4 Alasan MU Tak Boleh Remehkan Coventry City pada Semifinal FA Cup

FA Cup menjadi harapan terakhir bagi MU

Duel antara Manchester United dan Coventry City akan tersaji pada babak semifinal FA Cup 2023/2024. Pertandingan antara tim Championship dan English Premier League tersebut akan dilaksanakan di Wembley, Minggu (21/4/2024) pukul 21.30 WIB.

Di atas kertas, Setan Merah tentu lebih dijagokan untuk menang pada laga ini dan lolos ke partai final. Coventry City yang hanya berlaga di kasta kedua sepak bola Inggris seharusnya mampu diatasi Bruno Fernandes dkk.

Meski begitu, pasukan Erik Ten Hag tak boleh menganggap remeh klub berjuluk The Sky Blues tersebut. Coventry City bisa saja membuat kejutan dan menyingkirkan Setan Merah.

1. Coventry City memiliki dua bomber tajam

4 Alasan MU Tak Boleh Remehkan Coventry City pada Semifinal FA CupEllis Simms (instagram.com/ellissimms)

Dua bomber Coventry City sedang dalam performa yang mengesankan pada musim ini. Ellis Simms telah tampil dalam 48 pertandingan dan telah mencetak 18 gol di berbagai ajang, 5 gol di antaranya tercipta di FA Cup. Dirinya juga menjadi pahlawan kemenangan Coventry City saat menyingkirkan Wolverhampton Wanderers pada babak perempat final.

Selain Simms, ada juga Haji Wright. Pemain asal Amerika Serikat itu telah mencetak 17 gol dari 45 penampilan di berbagai ajang. Dirinya juga mencetak satu gol ke gawang Wolves pada babak perempat final FA Cup.

Baca Juga: 5 Tim Non-EPL Terakhir yang Lolos ke Semifinal Piala FA per 2024

2. Pelatih Coventry City merupakan mantan pemain MU

4 Alasan MU Tak Boleh Remehkan Coventry City pada Semifinal FA CupMark Robins (ccfc.co.uk)

Keberadaan Mark Robins sebagai pelatih kepala Coventry City menjadi keuntungan tersendiri untuk menghadapi Setan Merah. Pasalnya, dirinya pernah menjadi bagian dari skuad Setan Merah ketika menjadi pemain. Pria yang kini berusia 54 tahun itu merupakan pemain jebolan akademi Setan Merah yang pernah membela tim utama pada 1988—1992.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, Mark Robins bisa saja membawa The Sky Blues lolos ke partai puncak dengan menyingkirkan Setan Merah pada babak ini. Pada babak sebelumnya, dirinya juga telah membuktikan bahwa tim kasta kedua mampu mengatasi tim EPL. Meski sempat tertinggal lebih dahulu, Coventry City berhasil comeback dan menang 3-2 atas Wolves.

3. MU tak mampu menang dalam empat laga terakhir di EPL

4 Alasan MU Tak Boleh Remehkan Coventry City pada Semifinal FA CupManchester United melawan Bournemouth di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Menjelang berakhirnya musim, MU justru mengalami penurunan performa di EPL. Anak asuh Ten Hag tak mampu meraih satu kemenangan pun dalam empat laga terakhirnya. Hasil buruk itu membuat mereka terancam gagal tampil di Liga Champions Eropa pada musim depan.

Dari 4 laga terakhir di EPL, Setan Merah meraih 3 hasil seri dan 1 kekalahan. Satu kekalahan tersebut didapat saat bertandang ke markas Chelsea pada pekan ke-31. Cole Palmer menjadi pahlawan kemenangan The Blues pada laga itu dengan mencetak hattrick.

4. Trofi FA Cup adalah harapan terakhir MU

4 Alasan MU Tak Boleh Remehkan Coventry City pada Semifinal FA CupLiverpool melawan Manchester United pada paruh pertama EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Trofi FA Cup menjadi satu-satunya trofi yang masih bisa diraih Setan Merah pada musim ini. Anak asuh Ten Hag telah tersingkir dari UCL dan Carabao Cup. Sedangkan di EPL, mereka bahkan terancam tak mampu meraih tiket ke UCL musim depan. Dari 32 laga yang telah dijalani, Setan Merah meraih 50 poin, berjarak 23 poin dari Manchester City yang untuk sementara berada di puncak klasemen.

Jika mampu mengalahkan Coventry City pada babak semifinal, Setan Merah masih harus menghadapi lawan tangguh pada babak final. Marcus Rashford dkk. akan bertemu pemenang antara Manchester City dan Chelsea. Pada 2022/2023, The Citizens keluar sebagai juara FA Cup setelah mengalahkan Setan Merah pada babak final.

Kegagalan di FA Cup akan membuat posisi Ten Hag terancam. Oleh karena itu, pasukan Setan Merah tak boleh menganggap remeh laga melawan Coventry City yang dilaksanakan di Wembley nanti.

Baca Juga: Kemenangan Dramatis Coventry City Teruskan Tradisi Magis Piala FA

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya