5 Pemain Baru VfB Stuttgart Telah Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024

Undav dan Guirassy tajam

VfB Stuttgart menjadi salah satu tim yang mengejutkan di Bundesliga Jerman 2023/2024. Hingga pekan ke-22, mereka berada di posisi tiga klasemen. Klub berjuluk Die Schwaben itu telah meraih 46 poin dari hasil 15 kemenangan, 1 seri, dan 6 kekalahan. Mereka berjarak 12 poin dari Bayer Leverkusen di posisi puncak dan 4 poin dari Bayern Munich di posisi kedua.

Torehan apik itu berbanding terbalik dengan capaian mereka pada musim sebelumnya. Lantaran finis di posisi 16, mereka harus menjalani laga playoff demi bisa tetap berlaga di kasta teratas. Untungnya, mereka mampu mengatasi Hamburg dengan memenangi dua laga sekaligus.

Apa yang dilakukan Stuttgart pada bursa transfer tampaknya berperan penting atas performa cemerlang mereka musim ini. Sejumlah pemain baru mampu menampilkan performa terbaik mereka. Bahkan, dari sederet pemain baru di skuad Stuttgart pada musim ini, lima di antaranya telah mencetak gol di Bundesliga. 

1. Baru datang pada Februari 2024, Mahmoud Dahoud telah mencetak 1 gol dari 3 penampilan

5 Pemain Baru VfB Stuttgart Telah Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024Mahmoud Dahoud (vfb.de)

Yang pertama, ada pemain yang baru dipinjam dari Brighton & Hove Albion pada Februari 2024, Mahmoud Dahoud. Bundesliga bukan tempat yang asing baginya. Sebelum berlabuh ke Inggris, ia tercatat pernah membela Borussia Dortmund.

Dari 3 penampilan bersama Stuttgart, Dahoud telah mencetak 1 gol. Satu-satunya gol tersebut tercipta ketika Stuttgart meraih tiga poin di kandang Darmstadt pada pekan ke-22. Tampil menggantikan Deniz Undav pada menit 81, Dahoud mencetak gol sembilan menit berselang.

2. Penampilan apik Jamie Leweling memungkinkan Stuttgart memermanenkannya

5 Pemain Baru VfB Stuttgart Telah Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024Jamie Leweling (nomor 18) (instagram.com/jamieleweling)

Jamie Leweling menjadi salah satu pemain yang selalu tampil dalam 22 laga yang telah dijalani Stuttgart di Bundesliga 2023/2024. Berposisi sebagai penyerang sayap, ia telah mencetak 3 gol. Itu tercipta ke gawang RB Leipzig pada pekan ke-19 dan Mainz pada pekan ke-21.

Pemain berusia 22 tahun itu didatangkan pada musim panas 2023. Oleh Stuttgart, ia dipinjam selama semusim dari Union Berlin. Dengan penampilan apiknya di lini serang, bukan tidak mungkin Stuttgart akan mempermanenkannya pada musim panas 2024 nanti.

Baca Juga: 3 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad VfB Stuttgart pada 2023/2024

3. Berposisi sebagai bek, Maximilian Mittelstädt telah mencetak 2 gol dari 22 penampilan

5 Pemain Baru VfB Stuttgart Telah Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024Maximilian Mittelstädt (vfb.de)

Tak hanya para penyerang, Maximilian Mittelstädt yang berposisi utama sebagai bek kiri juga turut mencetak gol di Bundesliga musim ini. Dari total 20 penampilan, pemain yang direkrut dari Hertha BSC pada musim panas 2023 itu telah mencetak 2 gol dan 2 assist. Gol pertamanya tercipta saat Stuttgart menang 3-1 di kandang SC Freiburg pada pekan ke-20. Sedangkan, gol kedua tercipta pada pekan berikutnya saat Stuttgart menang 3-1 atas Mainz.

Tak hanya itu, Mittelstädt juga berperan penting atas kokohnya pertahanan Stuttgart pada musim ini. Baru ada 28 gol yang tercipta ke gawang mereka sejauh ini. Capaian itu hanya kalah dari Bayer Leverkusen dengan 15 gol, Bayern Munich dengan 25 gol, dan Borussia Dortmund dengan 27 gol.

4. Dipinjam dari Brighton, Deniz Undav telah mencetak 14 gol

5 Pemain Baru VfB Stuttgart Telah Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024Deniz Undav (bundesliga.com)

Stuttgart memiliki dua penyerang mematikan pada musim ini. Selain Serhou Guirassy, ada juga Deniz Undav yang didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Brighton pada musim panas 2023. Dari 19 penampilan, pemain berusia 27 tahun itu telah mencetak 14 gol dan 5 assist.

Beberapa golnya terasa sangat berarti lantaran mampu membawa Stuttgart meraih kemenangan. Salah satunya saat menang 2-1 atas Dortmund pada pekan ke-11. Sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Niclas Fuellkrug pada menit 36, Undav mencetak gol penyama kedudukan pada menit 42 sebelum akhirnya Serhou Guirassy menjadi pahlawan dengan mencetak gol penentu kemenangan pada menit 83.

5. Dibeli dengan biaya 9 juta euro, Serhou Guirassy telah mencetak 18 gol dari 16 penampilan

5 Pemain Baru VfB Stuttgart Telah Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024Serhou Guirassy (bundesliga.com)

Serhou Guirassy menjadi salah satu pembelian terbaik klub Bundesliga pada musim panas 2023. Diboyong dari Stade Rennais dengan biaya hanya sebesar 9 juta euro atau Rp151 miiar, ia langsung tampil tajam bersama Stuttgart. Striker asal Guinea itu telah mencetak 18 gol dari 16 penampilan.

Pemain yang sempat absen lantaran harus berlaga di Piala Afrika 2023 itu bahkan telah mencatatk dua hattrick di Bundesliga musim ini. Hattrick pertama tercipta saat Stuttgart menang 3-1 atas Mainz pada pekan ke-4. Sedangkan, hattrick kedua tercipta saat Stuttgart menang 3-1 atas VfL Wolfsburg.

Kehadiran para pemain di atas terbukti mampu membawa Stuttgart bersaing di papan atas Bundesliga 2023/2024. Di bawah asuhan Sebastian Hoeness, mampukah mereka konsisten hingga akhir musim?

Baca Juga: Penampilan Bek Tengah VfB Stuttgart pada Paruh Musim 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya