Comscore Tracker

5 Bomber Muda Eredivisie Terganas Musim Lalu

Ada dua pemain AZ Alkmaar 

Jakarta, IDN Times - Kasta tertinggi sepak bola Belanda, Eredivisie, disebut sebagai salah satu liga terbaik di Eropa bahkan dunia. Klub-klub seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan Feyenoord, memiliki pamor yang cukup tinggi.

Eredivisie sebenarnya juga dikenal sebagai entry gate di Eropa. Banyak pemain muda mengadu nasib di sini, mengembangkan performanya, hingga akhirnya dilirik dan sukses di kompetisi sebesar Serie A, Premier League, hingga LaLiga.

Ronaldo Nazario, Ruud van Nistelrooy, Marc Overmars, dan lainnya, sempat mengasah kemampuan di Eredivisie dan akhirnya meledak setelah cabut ke Serie A serta Premier League. 

Status Eredivisie sebagai surga pemain muda pun berlanjut hingga sekarang. Tak cuma Ajax yang menjadi produsen pemain muda terbaik, tapi masih ada lagi klub lainnya. Pun, ada sejumlah pemain muda yang meledak di musim lalu, dan bisa saja menjadi buruan klub-klub top pada bursa transfer musim panas ini. 

Berikut IDN Times sajikan daftar lima pemain muda terganas dari Eredivisie hanya untuk kamu, mengutip dari berbagai sumber.

1. Lois Openda

5 Bomber Muda Eredivisie Terganas Musim Lalugelderlander.nl

Striker belia berusia 22 tahun ini hanya dipinjam Vitesse Arnhem dari Club Brugge. Tetapi, performa impresifnya pada musim lalu begitu menyita perhatian. Striker berkebangsaan Belgia ini sukses menceploskan 18 gol dari 33 caps di Eredivisie.

Openda dipinjam Vitesse mulai 2020 lalu. Dia pun bisa dibilang sebagai peminjaman yang sukses. Torehan 28 gol serta enam assist sukses dikoleksinya dari 66 pertandingan Eredivisie. Meski demikian, Openda akan kembali ke Club Brugge, begitu kesepakatan peminjamannya habis pada 30 Juni 2022 mendatang.

Namun, ketika balik ke Club Brugge, bukan tak mungkin Openda didekati klub-klub papan atas lainnya. Sebab, French Football melansir, RC Lens sudah membidiknya.

Baca Juga: 5 Top Skor Eredivisie yang Gagal Bersinar di Premier League

2. Vangelis Pavlidis

5 Bomber Muda Eredivisie Terganas Musim Lalutransfermarkt.at

Didatangkan pada awal musim lalu dari klub sesama Belanda, Willem II, Pavlidis langsung tampil nyetel bersama AZ Alkmaar. Striker berusia 23 tahun asal Yunani ini berhasil mengemas 16 gol dari 33 laga Eredivisie.

Hal tersebut tidaklah mengejutkan. Pavlidis memang sudah familiar dengan Eredivisie. Tiga musim sebelumnya saat masih berseragam Willem II, eks pemain Borussia Dortmund II ini sukses menorehkan total 28 gol dari 73 laga.

3. Jesper Karlsson

5 Bomber Muda Eredivisie Terganas Musim Laluespn.nl

Berikutnya ada rekan setim Pavlidis, Jesper Karlsson. Winger berusia 23 tahun asal Swedia ini tampil memukau bersama klub Swedia, Elfsborg. Raihan 22 gol serta 16 assist membuat AZ Alkmaar kemudian memutuskan untuk merekrutnya pada 2020 lalu.

Hasilnya sama sekali tidak mengecewakan. Musim pertamanya di AZ Alkmaar, Karlsson berhasil mengantongi 11 gol dan sembilan assist. Performanya musim ini bahkan lebih baik. Tercatat 15 gol dan 13 assist sukses dia bukukan dari 34 laga Eredivisie.

Kemampuannya bergerak lepas radar bek-bek lawan, menjadi keistimewaannya. Karlsson bisa dibilang memiliki kemampuan winger masa kini macam Mohamed Salah, Son Heung Min, dan lainnya. Maka, dilansir Squawka, tak heran kalau sejumlah raksasa Eropa mengamati perkembangan Karlsson.

4. Jorgen Strand Larsen

5 Bomber Muda Eredivisie Terganas Musim Lalueurosport.no

Penyerang asal Norwegia berusia 22 tahun ini sukses mengoleksi 14 gol dari 32 penampilan di Eredivisie musim lalu. Torehan tersebut menjadi yang terbanyak yang pernah dicapai pemain FC Groningen ini sepanjang karier profesionalnya.

Didatangkan pada 2020 lalu dari klub lokal Norwegia, Sarpsborg 08, pemain yang pernah mengenakan kostum AC Milan tersebut langsung nyetel dengan sepak bola Belanda. Di musim pertamanya, Larsen berkontribusi dengan mencetak sembilan gol dari 30 laga.

5. Luis Sinisterra

5 Bomber Muda Eredivisie Terganas Musim Laluteamtalk.com

Yang terakhir ada pemain asal benua Amerika Latin, Luis Sinisterra. Winger kelahiran Kolombia yang merumput bersama Feyenoord ini sukses menjebol gawang lawan 12 kali dari 30 pertandingan Eredivisie. Seperti kebanyakan pemain yang telah disebut sebelumnya, musim lalu merupakan yang paling produktif bagi Sinisterra.

Sinisterra diboyong dari klub Kolombia, Once Caldas, pada 2018 silam. Hingga saat ini, Sinisterra telah memainkan total 113 pertandingan meski masih berusia 23 tahun. Produktivitasnya pun patut diacungi jempol. Total 35 gol dan 29 assist telah sukses dia sumbangkan untuk Feyenoord.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Ajax Terbaik yang Pernah Bermain di Bundesliga

Ahmad Fikri Adzhani Photo Writer Ahmad Fikri Adzhani

Football and coffee really define me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya