Comscore Tracker

5 Wonderkid U-19 Bundesliga dengan Banderol Termahal Saat Ini

Didominasi para jenderal lapangan tengah

Bundesliga menjadi salah satu liga sepak bola yang ramah dengan para pemain muda untuk mengembangkan karier profesionalnya. Tercatat hampir seluruh tim yang berkompetisi memiliki rataan umur skuad di bawah 27 tahun.

Salah satu kelompok umur yang menjadi sorotan adalah tentunya deretan wonderkid  U-19 yang kini memiliki karier profesional di liga teratas Jerman itu. Beberapa di antaranya kini mampu tampil impresif yang menyebabkan harganya melambung tinggi di pasaran. Berikut kami rangkum 5 wonderkid  U-19 Bundesliga dengan banderol termahal saat ini.

1. Jude Bellingham

5 Wonderkid U-19 Bundesliga dengan Banderol Termahal Saat IniJude Bellingham (provenquality.com)

Keputusannya untuk pindah ke Jerman pada tahun 2020 dari Birmingham City lalu dirasa sangat tepat mengingat kini ia memiliki jam terbang yang cukup tinggi. Sejauh ini ia telah tampil 116 pertandingan bersama Borrusia Dortmund.

Musim ini pun ia tampil cukup sering di Bundesliga dengan 16 penampilan dan mencatatkan 3 gol serta 5 asssist sebagai pemain yang memiliki posisi utama sebagai gelandang tengah. Anak muda yang baru berusia 18 tahun itu kini memiliki harga pasar di angka 75 juta euro atau sekitar 1,2 triliun rupiah.

2. Florian Writz

5 Wonderkid U-19 Bundesliga dengan Banderol Termahal Saat IniFlorian Frits (bundesliga.com)

Perginya Kai Havertz ke Chelsea pada musim 2020/2021 tampaknya bukan menjadi suatu masalah yang besar bagi Bayern Leverkusen. Pasalnya, saat ini mereka menemukan pengganti yang sepadan di posisi gelandang serang di diri Florian Writz.

Florian Writz sendiri pun pernah memecahkan rekor Bundesliga dengan berhasil menjadi pemain muda pertama yang mencapai 50 pertandingan di usia 18 tahun, 7 bulan, dan 12 hari. Sejauh musim ini ia telah mencetak 5 gol dan 8 assist dari 16 pertandingan. Klub-klub besar Eropa pun jika hendak mendatangkannya harus merogoh kantong cukup dalam karena Florian Writz memiliki harga pasar 70 juta euro atau sekitar 1,1 triliun rupiah.

Baca Juga: Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian Wirtz

3. Jamal Musiala

5 Wonderkid U-19 Bundesliga dengan Banderol Termahal Saat IniJamal Musiala (apnews.com)

Sama dengan Jude Bellingham, Jamal Musiala adalah salah satu anak muda yang merantau dari Inggris ke Jerman. Saat itu ia bersama akademi milik Chelsea yang sukses mempermalukan klub tempat ia berkarier saat ini, yakni Bayern Munich. 

Musim ini pemuda 18 tahun ini cukup sering dipercaya Nagelsman di Bundesliga dengan 17 penampilannya sebagai seorang gelandang serang. Sejauh musim ini ia telah mencetak 3 gol dan 4 assist. Ia jelas masuk ke dalam proyek jangka panjang raksasa Jerman itu. Namun, jika ada klub Eropa yang ingin merekrutnya, mereka harus mampu menebus harga pasarnya di angka 55 juta euro atau sekitar 891 miliar rupiah.

4. Giovanni Reyna

5 Wonderkid U-19 Bundesliga dengan Banderol Termahal Saat IniGiovanni Reyna (90min.com)

Bakat pemain sepak bola dari Amerika Serikat beberapa musim terakhir cukup mencuri perhatian. Salah satu nama yang kini tampil impresif adalah Giovanni Reyna. Bahkan, rekor yang sama diraih Florian Writz kala itu dipecahkan sebelumnya oleh Reyna dengan catatan usia 18 tahun, 9 bulan, dan 14 hari.

Bermain bersama Borrusia Dortmund yang memang dihuni banyak anak muda, pemuda 19 tahun itu tak sulit untuk terus mengembangkan permainnannya. Sejauh musim ini ia telah mencetak 2 gol dari 3 penampilannya di Bundesliga. Statistik rendah itu disebabkan ia baru saja kembali dari cedera panjang sejak september tahun lalu. Harga pasarnya pun tetap tergolong tinggi di angka 42 juta euro atau sekitar 680 miliar rupiah.

5. Josko Gvardiol

5 Wonderkid U-19 Bundesliga dengan Banderol Termahal Saat IniJosko Gvardiol (telesport.telegram.hr)

Bermain apik bersama Dinamo Zagreb, sang pelatih, Zoran Mamic, pun tak ragu mengatakan bahwa ia adalah salah satu bek tengah terabik di dunia pada usianya yang kala itu menginjak 18 tahun.Pada akhirnya klub yang beruntung mendatangkannya adalah RB Leipzig.

Bek tengah dengan tinggi 1,82 meter dinilai juga memiliki kendali bola yang baik terbukti dengan dribble bolanya yang sukses mencapai angka 73 persen, dilansir analytics.soccerment.com. Anak muda berusia 19 tahun itu kini telah tampil sebanyak 17 kali di Bundesliga dan mencetak 1 gol, 2 assist, serta 2 clean sheet. Ia pun memiliki harga pasar 25 juta euro atau sekitar 405 miliar rupiah.

 

Mengingat banyak sekali nama yang dahulu memiliki predikat yang sama, namun kini justru sudah tak terdengar lagi kiprahnya, tentu kita berharap para anak muda ini terus tampil konsisten bersama klubnya.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Menemukan Performa Terbaiknya Bersama AC Milan

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa S2 yang suka sepakbola, follow on ig @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya