6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!

Di antaranya termasuk Manchester United

Setelah beberapa kali sempat tergeser, Liverpool akhirnya kembali ke puncak klasemen sementara English Premier League (EPL) 2023/2024 pada pekan ke-30. Hal itu tak terlepas dari hasil imbang pada laga antara dua pesaing terkuat mereka, yaitu Arsenal dan Manchester City. Ketika kedua tim tersebut hanya meraih masing-masing satu poin, The Reds berhasil meraih poin maksimal setelah menang 2-1 atas Brighton & Hove Albion di Anfield, Minggu (31/3/2024). 

Meski begitu, anak asuh Jurgen Klopp tak boleh cepat puas. Pasalnya, mereka akan menghadapi rangkaian jadwal yang cukup pada April 2024. Liverpool perlu menghadapi enam tim berikut yang bisa saja menghambat langkah The Reds untuk merengkuh impian mengangkat trofi English Premier League 2023/2024.

1. Liverpool akan menjamu Sheffield United pada pekan ke-31

6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!Liverpool melawan Sheffield United pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Setelah menang atas Brighton & Hove Albion, Liverpool tak memiliki waktu yang lama untuk beristirahat. Pasalnya, mereka akan menjamu Sheffield United di kandang pada pekan ke-31, Jumat (5/4/2024) dini hari WIB. Meski begitu, di atas kertas, The Reds tentu lebih diunggulkan.

Jika dilihat dari lima pertemuan terakhir, Sheffield United selalu mampu dikalahkan oleh Liverpool. Namun, The Reds harus tetap menjaga kewaspadaan. Sheffield United yang kini masih terjebak di dasar klasemen tentu tak ingin begitu saja membiarkan Liverpool mencuri tiga poin dari mereka demi menjaga asa tetap bertahan di EPL musim depan.

Baca Juga: 3 Pencapaian Spesial Liverpool usai Kalahkan Brighton & Hove Albion

2. Datang ke markas Manchester United pada pekan ke-31 tak akan mudah bagi Liverpool

6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!Liverpool melawan Manchester United pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Laga tandang ke Old Trafford pada pekan ke-32, Minggu (7/4/2024) malam WIB, melawan Manchester United tentu tak akan mudah bagi Liverpool. Pertemuan antara kedua klub pada paruh pertama EPL musim menjadi buktinya. The Reds yang diprediksi mampu mengatasi perlawanan Marcus Rashford dkk. justru tak mampu mencetak satu gol pun.

Tak hanya itu, belum lama ini Liverpool juga takluk atas The Red Devils di ajang FA Cup. Setelah kedua tim saling berbalas gol, Liverpool akhirnya terpaksa mengakui kekalahan setelah Amad Diallo mencetak gol penentu kemenangan bagi Manchester United pada babak tambahan waktu. Kekelahan itu sekaligus membuat langkah Liverpool di FA Cup musim ini terhenti pada babak perempat final.

3. Crystal Palace tak pernah mampu mengalahkan Liverpool dalam 13 pertemuan terakhir

6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!Liverpool melawan Crystal Palace pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Lawan Liverpool pada pekan ke-33 EPL 2023/2024 adalah Crystal Palace. Di atas kertas, The Reds tentu lebih diunggulkan. Selain berbekal kemenangan 2-1 pada paruh pertama di kandang Crystal Palace, The Reds juga memiliki rekor mentereng atas klub asal London itu.

Liverpool tak pernah kalah dari Crystal Palace dalam 13 pertemuan terakhir. Kekalahan terakhir The Reds atas The Eagles telah terjadi pada paruh kedua EPL 2016/2017. Tertinggal lebih dahulu lewat gol Philippe Coutinho pada menit ke-24, Crystal Palace berhasil comeback berkat sontekan dua gol bomber mantan Liverpool yang kini berkarier di Major League Soccer, Christian Benteke.

4. Liverpool harus waspada saat tandang ke markas Fulham pada pekan ke-34

6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!Liverpool melawan Fulham pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Setelah bertindak sebagai tuan rumah pada paruh pertama EPL musim ini, berikutnya giliran Liverpool yang akan datang ke markas Fulham pada pekan ke-34, Minggu (21/4/2024) WIB. Meski di atas kertas lebih diunggulkan, The Reds tak boleh meremehkan The Cottagers. Bukan tanpa alasan, meski masih terjebak di papan tengah klasemen, Fulham beberapa kali tampil mengejutkan pada musim ini.

Alex Iwobi dkk. sempat menang telak 5-0 dalam dua laga beruntun di EPL musim 2023/2024 ini. Tottenham Hotspur yang menjadi lawan mereka pada pekan ke-29 juga kalah telak 0-3. Selain itu, salah satu yang paling mencuri perhatian tentu kemenangan 2-1 Fulham di kandang Manchester United yang terjadi pada pekan ke-26.

5. Performa buruk Everton harus dimanfaatkan Liverpool

6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!Liverpool melawan Everton pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Salah satu laga pekan ke-29, Everton versus Liverpool, baru akan dilaksanakan pada Kamis (25/4/2024) WIB. Laga yang bertajuk Derbi Merseyside itu akan berlangsung di markas Everton, Goodison Park. Performa buruk Everton di EPL musim ini seharusnya bisa jadi modal berharga yang harus dimanfaatkan oleh The Reds.

Sejak kalah dari Tottenham Hotspur pada pekan ke-18, Everton belum lagi meraih kemenangan. Tak hanya itu, mereka juga sempat dihukum pengurangan poin karena terbukti melanggar Financial Fair Play. Kedua faktor itu bikin Everton kini hanya berjarak tiga poin dari zona degradasi.

6. Liverpool akan datang ke markas West Ham United pada pekan ke-35

6 Lawan Liverpool di Premier League pada April 2024, Krusial!Liverpool melawan West Ham United pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

West Ham United akan menjadi tim EPL terakhir yang dihadapi Liverpool pada April 2024. Setelah bertindak sebagai tuan rumah pada paruh pertama, kini giliran Liverpool yang akan datang ke markas West Ham, Sabtu (27/4/2024). Berbekal kemenangan 3-1 pada paruh pertama, The Reds tentu ingin kembali menaklukan The Hammers.

Kemanangan Liverpool atas West Ham pada paruh pertama tak diraih dengan mudah. Gol pembuka Liverpool yang dicetak oleh Mohamed Salah mampu disamakan oleh Jarrod Bowen pada menit 42. Setelah hanya bermain imbang 1-1 pada babak pertama, Liverpool kembali unggul lewat gol Darwin Núñez menit 60. Diogo Jota kemudian melengkapi kemenangaan Liverpool lewat gol yang ia cetak pada menit 85.

Selain 6 laga di EPL, Liverpool juga akan melakoni 2 laga di Europa League pada April 2024 ini. Tugas Jurgen Klopp menghadapi padatnya jadwal tersebut tentu tak mudah. Pelatih asal jerman itu harus pintar mengotak-atik strategi. Bila perlu, rotasi pemain juga harus dilakukan demi menjaga kebugaran. 

Baca Juga: 4 Manajer yang Catatkan 300 Kemenangan Bersama Liverpool

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya