Fantastis! Inilah 5 Rekor Transfer Termahal di Lima Liga Top Eropa

Mereka sukses pecahkan rekor transfer di masing-masing liga

Banyak pesepak bola yang mendambakan untuk dapat bermain di salah satu dari lima liga top Eropa. Lima liga yang dimaksud meliputi Liga Inggris (Premier League), Liga Spanyol (LaLiga), Liga Italia (Serie A), Liga Jerman (Bundesliga), dan Liga Prancis (Ligue 1).

Demi membentuk skuad ideal dan menaikkan pamor liga, sejumlah klub dari lima liga di atas rela bermanuver untuk berburu pemain incarannya. Bahkan, sampai memecahkan rekor transfer. Berikut deretan rekor transfer termahal di masing-masing lima liga top Eropa. Keep scrolling!

1. Premier League - Jack Grealish (100 juta poundsterling)

Fantastis! Inilah 5 Rekor Transfer Termahal di Lima Liga Top EropaJack Grealish (bbc.com)

Pengeluaran fantastis dari klub-klub Inggris beberapa tahun terakhir kerap kali membuat iri sejumlah klub dari liga lainnya. Pembagian hak siar yang merata membuat klub dari Premier League menjadi lebih leluasa bergerak di bursa transfer.

Terbaru adalah kepindahan Jack Grealish ke Manchester City dengan mahar 100 juta poundsterling (setara Rp1,9 triliun). Kepindahan pemain berusia 25 tahun ini berhasil melampaui Paul Pogba yang dibeli Manchester United dari Juventus seharga 89 juta poundsterling atau sekitar Rp1,7 triliun di tahun 2016 silam.

2. La Liga - Philippe Coutinho (142 juta poundsterling)

Fantastis! Inilah 5 Rekor Transfer Termahal di Lima Liga Top EropaPhilippe Coutinho (mirror.co.uk)

Situasi keuangan Barcelona yang kian memburuk adalah akibat dari pengeluaran mereka yang tidak terencana beberapa musim terakhir. Pembelian boros Phillipe Coutinho dari Liverpool adalah salah satunya.

Pemain internasional Brazil ini datang ke Camp Nou dengan mahar fantastis, yakni 142 juta poundsterling atau setara dengan Rp2,8 triliun. Namun, meski menjadi pembelian termahal La Liga, hingga saat ini Coutinho tetap tidak mampu tampil sebaik seperti saat berseragam The Reds.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada Coutinho

3. Serie A - Cristiano Ronaldo (88 juta poundsterling)

Fantastis! Inilah 5 Rekor Transfer Termahal di Lima Liga Top EropaCristiano Ronaldo (en.as.com)

Juventus memecahkan rekor transfer Serie A untuk mengontrak Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada tahun 2018. Menghabiskan 88 juta poundsterling (sekitar Rp1,7 triliun), kepindahan Ronaldo ke Turin sukses melampaui rekor transfer sebelumnya yang dipegang oleh Gonzalo Higuain.

Dua musim sebelumnya, Juventus juga memecahkan rekor transfer Serie A ketika mendatangkan Gonzalo Higuain dalam kesepakatan sebesar 75,3 juta poundsterling atau setara Rp1,5 triliun. Meskipun datang saat berusia 33 tahun, terbukti Ronaldo masih tajam dengan capaian 101 gol dalam 133 penampilan untuk I Bianconeri.

4. Bundesliga - Lucas Hernandez (68 juta poundsterling)

Fantastis! Inilah 5 Rekor Transfer Termahal di Lima Liga Top EropaLucas Hernandez (bundesliga.com)

Klub-klub Bundesliga terkenal sering membelanjakan uang mereka dengan cerdas. Namun, kedatangan Lucas Hernandez ke Bayern Munich berhasil mengejutkan para penggemar sepak bola.

Bagaimana tidak, Bayern menghabiskan 68 juta poundsterling atau setara Rp1,3 triliun untuk mengontrak bek kiri milik Atletico Madrid di tahun 2019. Bahkan, biayanya hampir dua kali lipat dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh Corentin Tolisso (37 juta poundsterling atau sekitar Rp730 miliar) setahun sebelumnya.

5. Ligue 1 - Neymar (198 juta poundsterling)

Fantastis! Inilah 5 Rekor Transfer Termahal di Lima Liga Top EropaNeymar (thesun.co.uk)

Kedatangan Neymar ke Paris Saint Germain sukses mengubah segalanya di bursa transfer. Les Parisiens berhasil mengaktifkan klausul pelepasan dalam kontrak Neymar bersama Barcelona di angka 198 juta poundsterling (setara Rp3,9 triliun) di tahun 2017.

Menjadi rekor transfer termahal di Prancis dan juga dunia, Neymar diharapkan mampu mengangkat pamor PSG dan liga Prancis. Selain itu, kedatangan Kylian Mbappe dari Monaco juga menjadi transfer termahal kedua sepanjang sejarah sepak bola.

 

Itulah lima rekor transfer termahal di masing-masing lima liga top Eropa. Apakah akan ada rekor baru yang tercipta di bursa transfer musim panas kali ini?

Baca Juga: Reaksi Messi Bentuk Trio Maut MNM Bareng Neymar dan Mbappe

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya