3 Laga Tandang Terakhir Juventus ke Markas Lazio, Sengit!

Si Nyonya Tua akan datang lagi ke Stadio Olimpico

Beberapa duel seru akan tersaji di liga-liga top Eropa setelah jeda internasional Maret 2024. Salah satunya pertandingan yang mempertemukan dua klub top Serie A Italia, Juventus dan Lazio. Setelah mampu menang meyakinkan 3-1 di Allianz Stadium pada paruh pertama, kini giliran Juventus yang akan datang ke markas Lazio, Minggu (31/3/2024).

Meski secara peringkat saat ini Juventus lebih unggul dari Lazio, datang ke Stadio Olimpico tak akan mudah. Tiga pertemuan terakhir antara kedua klub di Stadio Olimpico selalu berjalan sengit. Dari tiga lawatan terakhir, Si Nyonya Tua meraih 1 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan. Berikut ulasannya!

1. Juventus secara dramatis meraih hasil imbang 1-1 di Serie A 2020/2021

3 Laga Tandang Terakhir Juventus ke Markas Lazio, Sengit!Juventus bertandang ke markas Lazio di Serie A 2020/2021. (juventus.com)

Juventus hampir meraih kemenangan saat datang ke markas Lazio di Serie A 2020/2021. Sayangnya, tiga poin yang sudah di depan mata buyar oleh gol Lazio pada detik-detik akhir pertandingan. Kedua tim akhirnya harus berbagi masing-masing satu poin.

Si Nyonya Tua berhasil unggul lebih dahulu oleh gol Cristiano Ronaldo pada menit 15. Gol itu berkat umpan matang Juan Cuadrado dari sisi kanan. Bomber asal Ekuador, Felipe Caicedo, menjadi penyelamat Lazio lewat gol yang ia cetak pada menit 90+5. Gol itu tak terlepas dari aksi ciamik Joaquín Correa melewati beberapa pemain belakang Juventus sebelum akhirnya memberi umpan ke Caicedo.

Hasil seri itu menjadi salah satu bagian dari 13 laga tak terkalahkan Juventus pada awal musim 2020/2021. Setelah mencatatkan 7 kemenangan dan 6 seri, Si Nyonya Tua justru menelan kekelahan pertama di kandang sendiri. Pada pekan ke-14, mereka dibantai Fiorentina di Allianz Stadium dengan skor 0-3.

2. Juventus menang 2-0 berkat dua gol Bonucci pada 2021/2022

3 Laga Tandang Terakhir Juventus ke Markas Lazio, Sengit!Juventus bertandang ke markas Lazio di Serie A 2021/2022. (juventus.com)

Juventus berhasil meraih hasil maksimal saat datang ke Stadio Olimpico di Serie A 2021/2022. Datang dengan skuad terbaiknya, Massimiliano Allegri berhasil membawa Juventus menang 2-0 atas tuan rumah, Lazio. Meski menurunkan sederet penyerang jempolan di lini depan, dua gol tersebut justru dicetak oleh pemain bertahan yang sekaligus menjadi kapten pada laga itu, Leonardo Bonucci.

Bonucci mencetak gol pertamanya lewat titik putih pada menit 23 setelah Alvaro Morata dilanggar oleh Danilo Cataldi di kotak terlarang. Setelah tertinggal 0-1, Lazio mencoba tampil lebih menyerang. Sayangnya, anak asuh Maurizio Sarri gagal memanfaatkan beberapa peluang yang didapatkan.

Terlalu asik menyerang justru membuat Lazio kecolongan. Lewat skema counter attack, Juventus mendapat hadiah penalti lantaran Federico Chiesa dilanggar oleh kiper Lazio, Pepe Reina, di kotak terlarang. Bonucci yang kembali menjadi eksekutor pun melakukan tugasnya dengan sempurna.

3. Juventus kalah tipis 1-2 pada 2022/2023

3 Laga Tandang Terakhir Juventus ke Markas Lazio, Sengit!Juventus bertandang ke markas Lazio di Serie A 2022/2023. (juventus.com)

Musim 2022/2023 menjadi musim terburuk Juventus di Serie A selama sedekade terakhir. Setelah finis di posisi 4 pada musim sebelumnya, Si Nyonya Tua justru hanya finis di posisi 7 pada musim ini. Dari 10 kekalahan pada musim itu, salah satunya didapat saat tandang ke markas Lazio pada pekan ke-29.

Massimiliano Allegri yang menurunkan sederet pemain terbaiknya kalah 1-2 di Stadio Olimpico. Dua gol Lazio dicetak oleh Sergej Milinković-Savić menit 38 dan Mattia Zaccagni menit 53. Sementara itu, satu-satunya gol Si Nyonya Tua dicetak oleh Adrien Rabiot menit 42.

Berbanding terbalik dengan juventus, musim 2022/2023 merupakan musim terbaik Lazio selama sedekade terakhir. Dengan torehan 74 poin, mereka finis sebagai runner-up. Dengan Napoli yang keluar sebagai juara, Lazio berjarak 16 poin.

Juventus yang kini berada di posisi 3 klasemen tentu mengincar kemenangan demi mampu menjaga jarak dengan AC Milan dan Inter Milan yang berada di atasnya. Di sisi lain, bermain di hadapan pendukung sendiri tentu menjadi motivasi bagi Lazio yang belum mampu tampil konsisten pada musim ini.

Baca Juga: 7 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih Lazio

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya