5 Pemain Belanda yang Pernah Cetak Gol untuk Borussia Dortmund

Ian Maatsen terbaru

Intinya Sih...

  • Ian Maatsen mencetak gol penting untuk Borussia Dortmund saat melawan Union Berlin, menjadikannya pemain Belanda kelima yang mencetak gol untuk klub tersebut.
  • Sebelum Maatsen, ada empat pemain Belanda lainnya yang pernah mencetak gol untuk Dortmund, termasuk Harry Decheiver dan Donyell Malen.
  • Donyell Malen menjadi pemain Belanda dengan gol terbanyak bersama Dortmund hingga saat ini, dengan 31 gol dari 103 penampilan.

Kemenangan 2-0 yang diraih Borussia Dortmund atas Union Berlin pada pekan ke-24 Bundesliga Jerman 2023/2024, Sabtu (2/3/2024), menjadi momen penting bagi pemain asal Belanda, Ian Maatsen. Tampil selama 90 menit, dirinya turut berkontribusi dengan mencetak satu gol pada laga itu. Sedangkan, satu gol lainnya dicetak Karim Adeyemi.

Faktanya, gol itu sekaligus menjadikan Maatsen sebagai pemain Belanda kelima yang pernah mencetak gol untuk Dortmund. Ia menyusul empat pemain lain yang pernah membobol gawang lawan untuk Die Borusssen.

Termasuk Maatsen, berikut lima pemain Belanda yang pernah mencetak gol untuk Borussia Dortmund.

1. Willi Lippens mencetak 16 gol dari 74 penampilan di berbagai ajang

5 Pemain Belanda yang Pernah Cetak Gol untuk Borussia DortmundWilli Lippens (twitter.com/BVB)

Yang pertama, ada pemain yang membela Dortmund  pada 1976—1979. Oleh Die Borussen, ia direkrut dari klub yang kini berlaga di kasta ketiga Jerman, Rot-Weiss Essen. Selepas membela Dortmund, dirinya hengkang ke klub Amerika Serikat, Dallas Tornado.

Selama 3 musim bersama Dortmund, Lippens mencetak 16 gol dari 74 penampilan di berbagai ajang. Meski berposisi utama sebagai winger, ia juga sering kali dimainkan sebagai ujung tombak. Sayangya, ia tak memenangi satu trofi pun bersama Die Borussen.

2. Harry Decheiver mendapat menit bermain yang minim bersama Borussia Dortmund

5 Pemain Belanda yang Pernah Cetak Gol untuk Borussia DortmundHarry Decheiver (kuning) (twitter.com/BVB)

Borussia Dortmund merupakan klub terakhir yang dibela Harry Decheiver sepanjang kariernya. Kebersamaannya bersama Die Borussen berawal ketika ia memutuskan untuk hengkang dari FC Utrecht pada November 1997. Pada akhir musim 1998/1999, ia memutuskan untuk gantung sepatu setelah hanya mendapat menit bermain yang minim bersama Die Borussen. 

Selama tak lebih dari 2 musim itu, ia mencatatkan 15 penampilan dengan torehan 3 gol dan 1 assist. Ketiga gol tersebut tercipta di Bundesliga 1997/1998 ke gawang dua klub berbeda. Satu gol ia cetak ke gawang VfL Bochum, sedangkan dua lainnya tercipta ke gawang VfB Stuttgart.

3. Berposisi sebagai bek tengah, Alfred Nijhuis mengoleksi 6 gol dari 75 penampilan

5 Pemain Belanda yang Pernah Cetak Gol untuk Borussia DortmundAlfred Nijhuis (heracles.nl)

Alfred Nijhuis merupakan pria yang kini menjabat sebagai head of scouting di salah satu klub Eredivisie Belanda, Heracles Almelo. Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, ia tercatat pernah membela lima klub berbeda. Salah satunya Borussia Dortmund pada 1998—2001.

Selama 3 musim itu, ia tampil dalam 75 pertandingan. Berposisi utama sebagai bek tengah, ia juga mengoleksi enam gol. Setelah performa dan menit bermainnya makin menurun, ia memutuskan untuk pensiun pada musim panas 2001.

4. Donyell Malen menjadi pemain Belanda dengan gol terbanyak bersama Borussia Dortmund

5 Pemain Belanda yang Pernah Cetak Gol untuk Borussia DortmundDonyell Malen (bvb.de)

Donyell Malen menjadi pemain Belanda dengan gol terbanyak bersama Borussia Dortmund sejauh ini. Sejak bergabung dari PSV Eindhoven pada musim panas 2001, ia telah mencetak 31 gol dari 103 penampilan. Oleh Die Borussen, ia masih terikat kontrak hingga 2026 mendatang.

Pemain yang mampu bermain di berbagai posisi di lini depan itu sedang menjalani musim yang mengesankan bersama Die Borussen. Penampilan apiknya sebagai penyerang membuat Edin Terzic terus memberi menit bermain kepadanya. Dari 30 penampilan di berbagai ajang musim ini, pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam itu telah mencetak 12 gol dan 4 assist.

5. Sempat mendapat menit bermain yang minim di Chelsea, Ian Maatsen apik bersama Dortmund

5 Pemain Belanda yang Pernah Cetak Gol untuk Borussia DortmundIan Maatsen (twitter.com/BVB)

Setelah sempat mendapat menit bermain yang minim bersama Chelsea, Ian Maatsen mampu menunjukkan kualitasnya bersama Dortmund sebagai pemain pinjaman. Sejak melakukan debutnya pada pekan ke-12 di Bundesliga musim ini, ia terus diandalkan sebagai bek kiri. Kerja kerasnya berbuah manis ketika ia mampu membawa Dortmund menang atas Union Berlin dengan mencetak satu gol.

Sebelum gol itu, Maatsen telah mencatatkan dua assist pada laga-laga sebelumnya. Dua assist tersebut tercipta pada laga melawan SC Freiburg dan FC Koln. Oleh Die Borussen, ia sendiri dipinjam hingga akhir musim 2023/2024. Jumlah golnya tentu masih bisa bertambah.

Performa apik Donyell Malen dan Ian Maatsen membuat mereka menjadi andalan di skuad Broussia Dortmund musim ini. Dengan kehadiran mereka, mampukah Die Borussen meraih trofi?

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya