4 Klub yang Mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024

Sempat kalah dari Crystal Palace di Anfield

Juergen Klopp gagal mempersembahkan trofi English Premier League pada musim terakhirnya menukangi Liverpool. Sempat menjadi pemuncak klasemen selama beberapa pekan, The Reds harus puas finis di posisi ketiga pada 2023/2024. Mereka berada di bawah Manchester City yang keluar sebagai juara dan Arsenal yang menghuni posisi kedua.

Jika dilihat dari jumlah kekalahan, maka Liverpool sejatinya lebih baik jika dibandingkan dengan Arsenal. Sepanjang musim ini, Mohamed Salah dkk hanya menelan 4 kekalahan dari 4 klub berbeda.

Berikut empat klub yang mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024.

1. Dua pemain terkena kartu merah, Liverpool kalah 1-2 atas Tottenham Hotspur pada pekan ke-7

4 Klub yang Mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024Liverpool melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Liverpool mengawali awal musim 2023/2024 dengan cukup bagus. Setelah tak terkalahkan dalam enam laga awal, Tottenham Hotspur menjadi tim pertama yang mampu mencuri poin penuh saat bertemu The Reds pada pekan ketujuh. Datang ke Tottenham Hotspur Stadium dengan kekuatan penuh. Liverpool takluk dengan skor tipis 1-2.

Liverpool bermain dengan sepuluh pemain sejak menit 26 lantaran Curtis Jones terkena kartu merah. Sepuluh menit kemudian, Spurs berhasil unggul lewat gol yang dicetak Son Heung Min. Beberapa saat sebelum babak pertama berakhir, The Reds berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi dari Cody Gakpo.

Nasib buruk kembali menghampiri Liverpool pada babak kedua. Mereka harus kehilangan satu pemain lagi setelah Diogo Jota diganjar kartu merah. Sempat mampu menahan skor 1-1 hingga menit 90, The Reds justru kecolongan setelah Joel Matip mencetak gol bunuh diri pada menit 90+6.

2. Liverpool pulang tanpa poin dari Emirates Stadium setelah kalah 1-3 dari Arsenal pada pekan ke-23

4 Klub yang Mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024Liverpool melawan Arsenal di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Setelah kalah atas Spurs pada pekan ketujuh, Liverpool mencatatkan 15 laga tak terkalahkan dan sempat memuncaki klasemen selama beberapa pekan. Sayangnya, kekalahan atas Arsenal pada pekan ke-23 membuat mereka kembali turun. Saat itu, Liverpool menghuni posisi kedua klasemen.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Arsenal berhasil mendominasi pada laga tersebut. Liverpool juga harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit 88 setelah Ibrahima Konate diganjar kartu merah. The Gunners berhasil mencetak tiga gol lewat aksi dari Bukayo Saka pada menit 14, Gabriel Martinelli pada menit 67, dan Leandro Trossard pada menit 90+2. Sedangkan, Liverpool hanya mampu membalas satu gol berkat gol bunuh diri pemain bertahan Arsenal, Gabriel Magalhães, menit 45+3.

Baca Juga: Analisis Gaya Permainan Manajer Baru Liverpool, Arne Slot

3. Crystal Palace menjadi satu-satunya klub yang meraih kemenangan di Anfield

4 Klub yang Mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024Liverpool melawan Crystal Palace di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Satu dari empat kekalahan Liverpool di Premier League musim ini terjadi saat bermain di kandang. Menariknya, klub yang mampu mencuri poin penuh dari Anfield bukanlah klub papan atas, tetapi klub yang finis di posisi kesepuluh, Crystal Palace. Hasil negatif tersebut terjadi pada pekan ke-33.

Eberechi Eze menjadi pahlawan kemenangan The Eagles pada laga itu. Golnya pada menit 14 merupakan satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut. Di EPL musim ini, pemain berpaspor Inggris itu mencetak 11 gol dari 27 laga.

4. Liverpool takluk 0-2 dari Everton dalam Derbi Merseyside

4 Klub yang Mengalahkan Liverpool di Premier League 2023/2024Liverpool melawan Everton di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Kekalahan terakhir Liverpool di Premier League 2023/2024 ini terjadi di Derbi Merseyside. Datang ke markas Everton pada laga tunda pekan ke-29 yang baru terlaksana pada 24 April 2024, The Reds harus pulang tanpa poin setelah kalah dengan skor 0-2. Liverpool tak mampu mencetak satu gol pun meski menurunkan Luis Diaz, Mohamed Salah, dan Darwin Nunez sebagai ujung tombak sejak menit pertama.

Jarrad Branthwaite membuka keunggulan Everton pada menit 27. Memanfaatkan kesalahan para pemain bertahan Liverpool yang gagal menyapu bola dengan baik, bek berusia 21 tahun itu melakukan tendangan dengan kaki kiri yang tak mampu dihalau Alisson Becker. Satu gol Everton lainnya tercipta pada babak kedua lewat aksi dari Dominic Calvert-Lewin.

Jumlah kekalahan Liverpool di Premier League musim ini memang lebih sedikit dibandingkan Arsenal. Meski begitu, Liverpool tak mampu finis lebih baik dibandingkan The Gunners lantaran terlalu banyak meraih hasil seri.

Baca Juga: 2 Bintang Liverpool Patah Hati Usai Kepergian Klopp

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya