6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023

Seluruhnya masih berusia muda

Aktivitas transfer Barcelona pada musim panas 2023 cukup menarik perhatian. Meski baru mendatangkan tiga pemain baru, Blaugrana dipastikan telah melepas beberapa pemainnya. Beberapa nama bahkan tak asing dengan klub tersebut. Sebut saja Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Samuel Umtiti.

Selain melepas beberapa pemain secara permanen, klub dengan koleksi 27 trofi Liga Spanyol tersebut juga melepas beberapa di antaranya sebagai pemain pinjaman ke klub lain. Setidaknya ada enam pemain Barcelona yang dipastikan akan bermain untuk klub lain sebagai pinjaman pada musim panas 2023. Siapa saja pemain tersebut dan bagaimana kiprahnya? Berikut ulasannya.

1. Chadi Riad dipinjamkan ke Real Betis selama semusim

6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Chadi Riad (instagram.com/chadiriad17)

Chadi Riad merupakan pemain berpaspor Maroko yang berposisi sebagai pemain bertahan. Untuk mengasah kemampuan ketika junior, ia sempat merasakan beberapa akademi klub sebelum akhirnya bergabung dengan akademi Barcelona pada 2019. Saat itu, ia pindah dari akademi RCD Mallorca setelah berada di sana sejak 2015.

Meski baru dipromosikan ke tim utama Blaugrana pada musim panas 2023, pemain berusia 20 tahun ini telah mencatatkan debut profesional. Kesempatan itu datang ketika Barcelona bertemu dengan Osasuna di pekan ke-14 LaLiga 2022/2023. Di pertandingan itu, Blaugrana berhasil menang dengan skor 2-1 berkat gol yang dicetak oleh Pedri dan Raphinha. Riad yang saat itu berstatus sebagai pemain Barcelona Atlètic masuk menggantikan Pedri menjelang akhir pertandingan.

Pada 2023/2024, Riad akan membela Real Betis sebagai pemain pinjaman selama semusim. Hal ini tentu bagus untuknya demi mendapat menit bermain. Jika mampu membuktikan kualitasnya, bukan tidak mungkin ia akan menembus skuad utama Barcelona setelah masa peminjamannya selesai.

2. Pablo Torre dipinjamkan ke Girona demi menambah jam terbang

6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Pablo Torre (instagram.com/pablotorree)

Pablo Torre baru semusim membela Barcelona. Pada musim panas 2022, ia diboyong dari Racing dengan biaya sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar. Oleh Blaugrana, pemain berusia 20 tahun ini terikat kontrak hingga 2026.

Selama semusim itu, Torre telah bermain dalam 13 pertandingan. Berposisi utama sebagai seorang gelandang, ia juga berhasil mengoleksi 1 gol dan 1 assist. Satu-satunya gol berhasil ia cetak di ajang UEFA Champions League (UCL) ke gawang Viktoria Plzen.

Digadang-gadang sebagai salah satu talenta paling menjanjikan yang dimiliki Spanyol, Torre tentu membutuhkan menit bermain yang cukup untuk mampu membuktikan kualitasnya. Oleh karena itu, ia dipinjamkan ke Girona hingga akhir 2023/2024. Bersama Blanquivermells, ia telah mencatatkan 2 pertandingan sejauh ini.

3. Julián Araujo akan bermain bersama Munir El Haddadi di UD Las Palmas

6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Julián Araujo (udlaspalmas.es)

Julián Araujo merupakan pemain berkebangsaan Meksiko yang berposisi sebagai bek kanan. Pada musim dingin 2023, ia bergabung dengan Barcelona Atlètic dari klub Amerika Serikat, LA Galaxy. Sebelumnya, ia telah berada di akademi LA Galaxy sejak musim dingin 2018 dan dipromosikan ke tim utama pada 2019.

Pemain berusia 22 tahun ini resmi menjadi bagian dari tim utama Barcelona sejak musim panas 2023. Meski begitu, ia akan menghabiskan musim 2023/2024 bersama UD Las Palmas sebagai pemain pinjaman. Di UD Las Palmas, ia akan bermain bersama mantan pemain Barcelona, Munir El Haddadi.

Baca Juga: 7 Pemain yang Dilepas Villarreal pada Musim Panas 2023

4. Estanis Pedrola akan berkarier di Serie B Italia pada 2023/2024

6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Estanis Pedrola (instagram.com/estaanispf)

Estanis Pedrola telah mengasah kemampuannya di akademi Barcelona sejak 2021. Kerja kerasnya membuahkan hasil setelah ia resmi menjadi bagian dari tim utama Barcelona pada musim panas 2023. Meski begitu, ia telah mencatatkan 1 pertandingan untuk tim utama ketika melawan RCD Mallorca di LaLiga 2021/2022.

Pemain berusia 20 tahun ini akan bermain di Serie B Italia pada 2023/2024. Sampdoria meminjamnya untuk menambah opsi di lini serang. Il Blucerchiati memiliki opsi untuk mempermanenkannya pada akhir musim dengan biaya sebesar 3 juta euro atau sekitar Rp49 miliar.

5. Álex Valle akan bermain di LaLiga2 bersama Levante

6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Álex Valle (instagram.com/alexxv_8)

Álex Valle dipromosikan ke tim utama Barcelona pada musim panas 2023. Sebelumnya, ia telah menghabiskan masa mudanya di akademi Barcelona. Pemain kelahiran Badalona ini tercatat pernah bermain untuk tim U-16, U-18, U-19, dan Barcelona Atletic. Ketika menjadi bagian dari Barcelona Atletic, ia sempat dipinjamkan ke Andorra selama setengah musim.

Meski begitu, pemain berusia 29 tahun ini tak akan bermain untuk Barcelona pada 2023/2024. Hal itu terjadi karena ia dipinjamkan ke Levante selama semusim. Ia diproyeksikan untuk menambah kekuatan di lini pertahanan Granotes.

6. Sergino Dest akan bermain di Eredivisie bersama PSV Eindhoven

6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Sergiño Dest (instagram.com/sgd_2)

Sergiño Dest telah menjadi bagian dari Barcelona sejak 2020. Saat itu, ia direkrut dari raksasa Belanda, Ajax Amsterdam. Dibeli dengan harga 21 juta euro atau sekitar Rp347 miliar, ia diikat kontrak hingga 2025.

Pemain Timnas Amerika Serikat ini akan kembali menjalani masa peminjaman setelah sempat dipinjamkan ke AC Milan pada 2022/2023. Kali ini, PSV Eindhoven meminjamnya selama semusim untuk berlaga di Eredivisie 2023/2024. Perjanjian antara kedua tim juga berisi bahwa klub berjuluk Boeren memiliki opsi untuk mempermanenkannya pada akhir musim.

Untuk mampu menembus skuad utama Barcelona dan bermain secara reguler memang tidak mudah. Telah banyak pemain yang harus tersingkir karena tak mampu membuktikan kualitasnya. Opsi peminjaman ke klub lain bisa menjadi jalan keluar untuk tetap mendapat menit bermain dan menambah jam terbang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hanya Semusim Berseragam Barcelona, Kessie Terbaru

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya