6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024

Ben Doak diberi kesempatan meski baru sembuh dari cedera

Skotlandia telah merilis nama-nama pemain jelang Euro 2024 di Jerman pertengahan Juni 2024 nanti. Sang juru taktik, Steve Clarke, memanggil sebanyak 28 pemain yang tersebar di beberapa klub. Nantinya, dua pemain akan tersingkir dari skuad Tartan Army lantaran hanya 26 pemain yang akan masuk skuad final Skotlandia untuk bertarung di Euro 2024.

Clarke turut menyertakan enam pemain yang kini tengah berkarier di English Premier League (EPL). Pengalaman mereka bermain di salah satu liga terbaik di dunia tersebut diharapkan mampu membawa Tartan Army meraih hasil maksimal.

Berikut enam pemain EPL yang dipanggil Skotlandia jelang Euro 2024.

1. Ryan Christie menjadi andalan di skuad Bournemouth

6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024Ryan Christie (instagram.com/ryanchristie2)

Ryan Christie menunjukkan performa yang menjanjikan bersama Bournemouth pada 2023/2024. Berposisi utama sebagai gelandang serang, ia menjadi motor serangan skuad asuhan Andoni Iraola. Kemampuannya bermain di beberapa posisi di lini tengah juga menjadikannya sebagai salah satu pemain penting di skuad Bournemouth.

Sepanjang musim 2023/2024, Christie mencatatkan 43 penampilan dengan torehan 1 gol dan 5 assist di berbagai ajang. Satu-satunya gol tersebut tercipta ke gawang Swansea City di ajang Carabao Cup. Bersama Timnas Skotlandia sejauh ini, pemain berusia 29 tahun itu mencatatkan 40 penampilan dengan torehan 5 gol.

2. John McGinn tampil gemilang bersama Aston Villa

6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024John McGinn (instagram.com/johnmcginn7)

Steve Clarke tentu saja memanggil John McGinn. Performa pemain berusia 29 tahun itu benar-benar mengesankan bersama Aston Villa pada 2023/2024 ini. Berstatus sebagai kapten tim, dirinya berhasil membawa Aston Villa finis di posisi empat besar EPL dan meraih tiket Liga Champions Eropa musim depan.

McGinn tampaknya akan menjadi salah satu pemain andalan Steve Clarke di Euro 2024 nanti. Dalam beberapa tahun terakhir, ia telah menjadi salah satu pemain utama di lini tengah Tartan Army. Sejak debut pada 29 Maret 2016, ia telah mencatatkan 57 caps dengan torehan 17 gol bersama Timnas Skotlandia.

3. Ben Doak diberi kesempatan meski baru sembuh dari cedera

6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024Ben Doak (instagram.com/bendoak._)

Ben Doak menjadi salah satu pemain yang paling mengejutkan di skuad Timnas Skotlandia proyeksi Euro 2024. Pasalnya, pemain berusia 18 tahun itu belum pernah sekali pun tampil untuk timnas senior. Selain itu, pemain milik Liverpool itu juga belum lama sembuh dari cedera.

Doak sebelumnya menepi sejak Desember 2013. Ia menderita cedera saat tampil membela Liverpool U-21 melawan Chelsea U-21 pada 17 Desember 2023. Dengan kesempatan yang diberikan, Steve Clarke berharap Ben Doak mampu bersaing dan masuk skuad final Timnas Skotlandia untuk bertarung di Euro 2024.

Baca Juga: 5 Fakta Ben Doak, Bintang Masa Depan Liverpool asal Skotlandia

4. Billy Gilmour menjadi andalan Roberto De Zerbi di Brighton & Hove Albion

6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024Billy Gilmour (instagram.com/billygilmourrr)

Billy Gilmour menjadi salah satu pemain muda yang dipanggil Timnas Skotlandia. Meski baru berusia 22 tahun, ia telah menjadi pemain penting di skuad Brighton & Hove Albion pada 2023/2024. Di berbagai ajang, Gilmour tampil dalam 41 laga dengan torehan 2 assist.

Bersama Tartan Army sejauh ini Gilmour telah mencatatkan 19 caps dengan torehan 1 gol. Satu-satunya gol tersebut tercipta ke gawang Prancis pada 17 Oktober 2023. Sayangnya, gol tersebut belum mampu membawa Skotlandia meraih kemenangan lantaran Prancis mengakhiri laga dengan menang 4-1.

5. Andrew Robertson sempat absen membela Liverpool selama beberapa pekan karena cedera

6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024Andrew Robertson (instagram.com/andyrobertson94)

Steve Clarke tentu saja tak melewatkan bek kiri milik Liverpool, Andrew Robertson. Pemain berusia 30 tahun itu telah menjadi kapten Timnas Skotlandia sejak beberapa tahun terakhir. Sejak debut pada 5 Maret 2014, Robertson telah mencatatkan 69 caps dengan torehan 3 gol untuk Tartan Army.

Performa Robertson di level klub pada 2023/2024 ini sejatinya tak terlalu bagus. Dirinya sempat absen dalam beberapa pekan karena cedera. Di berbagai ajang, ia mencatatkan 30 penampilan dengan torehan 3 gol dan 2 assist bersama The Reds.

6. Scott McTominay persembahkan trofi FA Cup untuk Manchester United

6 Pemain Premier League Dipanggil Timnas Skotlandia Jelang Euro 2024Scott McTominay (instagram.com/scottmctominay)

Scott McTominay sedang menjalani musim yang tak mudah bersama Manchester United. The Red Devils finis di posisi kedelapan di EPL. Meski begitu, McTominay berhasil mempersembahkan trofi FA Cup setelah mengalahkan Manchester City di partai final.

Pemain berusia 27 tahun itu tampaknya akan menjadi salah pemain andalan Steve Clarke di Euro 2024 nanti. Meski berposisi utama sebagai gelandang, McTominay seringkali memecah kebuntuan dalam laga-laga yang dijalani Timnas Skotlandia. Sejak debut pada 23 Maret 2018, ia mencatatkan 49 laga dengan torehan 8 gol dan 3 assist.

Di Euro 2024, Skotlandia harus menghadapi lawan-lawan yang tak mudah sejak babak grup. Tergabung di grup A, anak asuh Steve Clarke akan bersaing dengan Hungaria, Swiss, dan sang tuan rumah, Jerman.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci yang Bawa Celtic FC Juara Liga Skotlandia 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya