7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!

Memegang peran penting di timnya masing-masing

Belanda memiliki sederet pesepak bola hebat yang tersebar di liga-liga top Eropa. Kualitas yang dimiliki membuat klub-klub top Eropa tak ragu untuk merekrut mereka. Kasta teratas sepak bola Prancis, Ligue 1, menjadi salah satu tempat bagi beberapa pemain asal Belanda untuk membuktikan kehebatan mereka.

Pada 2023/2024 ini, terdapat tujuh pemain asal Belanda yang membela klub Ligue 1 Prancis. Hampir seluruhnya mampu menjadi andalan dengan memegang peran penting di klub masing-masing. Siapa saja mereka?

1. Pertama kali berkarier di luar negeri, Ibrahim Cissoko masih butuh waktu untuk beradaptasi

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Ibrahim Cissoko (instagram.com/icissoko_)

Musim ini merupakan musim pertama Ibrahim Cissoko berkarier di luar negeri. Oleh Toulouse, ia direkrut dari NEC Nijmegen pada musim panas 2023. Pemain berusia 20 tahun itu tampaknya masih butuh waktu untuk beradaptasi menunjukkan performa terbaiknya. Bersama Toulouse musim ini, ia sempat menepi selama beberapa pekan akibat cedera. Ia pun akhirnya baru tampil dalam 13 pertandingan di berbagai ajang sejauh ini.

Baca Juga: 5 Klub Ligue 1 Prancis yang Terancam Degradasi per Maret 2024

2. Marco Bizot berperan penting membawa Brest bersaing di papan atas

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Marco Bizot (instagram.com/marcobizot)

Secara mengejutkan, Stade Brestois bersaing di papan atas klasemen sementara Ligue 1 2023/2024. Padahal, mereka hanya finis di posisi 14 pada musim sebelumnya. Capaian apik itu tak terlepas dari peran Marco Bizot di bawah mistar gawang. Dari 24 laga yang telah ia mainkan, kiper berusia 33 tahun itu telah mengoleksi 10 clean sheet. Peran krusialnya di lini pertahanan juga membuat Brest menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit sejauh ini di Ligue 1 2023/2024, yaitu 20 gol.

3. Dipinjam dari RC Lens, Stijn Spierings tampil apik bersama Toulouse

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Stijn Spierings (toulousefc.com)

Di Toulouse musim ini, Stijn Spierings hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dari RC Lens. Meski begitu, pemain berusia 28 tahun itu tampil mengesankan di lini tengah. Berposisi sebagai gelandang bertahan, ia menjadi andalan dan telah tampil dalam 17 pertandingan di Ligue 1 musim ini bersama Toulouse.

4. Pablo Rosario menjadi pemain kunci di skuad OGC Nice

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Pablo Rosario (ogcnice.com)

OGC Nice tampil penuh kejutan di Ligue 1 musim ini. Setelah memulai musim dengan tiga hasil imbang beruntun, mereka tampil perkasa dan tak terkalahkan dalam 13 laga pertama. Pablo Rosario, mantan pemain PSV Eindhoven, berperan penting atas capaian mengesankan itu. Meski berposisi utama sebagai gelandang bertahan, ia juga beberapa kali mampu tampil apik saat dimainkan sebagai bek tengah atau bek kanan. Sejauh ini, Rosario telah mencatatkan 23 penampilan dengan torehan 1 assist.

5. Emanuel Emegha tampil tajam bersama RC Strasbourg

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Emanuel Emegha (instagram.com/emanuelemegha)

Emanuel Emegha tampil cukup baik bersama RC Strasbourg musim ini. Baru bergabung pada musim panas 2023, ia tampil tajam dengan mengemas 7 gol dari 22 penampilan di Ligue 1 sejauh ini. Beberapa golnya terasa penting lantaran mampu menghindarkan timnya dari kekalahan. Sayangnya, RC Stasbourg masih tertahan di peringkat 12 klasemen sementara.

6. Stade Rennais belum pernah kalah saat Azor Matusiwa tampil

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Azor Matusiwa (instagram.com/azormatusiwa)

Penampilan apik Azor Matusiwa bersama Stade Reims pada paruh pertama musim 2023/2024 bikin Stade Rennais memboyongnya pada Januari 2024. Keputusan itu terbukti tepat sejauh ini. Dari 6 penampilan bersama klub barunya, Matusiwa belum sekali pun menelan kekalahan dengan catatan 5 kemenangan dan 1 seri. 

7. Thijs Dallinga menjadi andalan di lini depan Toulouse

7 Pemain Belanda di Ligue 1 Prancis 2023/2024, Dallinga Tajam!Thijs Dallinga (instagram.com/thijsdallinga)

Thijs Dallinga menjadi pemain muda paling bersinar di Toulouse musim ini. Ketajamannya di lini depan beberapa kali mampu membawa timnya meraih kemenangan. Dari 25 penampilan, pemain berusia 23 tahun itu telah mencetak 10 gol dan 2 assist. Ketajamannya tentu terus dibutuhkan demi mampu mengangkat performa Toulouse yang kini masih berada di posisi 11 klasemen sementara. 

Dari ketujuh pemain di atas, praktis hanya Ibrahim Cissoko yang masih mendapat menit bermain minim. Dengan usia yang masih 20 tahun, tentu ia memiliki waktu cukup banyak untuk membuktikan kualitas terbaiknya di Ligue 1.

Baca Juga: Kiprah Stade Brestois di Ligue 1 dalam 4 Musim Terakhir

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya