inggris terburuk sepanjang sejarah" di halaman pencarian Google, pasti kamu akan menemukan banyak artikel mengenai kiprah Derby County di Liga Primer Inggris musim 2007/2008. Yap, itu ibarat gambaran kecil bagaimana musim The Rams yang berlangsung sangat buruk kala itu.

Klub yang bermarkas di Stadion Pride Park ini memecahkan banyak rekor di musim tersebut. Menjadi klub dengan poin terendah (11 poin), klub tanpa kemenangan terlama (32 pertandingan), dan klub dengan kemenangan paling sedikit (1 kemenangan).

2. Sunderland (15 poin, musim 2005/2006)

6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggrisbleacherreport.com

Sebelum kisah buruk yang menimpa Derby County, Sunderland juga bernasib kurang lebih mirip dengan The Rams. Klub yang bermarkas di Stadium of Light ini bahkan sempat mengalami lima kekalahan beruntun di awal musim.

Menjelang boxing day, mereka baru mendapatkan 1 kemenangan dan 4 hasil imbang. The Black Cats mengakhiri musim buruk mereka dengan hanya 15 poin dari hasil 3 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 29 kekalahan.

3. Huddersfield Town (16 poin, musim 2018/2019)

6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggrismirror.co.uk

Setelah dua musim mendapatkan promosi ajaib dari Divisi Championship, Huddersfield Town tampil mengecewakan di musim 2018/2019.

Klub berjuluk The Terriers tersebut hanya mendapatkan 3 kali kemenangan, 7 hasil imbang, dan 28 kekalahan dengan total 17 poin serta menempatkan mereka jauh di dasar klasemen.

Baca Juga: Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juara

4. Aston Villa (17 poin, musim 2015/2016)

6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggrismirror.co.uk

Setelah lolos dari degradasi satu musim sebelumnya, Aston Villa akhirnya harus benar-benar menelan pil pahit di musim 2015/2016.

Melakukan sampai tiga kali pergantian pelatih, performa The Villans sama sekali tidak pernah membaik. Mereka akhirnya menjadi juru kunci dengan hanya mengumpulkan total 17 poin.

5. Sunderland (19 poin, musim 2002/2003)

6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggrischroniclelive.co.uk

Sekali lagi kita menemukan Sunderland di dalam list ini. Yap, tidak hanya sekali, The Black Cats pernah mengalami anomali ini sebanyak dua kali. 

Selain bermain sangat buruk, mereka juga memecahkan dua rekor di musim tersebut. Sunderland menjadi tim dengan kekalahan kandang terbanyak dalam satu musim (14 kekalahan) dan menjadi klub dengan kekalahan beruntun terbanyak di Liga Primer Inggris (15 kekalahan).

6. Portsmouth (19 poin, musim 2009/2010)

6 Klub dengan Poin Terendah Sepanjang Sejarah Liga Inggrissportsmole.co.uk

Sebenarnya pada musim 2009/2010, Portsmouth total berhasil mengumpulkan 28 poin hasil dari 7 kemenangan, 7 hasil imbang dan 24 kekalahan.

Namun karena masalah administrasi, sang jawara Piala FA tahun 2008 ini harus rela mengalami pengurangan poin (-9) di musim tersebut, pengurangan poin membuat mereka menjadi hanya memiliki total 19 poin.

 

Itulah enam klub yang memiliki poin terendah sepanjang sejarah Liga Inggris dalam satu musim kompetisi. Terkadang musim yang diharapkan baik, menjadi berlangsung buruk akibat adanya suatu kesalahan, baik itu teknis maupun non teknis.

Baca Juga: 5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnley

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya