3 Laga Tandang Terakhir AC Milan ke Markas Lazio, Sempat Kalah Telak!

AC Milan akan datang ke Stadio Olimpico

AC Milan gagal meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir di Serie A Italia. Setelah kalah 2-4 di kandang AC Monza pada pekan ke-25, Rossoneri ditahan imbang 1-1 oleh Atalanta di San Siro pada pekan selanjutnya, Minggu (25/2/22024). Untungnya, meski meraih hasil kurang maksimal, mereka masih berada di posisi 3 klasemen dengan torehan 53 poin.

Demi mampu tetap berada di posisi tiga besar dan tak tergeser oleh Bologna yang berada tepat satu peringkat di bawahnya, Davide Calabria dkk dituntut untuk meraih hasil maksimal pada laga berikutnya. Selanjutnya, AC Milan akan bertandang ke markas Lazio pada Sabtu (2/23/2024) dini hari WIB.

Secara peringkat, saat ini Lazio memang hanya berada di posisi sembilan klasemen. Meski begitu, datang ke markas Biancoceleste tak akan mudah bagi AC Milan. Dari tiga kunjungan terakhir Rossoneri ke Stadio Olimpico, mereka menelan dua kekalahan dengan skor telak.

1. AC Milan dibantai 0-3 di Serie A 2020/2021

3 Laga Tandang Terakhir AC Milan ke Markas Lazio, Sempat Kalah Telak!Lazio melawan AC Milan di Serie A 2020/2021. (acmilan.com)

AC Milan pulang dengan tangan kosong saat datang ke markas Lazio pada pekan ke-33 Serie A 2020/2021. Menurunkan Ante Rebic, Alexis Saelemaekers, dan Mario Mandzukic di lini serang, Rossoneri gagal menembus pertahanan tim tuan rumah yang dijaga ketat oleh Francesco Acerbi, Ștefan Radu, dan Adam Marusic. Biancoceleste berhak meraih tiga poin lantaran mengakhiri laga dengan kemenangan 3-0.

Bomber asal Argentina yang kini membela Marseille, Joaquín Correa, tampil sangat apik pada laga itu dengan mencetak brace. Dirinya membawa Lazio unggul cepat pada menit 2 lewat kerja sama yang cukup baik dengan Ciro Immobile. Setelah Correa mencetak gol kedua pada menit 51, giliran Immobile yang mencatatkan namanya di papan skor dengan gol yang ia cetak pada menit 87.

Pada akhir musim, AC Milan finis sebagai runner-up dengan torehan 79 poin dari hasil 24 kemenangan, 7 seri, dan 7 kekalahan. Mereka berjarak 12 poin dari Inter Milan yang keluar sebagai juara. Sedangkan, Lazio hanya finis di posisi 6 dengan raihan 68 poin.

Baca Juga: Aksi 3 Pemain asal Argentina di Laga Fiorentina vs Lazio 2023/2024

2. Sempat tertinggal lebih dahulu, AC Milan mampu menang 2-1 di Serie A 2021/2022

3 Laga Tandang Terakhir AC Milan ke Markas Lazio, Sempat Kalah Telak!Lazio melawan AC Milan di Serie A 2021/2022. (acmilan.com)

Setelah tak meraih satu pun trofi Serie A selama 10 musim, AC Milan akhirnya kembali meraih scudetto pada 2021/2022. Dengan 86 poin, Rossoneri unggul 2 poin dari Inter Milan yang harus puas keluar sebagai runner-up. Zlatan Ibrahimović dkk bahkan sempat mencatatkan 16 laga tak terkalahkan pada pekan ke-23 hingga ke-38.

Kemenangan di kandang Lazio pada pekan ke-34 menjadi bagian dari 16 laga tak terkalahkan tersebut. Sempat tertinggal lebih dahulu pada babak pertama lewat gol yang dicetak oleh Immobile pada menit 4, Rossoneri mampu bangkit dan membalikkan keadaan pada babak kedua. Setelah Olivier Giroud mencetak gol penyama kedudukan pada menit 50, Sandro Tonali mencetak gol penentu kemenangan pada menit 90+2.

Penampilan sejumlah pemain yang masih berusia muda menjadi kunci kesuksesan Rossoneri di Serie A musim itu. Salah satunya ialah Rafael Leao yang saat itu masih berusia 22 tahun. Dari 34 penampilan, ia tampil tajam dengan mencetak 11 gol.

3. AC Milan dibantai 0-4 di Serie A 2022/2023

https://www.youtube.com/embed/6QJ0Ilclg94

Setelah meraih scudetto pada musim sebelumnya, AC Milan justru mengalami penurunan prestasi di Serie A 2022//2023. Masih dilatih Stefano Pioli, Rossoneri hanya finis di posisi empat klasemen. Dari 38 laga, mereka hanya meraih 70 poin dari hasil 20 kemenangan, 10 seri, dan 8 kekalahan.

Salah satu kekalahan didapat saat bertandang ke markas Lazio pada pekan ke-19. Menurunkan sederet pemain terbaiknya, Rossoneri dibantai dengan skor 0-4. Empat gol tersebut dicetak oleh empat pemain berbeda, yaitu Sergej Milinković-Savić, Mattia Zaccagni, Luis Alberto, dan Felipe Anderson.

Prestasi Lazio pada akhir musim itu berbanding terbalik dengan AC Milan. Setelah hanya finis di posisi lima pada musim sebelumnya, Biancoceleste yang menjalani musim kedua di bawah asuhan Maurizio Sarri mampu finis sebagai runner-up. Dari 38 laga, mereka meraih 74 poin dari hasil 22 kemenangan, 8 seri, dan 8 kekalahan.

Statistik di atas menunjukkan AC Milan selalu kesulitan saat datang ke markas Lazio. Kali ini, mampukah AC Milan mencuri poin di Stadio Olimpico?

Baca Juga: 3 Striker Asing Inter Milan dengan 100 Gol di Serie A

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya