5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Belanda, Reijnders Terbaru

Tijjani Reijnders diandalkan di level klub

Timnas Belanda bisa dibilang merupakan salah satu negara terkuat di Eropa dari dulu hingga kini. Nama-nama top telah silih berganti berjuang untuk De Oranje. Hal itu sekaligus membuat persaingan untuk membela Negara Kincir Angin itu kian sengit.

Beberapa nama baru muncul untuk mendapatkan menit bermain pertama untuk Timnas Belanda. Yang terbaru, Tijjani Reijnders mendapatkan kesempatan untuk debut dengan Timnas Belanda belum lama ini. Pemain AC Milan itu menyusul empat nama lain yang telah mencatatkan nama mereka dalam sejarah Timnas Belanda.

Berikut kami ulas lima pemain terakhir yang mencatatkan debut bersama Timnas Belanda.

1. Xavi Simons catatkan debut di timnas saat Piala Dunia 2022

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Belanda, Reijnders TerbaruXavi Simons dan Memphis Depay saat membela timnas Belanda. (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons merupakan pemain yang kembali menjadi bagian dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2023. Sempat hengkang ke PSV Eindhoven pada musim panas 2022 secara gratis, Les Parisiens kembali memboyongnya ke Princes Park dengan harga sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp65 miliar. Meski begitu, ia tidak merumput di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024 lantaran dipinjamkan ke RB Leipzig.

Selama semusim membela PSV Eindhoven, pemain berposisi sebagai gelandang serang itu menjadi andalan dan mencetak 22 gol dan 12 assist dari 48 pertandingan di berbagai ajang. Berkat penampilan apiknya tersebut, ia mendapat kesempatan untuk debut di Timnas Belanda. Menit pertamanya berhasil ia catatkan saat masuk menggantikan Memphis Depay pada menit ke-83 ketika Belanda bertemu dengan Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Pada pertadingan itu, Belanda berhasil menang 3-1 berkat gol yang dicetak Memphis Depay, Daley Blind, dan Denzel Dumfries.

2. Lutsharel Geertruida debut ketika Belanda dibantai Prancis

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Belanda, Reijnders TerbaruLutsharel Geertruida (instagram.com/lutshageertruida)

Lutsharel Geertruida merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord yang dipromosikan ke tim utama pada 2017/2018. Dalam beberapa musim terakhir, ia merupakan bek kanan andalan klub berjuluk De Club van Het Volk. Kerja kerasnya berbuah manis ketika Ronald Koeman memanggilnya ke skuad Belanda.

Pada 24 Maret 2023, Geertruida yang saat itu berusia 22 tahun mencatatkan debut untuk Timnas Belanda. Ia tampil sebagai starter pada pertandingan Belanda melawan Prancis di Kualifikasi Euro 2024. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 4-0 untuk Prancis itu, Geertruida yang dimainkan sebagai bek tengah bermain selama 87 menit sebelum digantikan oleh Tyrell Malacia.

Baca Juga: Kualifikasi Euro 2024: Belanda dan Denmark Sama-Sama Menang

3. Mats Wieffer mencatatkan debut ketika Belanda menang 3-0 atas Gibraltar

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Belanda, Reijnders TerbaruMats Wieffer (instagram.com/matswieffer)

Selain Lutsharel Geertruida, Mats Wieffer juga merupakan pemain Feyenoord yang ada dalam daftar ini. Ia didatangkan dari Excelsior pada musim panas 2022. Baru semusim membela De Club van Het Volk, ia mampu tampil apik sebagai gelandang hingga membuat nilai pasarnya naik signifikan.

Penampilan apiknya di level klub turut membuat Ronald Koeman memanggilnya ke Timnas Belanda. Pemain kelahiran 16 November 1999 itu akhirnya mencatatkan menit pertamanya untuk Belanda di Kualifikasi Euro 2024 pada 27 Maret 2023. Belanda yang pada saat itu bertemu Gibraltar berhasil menang meyakinkan dengan skor 3-0. 

4. Joey Veerman mencetak assist di laga debuntya

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Belanda, Reijnders TerbaruJoey Veerman (instagram.com/joeyveerman6)

Joey Veerman merupakan pemain yang telah menjadi bagian dari PSV Eindhoven sejak direkrut dari Heerenveen pada musim dingin 2022. Dibeli dengan harga 6 juta euro atau sekitar Rp98 miliar, ia menjelma pemain penting di klub berjuluk Boeren. Berposisi utama sebagai gelandang, ia mampu mencetak 9 gol dan 14 assist dari 50 pertandingan di semua ajang.

Kerja kerasnya berbuah manis ketika ia masuk dalam skuad Timnas Belanda di ajang UEFA Nations League 2022/2023. Menit pertamanya tercipta ketika Belanda bertemu dengan Italia di laga perebutan juara ketiga. Pada pertandingan itu, Belanda harus menerima kekalahan dengan skor 2-3 meski Joey Veerman mencetak 1 assist.

5. Debut Tijjani Reijnders berakhir dengan kemenangan meyakinkan atas Yunani

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Belanda, Reijnders TerbaruTijjani Reijnders (acmilan.com)

Tijjani Reijnders menjadi pemain terbaru yang mencatatkan debut di Timnas Belanda. Pemain AC Milan itu masuk di menit ke-65 menggantikan Marten de Roon ketika Belanda bertemu dengan Yunani dalam Kualifikasi Euro 2024. Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Philips Stadion itu, Belanda menang meyakinkan dengan skor 3-0 berkat gol yang dicetak Marten de Roon, Cody Gakpo, dan Wout Weghorst.

Pemanggilannya ke tim nasional tak lepas dari penampilan apiknya di level klub. Sebelum direkrut AC Milan pada musim panas 2023, ia merupakan pemain AZ Alkmaar. Bersama klub berjuluk Cheeseheads pada 2022/2023, ia tampil impresif dan mencatatkan 54 penampilan serta mencetak 7 gol dan 12 assist.

Kesempatan yang didapat para pemain tersebut untuk debut di Timnas Belanda tentu tak lepas dari performa mereka di level klub. Meski begitu, mereka dituntut untuk tetap konsisten jika tak mau tersingkir dari skuad Belanda. Setelah lima pemain tersebut, siapa yang akan menyusul debut bersama De Oranje?

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 14 AC Milan sebelum Tijjani Reijnders

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya