5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Indonesia, Ada Hokky Caraka

Salah satunya pemain PSIS Semarang

Timnas Indonesia telah memulai perjuangan menuju Piala Dunia 2026. Menjamu Brunei Darussalam di kandang pada leg pertama babak pertama kualifikasi zona Asia, anak asuh Shin Tae-yong (STY) berhasil menang telak 6-0. Untuk selanjutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan bertandang ke Brunei demi mampu mengamankan satu tempat di babak kedua atau fase grup bersama beberapa negara Asia lainnya.

Kemenangan telak yang diraih skuad Garuda itu terasa spesial bagi Hokky Caraka. Setelah sebelumnya menjadi andalan di beberapa kelompok umur, pemain PSS Sleman itu akhirnya mendapat kesempatan untuk mencatatkan menit pertamanya bersama timnas senior. Ia sekaligus menyusul empat pemain lain yang telah lebih dahulu catatkan debut bersama skuad Garuda.

1. Rafael Struick bermain selama 45 menit pada laga debutnya

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Indonesia, Ada Hokky CarakaRafael Struick (instagram.com/rafaelstruick)

Rafael Struick merupakan pemain kelahiran 27 Maret 2003 yang berposisi utama sebagai penyerang sayap. Ia resmi menjadi warga negara Indonesia setelah melalui proses naruralisasi. Kehadirannya membuat persaingan di lini depan skuad Garuda semakin sengit.

Pada 14 Juni 2023, Struick yang saat itu berusia 20 tahun, 2 bulan, dan 18 hari diberi kesempatan untuk melakoni debut bersama Timnas Indonesia. Pada pertandingan yang berakhir tanpa gol antara skuad Garuda dan Palestina itu, ia bermain selama 45 menit. Selain itu, ia juga telah mencatatkan 3 penampilan dan mencetak 2 gol untuk Timnas Indonesia kelompok umur.

2. Ivar Jenner catatkan debut ketika berusia 19 tahun

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Indonesia, Ada Hokky CarakaIvar Jenner (instagram.com/ivarjnr)

Ivar Jenner menjadi salah satu pemain muda potensial yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini. Permainan ciamiknya di lini tengah Timnas Indonesia dalam beberapa pertandingan, baik timnas senior maupun kelompok umur, mampu mencuri perhatian pencinta sepak bola Indonesia. Tak heran ia digadang-gadang sebagai pemain masa depan Timnas Indonesia.

Hingga saat ini, pemain kelahiran Utrecht, Belanda, itu telah mencatatkan 6 pertandingan untuk Timnas Indonesia, 2 di antaranya bersama timnas senior. Menit pertamanya bersama skuad Garuda tercipta pada pertandingan melawan Palestina di FIFA Match Day Juni lalu. Ia yang saat itu berusia 19 tahun dimainkan selama 19 menit oleh STY.

Baca Juga: Ivar Jenner: Ayo ke Eropa, Arkhan Fikri!

3. Shayne Pattynama catatkan debut ketika Indonesia menjamu Argentina

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Indonesia, Ada Hokky CarakaShayne Pattynama (instagram.com/s.pattynama)

Shayne Pattynama menjadi salah satu pemain yang dinaturalisasi di era pelatih STY. Setelah resmi menjadi warga negara Indonesia pada 24 Januari 2023, ia harus menunggu cukup lama untuk mencatatkan debut bersama skuad Garuda. Penampilan pertamanya bersama skuad Garuda terasa begitu spesial. Hal itu lantaran ia diberi kesempatan untuk tampil selama 45 menit ketika melawan sang juara Piala Dunia, Argentina, pada 19 Juni 2023.

Sebelum memulai karier profesional pada 2019, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu lebih dulu mengasah kemampuan di beberapa akademi di Belanda. Dua di antaranya adalah akademi Ajax Amsterdam dan FC Utrecht. Setelah sempat membela Telstar selama 2 musim pada 2019—2021, ia kemudian melanjutkan karier di Norwegia dengan membela Viking FK dan masih membela klub tersebut hingga kini.

4. Performa apik Wahyu Prasetyo bersama PSIS Semarang menarik perhatian STY

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Indonesia, Ada Hokky CarakaWahyu Prasetyo (instagram.com/psisfcofficial)

Wahyu Prasetyo menjadi salah satu bek tangguh di BRI Liga 1 2023/2024. Performa apik pemain yang biasa disapa Hulk itu bersama PSIS Semarang menarik perhatian STY. Menit pertamanya untuk Timnas Indonesia tercipta ketika skuad Garuda berhasil menang 2-0 atas Turkmenistan pada 8 September 2023.

Sepanjang gelaran Liga 1 2023/2024, pemain berusia 25 tahun itu selalu menjadi andalan di lini belakang Laskar Mahesa Jenar. Dari 15 pertandingan yang telah dijalani PSIS, ia tak pernah absen dalam satu pertandingan pun. Pemain kelahiran Batang, Jawa Tengah, itu juga beberapa kali ditugaskan sebagai kapten di beberapa pertandingan.

5. Hokky Caraka lakoni debut sebagai starter

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut di Timnas Indonesia, Ada Hokky CarakaHokky Caraka (pssleman.id)

Hokky Caraka semakin diandalkan di level klub. Untuk PSS Sleman di BRI Liga 1 2023/2024, ia telah tampil dalam 13 pertandingan. Berposisi utama sebagai striker, ia juga telah mencetak dua gol yang tercipta masing-masing ke gawang Persikabo 1973 dan Madura United. Kerja kerasnya bersama Laskar Sembada berbuah manis seiring dengan pemanggilannya ke timnas senior Indonesia.

Pada pertandingan melawan Brunei Darussalam, Kamis (12/10/2023), STY memainkan pemain jebolan Garuda Select itu sebagai starter. Ia menjadi ujung tombak bersama pemain yang mencetak hattrick, Dimas Drajad. Meski belum mampu mencetak gol, performa pemain berusia 19 tahun itu patut diapresiasi.

Banyak pemain muda yang telah mencatatkan debut untuk Timnas Indonesia di era STY. Beberapa di antaranya mampu menjawab kepercayaan yang diberikan dengan menampilkan permainan impresif di atas lapangan. Meski begitu, mereka harus tetap bekerja keras di level klub jika tak ingin posisinya di skuad Garuda tergeser oleh pemain lain.

Baca Juga: PSS Sleman Bakal Perpanjang Kontrak Hokky Caraka

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya