5 Pemain Barca Terakhir yang Hengkang ke Luar Eropa, Busquets Terbaru

Sergio Busquets dan Lionel Messi reuni di Inter Miami

Berstatus sebagai salah satu klub top Eropa, Barcelona memiliki daya tarik yang besar bagi banyak pemain. Apalagi, sejumlah pemain top dunia pernah bermain untuk klub asal Catalan tersebut. Mulai dari Diego Maradona hingga Lionel Messi telah menunjukkan kualitas mereka di klub ini.

Hal tersebut secara otomatis membuat persaingan antarpemain di dalam skuad menjadi ketat. Beberapa klub lain kadang mengambil kesempatan di tengah situasi tersebut dengan mencoba merekrut mereka. Tak hanya klub Eropa, tetapi juga klub luar Eropa.

Sergio Busquets menjadi pemain Barcelona terbaru yang hengkang ke klub luar Eropa. Pemain yang pada 2022/2023 lalu masih menjadi kapten tim tersebut dipastikan telah bergabung dengan klub asal Amerika Serikat, Inter Miami. Ia akan reuni dengan mantan rekan setimnya, Lionel Messi. Sebelum Busquets, tercatat ada beberapa pemain Barcelona yang memilih hengkang ke klub luar Eropa.

1. Matheus Fernandes

5 Pemain Barca Terakhir yang Hengkang ke Luar Eropa, Busquets TerbaruMatheus Fernandes (instagram.com/matheusfernandes)

Pertama, ada Matheus Fernandes. Ia merupakan pemain berusia 24 tahun asal Brasil. Pemain yang memiliki nama lengkap Matheus Fernandes Siqueira tersebut biasa bermain sebagai gelandang bertahan.

Fernandes menjadi bagian dari Barcelona sejak didatangkan dari Palmeiras pada Januari 2020. Kebersamaannya bersama Barcelona tak berlangsung lama. Pada Juli 2021, ia pulang ke Palmeiras dengan status bebas transfer.

2. Dani Alves

5 Pemain Barca Terakhir yang Hengkang ke Luar Eropa, Busquets TerbaruDani Alves (instagram.com/danialves)

Tak berlebihan rasanya menyebut pemain ini sebagai salah satu legenda klub. Bagaimana tidak, selain cukup lama berseragam Barcelona, Dani Alves juga telah memenangi banyak gelar. Pemain berusia 40 tahun itu menjadi bagian dari Barcelona dalam 2 periode yang berbeda.

Periode pertama berlangsung pada 2008—2016 sebelum bergabung dengan Juventus pada musim panas 2018. Sempat bermain untuk beberapa klub lain, ia kembali berseragam Barcelona pada November 2021. Perjalanan Alves bersama Barcelona pada periode kedua tak berlangsung lama. Pada musim panas 2022, pemain asal Brasil tersebut hengkang ke klub asal Meksiko, UNAM Pumas, dengan status bebas transfer.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Ilkay Guendogan, Rekrutan Baru Barcelona

3. Riqui Puig

5 Pemain Barca Terakhir yang Hengkang ke Luar Eropa, Busquets TerbaruRiqui Puig (twitter.com/RiquiPuig)

Riqui Puig merupakan pemain jebolan akademi Barcelona yang sempat bermain untuk tim senior. Kebersamaannya dengan tim senior Barcelona terjadi pada 2020—2022. Selama 2 musim tersebut, ia berhasil mencatatkan 57 pertandingan dan mencetak 2 gol dan 3 assist.

Pada Agustus 2022, meski masih memiliki masa depan di Barcelona, ia memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Amerika dengan bermain untuk LA Galaxy.  Bersama tim yang berbasis di Carson, California, tersebut, ia telah bermain dalam 32 pertandingan. Ia juga turut menyumbangkan 5 gol dan 4 assist.

4. Miralem Pjanic

5 Pemain Barca Terakhir yang Hengkang ke Luar Eropa, Busquets TerbaruMiralem Pjanic (instagram.com/miralem_pjanic)

Miralem Pjanic menjadi nama berikutnya dalam daftar ini. Pemain berkebangsaan Bosnia-Herzegovina tersebut hengkang ke klub asal Uni Emirat Arab, Sharjah FC. Oleh klub tersebut, ia terikat kontrak hingga Juni 2024.

Pjanic berseragam Barcelona selama 2 musim pada 2020—2022. Selama itu, ia berhasil mencatatkan 30 pertandingan di semua ajang. Ia juga berhasil membawa Barcelona menjuarai Piala Spanyol pada 2020/2021. 

5. Sergio Busquets

5 Pemain Barca Terakhir yang Hengkang ke Luar Eropa, Busquets TerbaruSergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Tak lama setelah mengumumkan kedatangan Lionel Messi, Inter Miami dipastikan juga mendatangkan kapten Barcelona dan Timnas Spanyol, Sergio Busquets. Pemain berusia 34 tahun tersebut hengkang dari Barcelona setelah membela klub tersebut sejak musim panas 2008.

Busquets telah cukup lama menjadi sosok sentral di lini tengah Barcelona. Selama 15 musim, peraih trofi Piala Dunia 2010 tersebut telah mempersembahkan berbagai gelar. Sebanyak 3 trofi Liga Champions dan 9 trofi LaLiga rasanya lebih dari cukup menjadikannya sebagai salah satu legenda klub.

Reuni Sergio Busquets dan Lionel Messi di Inter Miami akhirnya terwujud. Keduanya mengemban tugas yang berat lantaran klub milik David Beckham tersebut masih bertengger di dasar klasemen. Mampukah mereka membawa Inter Miami bangkit dan beranjak dari keterpurukan?

Baca Juga: 5 Target Barcelona pada Bursa Transfer Musim Panas 2023

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya