6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga Domestik

Ada Inter Milan

Persaingan di klasemen liga-liga top Eropa selalu berlangsung menarik tiap musimnya. Keberadaan deretan pemain top membuat peta persaingan juara selalu berlangsung ketat. Meski begitu, beberapa klub mampu tampil dominan dan menorehkan prestasi yang sulit dicapai klub-klub lainnya.

Sepanjang sejarah, hanya ada enam klub yang telah mencapai 20 gelar juara liga domestik di liga-liga top Eropa. Salah satunya ialah Inter Milan yang baru saja dipastikan menjadi juara Serie A Italia 2023/2024. Dengan prestasi ini, kini Inter Milan telah mengoleksi 20 trofi liga domestik.

Termasuk Inter Milan, berikut 6 klub yang telah meraih 20 trofi liga domestik.

1. Manchester United menjadi penguasa kasta teratas sepak bola Inggris dengan 20 trofi liga

6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga DomestikManchester United menjuarai English Premier League 2012/2013. (twitter.com/premierleague)

Manchester United masih menjadi klub yang paling sering menjuarai kasta teratas sepak bola Inggris atau yang kini bernama English Premier League (EPL). Sepanjang sejarah, klub berjuluk Setan Merah itu telah mengoleksi 20 trofi, 13 di antaranya mereka raih sejak kompetisi tersebut berubah nama menjadi EPL. Capaian itu mengungguli Liverpool dengan 19 trofi.

Sayangnya, terakhir kali Setan Merah menjuarai liga ialah pada 2012/2013. Sejak saat itu, mereka belum mampu kembali keluar sebagai juara dan hanya beberapa kali finis di posisi runner-up. Bahkan, mereka terancam finis di luar empat besar pada 2023/2024 ini.

2. Barcelona telah mengoleksi 27 gelar juara Liga Spanyol

6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga DomestikBarcelona 2022/2023 (instagram.com/5sergiob)

Barcelona merupakan klub dengan segudang prestasi di kancah domestik dan Eropa. Sepanjang sejarah, mereka telah mengoleksi 27 trofi juara kasta teratas sepak bola Spanyol, LaLiga. Sayangnya, torehan itu masih kalah dengan Real Madrid yang telah meraih 35 trofi. 

Setelah berhasil finis sebagai juara di LaLiga musim lalu, Blaugrana terancam hanya finis sebagai runner-up pada 2023/2024 ini. Dari 32 laga yang telah dijalani, mereka mengoleksi 70 poin. Untuk sementara, Real Madrid berada di puncak klasemen dengan raihan 81 poin.

3. Real Madrid telah menjuarai LaLiga Spanyol sebanyak 35 kali

6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga DomestikReal Madrid (instagram.com/toni.kr8s)

Real Madrid masih menjadi klub dengan gelar juara LaLiga Spanyol terbanyak. Hingga April 2024, klub berjuluk Los Blancos itu telah meraih 35 trofi. Penampilan konsisten mereka di LaLiga musim ini membuat koleksi trofi mereka berpotensi bertambah.

Tak hanya di level domestik. Real Madrid juga menjadi klub dengan trofi terbanyak di pentas Eropa. Sepanjang sejarah kompetisi antarklub Eropa yang kini bernama UEFA Champions League (UCL), mereka berhasil keluar sebagai juara sebanyak 14 kali. Los Blancos unggul cukup jauh dari pesaing terdekatnya, AC Milan, yang baru mengoleksi tujuh trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis yang Pernah Meraih Scudetto bersama Inter Milan

4. Bayern Muenchen telah menjuarai kasta teratas sepak bola Jerman sebanyak 33 kali

6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga DomestikBayern Muenchen (fcbayern.com)

Dominasi Bayern Muenchen di kasta teratas sepak bola Jerman atau yang kini bernama Bundesliga akhirnya putus pada 2023/2024. Bayer Leverkusen yang diarsiteki mantan pemain Die Roten, Xabi Alonso, berhasil keluar sebagai juara pada musim ini. Sebelumnya, Bayern Muenchen tampil dominan dan selalu menjadi juara Bundesliga selama 11 musim terakhir.

Meski begitu, Die Roten masih menjadi klub yang paling sering menjuarai kasta teratas sepak bola Jerman. Sepanjang sejarah, mereka telah memenanginya sebanyak 33 kali. Torehan itu terpaut cukup jauh dari Nuremberg yang merupakan pesaing terdekatnya dengan torehan sembilan trofi.

5. Inter Milan baru saja memastikan diri sebagai juara Serie A 2023/2024

6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga DomestikInter Milan (legaseriea.it)

Inter Milan berhasil mengukir sejarah baru pada 2023/2024 ini. Kemenangan demi kemenangan yang diraih membuat mereka keluar sebagai juara Serie A musim ini. Dengan capaian ini, kini ada dua klub Italia yang telah mencapai 20 gelar juara kasta teratas sepak bola Italia, Serie A.

Di bawah asuhan Simone Inzaghi, Inter Milan memang tampil ganas di Serie A musim ini. Torehan 86 dari 33 laga membuat mereka mengunci gelar pada pekan ke-33. Menariknya, mereka dipastikan menjadi juara setelah menaklukkan AC Milan di kandangnya.

6. Juventus telah meraih 36 trofi Serie A

6 Klub Liga Top Eropa yang Telah Meraih 20 Gelar Juara Liga DomestikJuventus (juventus.com)

Juventus menjadi klub dengan gelar juara Serie A terbanyak sepanjang sejarah. Klub berjuluk Si Nyonya Tua itu telah meraih 36 trofi. Sayangnya, penurunan performa membuat mereka kesulitan untuk bersaing di papan atas dalam tiga musim terakhir.

Setelah menjadi juara Serie A selama 9 musim dari 2011/2012 hingga 2019/2020, Si Nyonya Tua nampak kehilangan magisnya. Bahkan, mereka hanya finis di posisi ketujuh pada 2022/2023. Hal itu membuat mereka absen dari kompetisi Eropa pada musim ini.

Selain Inter Milan, ada juga Liverpool yang sejatinya memiliki peluang untuk mencatatkan capaian yang sama pada musim ini. Sayangnya, The Reds masih harus bersaing ketat dengan Arsenal dan Manchester City di Premier League.

Baca Juga: Deretan Prestasi Simone Inzaghi di Inter Milan, Trofi Domestik Lengkap

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya