6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024

Alex Iwobi menjadi pahlawan kemenangan Fulham

Pekan ke-26 English Premier League 2023/2024 menyajikan beberapa momen menarik. Salah satunya ialah performa apik yang ditampilkan sejumlah pemain asal Benua Afrika. Dari sederet pemain asal Afrika yang berlaga pada pekan, enam di antaranya mampu mencetak gol. 

Dua nama di antara enam pemain tersebut menjadi aktor kemenangan Fulham pada pekan ini. Bertandang ke markas Manchester United, The Cottagers menang dengan skor 2-1, Sabtu (24/2/2024). Dua gol yang bersarang ke gawang Andre Onana dicetak oleh Calvin Bassey dan Alex Iwobi.

Termasuk Bassey dan Iwobi, berikut enam pemain asal benua Afrika yang mencetak gol pada pekan ke-26 EPL 2023/2024.

1. Satu gol Leon Bailey bawa Aston Villa kalahkan Nottingham Forest

6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024Leon Bailey (premierleague.com)

Setelah mampu meraih tiga poin di kandang Fulham pada pekan sebelumnya, Aston Villa kembali meraih kemenangan pada pekan ini. Menjamu Nottingham Forest, The Villans tampil meyakinkan dan menang dengan skor 4-2. Leon Bailey mencetak gol terakhir Aston Villa pada menit 61.

Dengan satu gol yang tercipta pada laga tersebut, Bailey kini telah mengoleksi delapan gol di EPL musim ini. Capaian itu telah melewati torehan golnya pada musim lalu. Di EPL 2022/2023, pemain asal Jamaika ini telah mencetak 4 gol dari 33 penampilan.

Baca Juga: Rapor 5 Laga Manchester United di EPL Sepanjang Februari 2024

2. Moussa Niakhaté mencetak gol pertamanya di Premier League

6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024Moussa Niakhaté (nomor 19) (premierleague.com)

Pekan ke-26 EPL 2023/2024 menjadi momen penting bagi Moussa Niakhaté. Pemain asal Senegal itu untuk pertama kalinya mencetak gol di kompetisi teratas sepak bola Inggris. Sayangnya, satu golnya ke gawang Aston Villa belum mampu bawa Nottingham Forest meraih kemenangan.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu hijrah dari Bundesliga ke EPL pada musim panas 2022. Oleh Nottingham Forest, dirinya diboyong dari Mainz dengan biaya sebesar 19 juta euro Rp168 miliar. Ia menyetujui kontrak berdurasi 3 tahun yang akan membuatnya menjadi bagian dari The Tricky Trees hingga 2025 mendatang.

3. Jordan Ayew bawa Crystal Palace raih kemenangan meyakinkan

6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024Jordan Ayew (premierleague.com)

Setelah tak mampu meraih kemenangan dalam tiga laga sebelumnya, Crystal Palace meraih kemenangan meyakinkan pada pekan ini. Menjamu Burnley di kandang, The Eagles menang dengan skor 3-0. Jordan Ayew menjadi salah satu pencetak gol pada laga itu.

Chris Richards membuka keunggulan The Eagles pada menit 68 lewat tandukan kepala. Tiga menit berselang, giliran Ayew yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan Matheus França dari sisi kiri, pemain asal Ghana itu melakukan sontekan ke gawang setelah lepas dari penjagaan para pemain bertahan lawan. Pada menit 79, Jean-Philippe Mateta mencetak gol ketiga The Eagles dari titik putih.

4. Yoane Wissa tak mampu bawa Brentford raih poin di kandang West Ham United

6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024Yoane Wissa (tengah) (brentfordfc.com)

Yoane Wissa hanya tampil sebagai pemain pengganti pada pekan ini. Oleh pelatih Brentford, Thomas Frank, ia diturunkan pada menit 73 untuk menggantikan Neal Maupay dalam laga melawan West Ham United. Beberapa menit berselang, pemain asal Kongo itu langsung berkontribusi dengan mencetak gol pada menit 82.

Sayangnya, satu gol itu belum mampu membawa The Bees meraih kemenangan. Brentford gagal mencuri satu poin pun di kandang The Hammers lantaran kalah dengan skor 2-4. Meski begitu, kontribusi Wissa pada laga itu menjadi modal yang bagus baginya untuk mendapat menit bermain lebih pada laga berikutnya.

5. Calvin Bassey bawa Fulham raih tiga poin di Old Trafford

6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024Calvin Bassey (fulhamfc.com)

Duel antara Manchester United dan Fulham menjadi salah satu laga yang paling menarik pada pekan ini. The Red Devils yang sebelumnya meraih empat kemenangan beruntun justru tak mampu berbuat banyak saat menjamu Fulham di Old Trafford. The Cottagers berhak meraih tiga poin berkat dua gol yang dicetak oleh Calvin Bassey dan Alex Iwobi.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor kacamata, Bassey membuka keunggulan Fulham pada menit 65. Proses gol tersebut berawal dari tendangan pojok yang dieksekusi oleh mantan pemain MU, Andreas Pereira. Bassey yang menerima bola langsung melepaskan tendangan ke gawang MU. Sempat mengenai rekan setimnya, pemain asal Nigeria itu kembali melepaskan tendangan keras yang tak mampu ditepis oleh Onana. 

6. Alex Iwobi menjadi pahlawan kemenangan Fulham atas Manchester United

6 Pemain Afrika Cetak Gol pada Pekan Ke-26 Premier League 2023/2024Alex Iwobi (premierleague.com)

Alex Iwobi menjadi pahlawan kemenangan Fulham atas MU pada pekan ini. Setelah Bassey membawa Fulham unggul pada menit 65, Harry Maguire mencetak gol penyama kedudukan 89. Iwobi kemudian mencetak gol kemenangan bagi The Cottagers pada menit 90+7.

Gol ke gawang Onana itu sekaligus menjadi gol keempat Iwobi di EPL musim ini. Menariknya, gol-gol yang ia cetak sebelumnya selalu membawa Fulham meraih kemenangan. Pada pekan ke-13, ia mencetak satu gol dan membawa Fulham menang 3-2 atas Wolverhampton Wanderers. Kemudian, pada pekan ke-15, ia mencetak 2 dari 5 gol Fulham yang bersarang di gawang Nottingham Forest.

Kontribusi para pemain tersebut membuktikan bahwa meraka layak bersaing dengan para pemain top yang merumput di EPL. Pada pekan berikutnya, siapa di antara para pemain di atas yang akan kembali mampu mencetak gol?

Baca Juga: Rapor 5 Laga Liverpool di EPL Sepanjang Februari 2024, Ganas!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya