3 Eks Top Skor Liga Top Eropa di Saudi Pro League 2023/2024

Cristiano Ronaldo masih tajam

Sederet pemain top dunia sedang menjalani karier di Saudi Pro League 2023/2024. Kehadiran mereka membuat kompetisi teratas sepak bola Arab Saudi tersebut makin menarik untuk disaksikan. Di antara para pemain tersebut, tiga di antaranya bahkan pernah menyabet gelar top skor di liga-liga top Eropa.

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain di Saudi Pro League 2023/2024 yang pernah menjadi top skor di liga top Eropa. Ketajamannya bahkan masih berlanjut hingga musim ini. Bersama Al Nassr, ia telah mencetak 30 gol dari 33 penampilan di berbagai ajang.

Termasuk Ronaldo, berikut tiga eks top skor liga top Eropa yang berlaga di Saudi Pro League 2023/2024.

1. Karim Benzema (Al Ittihad) pernah menjadi top skor di dua liga berbeda

3 Eks Top Skor Liga Top Eropa di Saudi Pro League 2023/2024Karim Benzema (instagram.com/karimbenzema)

Karim Benzema pernah menjadi top skor di dua liga top sekaligus. Pada 2021/2022, ia tampil tajam bersama Real Madrid di LaLiga dengan mencetak 27 gol. Selain itu, ia juga sempat menyabet gelar top skor Ligue 1 Prancis 2007/2008 dengan torehan 20 gol bersama Olympique Lyon.

Musim kompetisi 2021/2022 menjadi salah satu musim terbaik sepanjang karier Benzema. Selain gelar individu berupa top skor, ia juga mampu mempersembahkan treble winner untuk Los blancos pada musim itu. Tiga trofi yang ia menangi pada musim itu ialah Liga Champions Eropa, LaLiga Spanyol, dan Piala Super Spanyol.

Sayangnya, ketajaman pemain berusia 36 tahun itu menurun pada musim ini. Bersama Al Ittihad, ia baru mencetak 9 gol dari 17 pertandingan di Saudi Pro League. Dari 24 pertandingan, Al Ittihad masih tertahan di posisi keempat dengan torehan 43 poin, berjarak 25 poin dari Al Hilal di puncak klasemen.

Baca Juga: 6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada Mane

2. Sadio Mane (Al Nassr) menyabet gelar top skor EPL pada 2018/2019

3 Eks Top Skor Liga Top Eropa di Saudi Pro League 2023/2024Sadio Mane (liverpoolfc.com)

Musim 2018/2019 menjadi salah satu musim terbaik dalam karier Sadio Mane. Selain menyabet gelar top skor English Premier League bersama Mohamed Salah dan Pierre-Emerick Aubameyang dengan sama-sama mengoleksi 22 gol. Ia juga berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions Eropa untuk Liverpool. Sayangnya, ketajamannya cenderung menurun sejak memutuskan untuk meninggalkan The Reds.

Pemain asal Senegal itu menjalani musim yang mengecewakan pada 2022/2023. Bersama Bayern Munich, Mane hanya mencetak 12 gol dari 38 penampilan di berbagai ajang. Hal itu pula yang membuatnya memutuskan untuk menerima pinangan Al Nassr.

Bersama klub berjuluk Faris Najd di Saudi Pro League musim ini, Mane berpeluang untuk mencatatkan torehan gol yang lebih banyak dibanding bersama Die Roten pada musim lalu. Dari 23 penampilan, ia telah mencetak 9 gol dan 4 assist. Atas kontribusinya itu, kini Al Nassr berada di posisi kedua klasemen dengan torehan 56 poin.

3. Cristiano Ronaldo (Al Nassr) pertama kali meraih top skor liga saat membela MU

3 Eks Top Skor Liga Top Eropa di Saudi Pro League 2023/2024Cristiano Ronaldo (manutd.com)

Cristiano Ronaldo telah membuktikan ketajamannya di beberapa liga top sekaligus. Sepanjang kariernya, ia telah mengoleksi 5 gelar top skor di 3 liga top berbeda. Tak hanya itu, ia juga menjadi top skor di Liga Champions Eropa dalam tujuh edisi berbeda.

Ronaldo pertama kali meraih gelar top skor liga saat membela Manchester United pada 2007/2008. Torehan 31 golnya saat itu berhasil mengungguli beberapa pemain yang lebih senior darinya, seperti Emmanuel Adebayor dan Fernando Torres yang sama-sama mengoleksi 24 gol. Kontribusi golnya sekaligus mengantarkan The Red Devils meraih trofi Premier League pada musim yang sama.

Ketajaman pemain berusia 39 tahun itu masih berlanjut pada musim ini. Bersama Al Nassr di Saudi Pro League, ia telah mencetak 23 gol dari 22 penampilan. Torehan itu membuatnya berada di puncak daftar top skor sementara, mengungguli Aleksandar Mitrovic dengan 20 gol.

Di antara tiga pemain di atas, hanya Ronaldo yang kini berada di posisi lima besar top skor sementara Saudi Pro League 2023/2024. Pertanyaannya, mampukah ia tetap tajam hingga akhir musim dan meraih gelar top skor liga pertamanya di luar Eropa?

Baca Juga: Ronaldo Sindir Ligue 1: Kalah dari Saudi Pro League

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya