3 Laga Tandang Terakhir Barcelona ke Markas Klub Italia, Dominan!

Barcelona main di Napoli pada babak 16 besar UCL

Setelah mampu lolos dengan cukup mudah dari babak grup Liga Champions Eropa 2023/2024, Barcelona mendapat lawan yang lebih tangguh pada babak 16 besar. Juara bertahan Serie A Italia, Napoli, akan menjadi lawan Robert Lewandowski dkk. Pada babak ini, Blaugrana lebih dahulu datang ke markas Napoli pada Kamis (22/2/2024) dini hari WIB.

Selain performa yang kurang baik Napoli di liga domestik, Barcelona memiliki beberapa modal bagus sebelum melawat ke Diego Armando Maradona Stadium. Salah satunya ialah statistik beberapa laga tandang terakhir Blaugrana ke markas klub Italia. Dari 3 kunjungan terakhir Barcelona ke markas klub Italia, 2 di antaranya berakhir dengan kemenangan.

1. Barcelona menang 2-0 saat datang ke markas Juventus pada babak grup UCL 2020/2021

3 Laga Tandang Terakhir Barcelona ke Markas Klub Italia, Dominan!Juventus melawan Barcelona di UCL 2020/2021. (juventus.com)

Barcelona satu grup dengan Juventus di Liga Champions 2020/2021. Setelah menang 5-1 atas Ferencváros pada pekan pertama, Blaugrana harus bertandang ke markas Juventus pada pekan kedua. Menurunkan sederet pemain terbaiknya, Barcelona berhasil meraih tiga poin setelah menang dengan skor 2-0.

Ousmane Dembélé dan Lionel Messi menjadi pencetak gol dalam laga tersebut. Dembele mencetak gol pertama pada menit 14. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang sempat mengenai pemain Juventus tak mampu diantisipasi Wojciech Szczesny. Setelah Juventus harus bermain dengan sepuluh orang lantaran kartu merah yang diterima Merih Demiral pada menit 85, Barcelona berhasil menambah keunggulan pada menit 90+1 lewat tendangan penalti yang dieksekusi Messi.

Barcelona berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menjadi pemuncak klasemen Grup G musim itu. Sayangnya, langkah mereka dihentikan Paris Saint-Germain pada babak 16 besar. Setelah kalah telak 1-4 pada leg pertama, Blaugrana hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang PSG pada leg kedua.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terburuk Xavi Hernandez Selama Melatih Barcelona

2. Bertandang ke markas Napoli pada fase knock out UEL 2021/2022, Barcelona menang 4-2

3 Laga Tandang Terakhir Barcelona ke Markas Klub Italia, Dominan!Napoli melawan Barcelona di UEL 2021/2022. (fcbarcelona.com)

Barcelona sempat bertemu dengan Napoli di Liga Europa 2021/2022. Itu terjadi pada fase knock out setelah mereka terlempar dari Liga Champions karena hanya finis di posisi tiga grup. Blaugrana yang hanya meraih 7 poin kalah unggul dari Bayern Munich yang meraih 18 poin dan Benfica dengan 8 poin.

Setelah tak mampu menang dan hanya bermain imbang 1-1 di Camp Nou pada leg pertama, Barcelona mengamuk dan menang 4-2 saat bertandang ke Diego Armando Maradona Stadium pada leg kedua. Empat gol yang bersarang ke gawang Alex Meret dicetak empat pemain berbeda, yaitu Jordi Alba, Frenkie de Jong, Gerard Piqué, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Setelah mampu melewati adangan Napoli pada fase knock out dan menyingkirkan Galatasaray pada babak 16 besar, langkah Blaugrana harus terhenti pada babak perempat final. Anak asuh Xavi Hernandez dihentikan Eintracht Frankfurt pada babak ini. Setelah sempat bermain imbang 1-1 di kandang Frankfurt pada leg pertama, Barcelona justru kalah 2-3 saat bermain di kandang.

3. Barcelona kalah tipis 0-1 saat bertandang ke markas Inter Milan di UCL 2022/2023

3 Laga Tandang Terakhir Barcelona ke Markas Klub Italia, Dominan!Inter Milan melawan Barcelona di UCL 2022/2023. (fcbarcelona.com)

Laga tandang terakhir Barcelona ke markas klub Italia berakhir dengan kekalahan tipis. Itu terjadi pada babak grup Liga Champions 2022/2023. Datang ke markas Inter Milan di Giuseppe Meazza, Xavi Hernandez yang menurunkan Raphinha, Robert Lewandowski, dan Ousmane Dembélé tak mampu menembus rapatnya pertahanan Nerazzurri dan kalah dengan skor 0-1.

Satu-satunya gol yang tercipta pada laga itu dicetak Hakan Çalhanoğlu. Setelah menerima umpan dari Federico Dimarco, gelandang bertahan asal Turki itu melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Marc-André ter Stegen yang sempat mampu membaca arah bola pun tak mampu menghalau tendangan tersebut.

Sayangnya, Blaugrana tak berhak lolos ke babak 16 besar lantaran hanya finis di posisi tiga grup. Mereka hanya mengumpulkan 7 poin dari 6 laga. Bayern Munich yang selalu mememenangi semua laga berhak lolos ke babak 16 besar, ditemani Inter Milan dengan torehan 10 poin.

Barcelona akhirnya mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah selalu terhenti pada babak grup dalam dua edisi sebelumnya. Kali ini, seberapa jauh mereka mampu melangkah?

Baca Juga: 3 Alasan Performa Barcelona Menurun di Bawah Xavi pada 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya