3 Pemain EPL yang Mencetak Gol pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023

Mohamed Salah menyelamatkan Mesir dari kekalahan

Piala Afrika 2023 resmi dimulai pada, Sabtu (13/1/2024). Pertandingan pertama mempertemukan antara tim tuan rumah, Pantai Gading menjamu Guinea-Bissau. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Pantai Gading menang dengan skor 2-0.

Pada beberapa pertandingan lain matchday pertama Piala Afrika 2024, ada sang juara bertahan, Senegal, yang meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 atas Gambia. Ada juga semifinalis Piala Dunia 2022, Maroko, yang menang mudah dengan skor 3-0 atas Tanzania.

Sederet pemain hebat turut meramaikan ajang paling bergengsi di benua Afrika tersebut, termasuk pemain-pemain yang sedang berkarier di English Premier League. Dari beberapa pemain EPL yang tampil pada matchday pertama Piala Afrika 2023, tiga di antaranya langsung mencetak gol. Siapa saja mereka?

1. Yoane Wissa (Brentford) selamatkan Kongo dari Kekalahan

3 Pemain EPL yang Mencetak Gol pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023Yoane Wissa (cafonline.com)

Yoane Wissa merupakan winger asal Kongo yang memperkuat Brentford. Oleh klub berjuluk The Bees tersebut, ia direkrut dari klub Prancis, FC Lorient, pada musim panas 2021. Biaya sebesar 10 juta euro atau Rp17 miliar dikeluarkan Brentford saat itu untuk menebusnya.

Bersama Brentford di EPL musim ini, ia menjadi pemain andalan di lini serang. Dirinya telah tampil dalam 19 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 2 assist. Salah satu golnya mampu menyelamatkan The Bees dari kekalahan atas Tottenham Hotspur pada pekan pertama.

Berjuang untuk negara, pemain berusia 27 tahun itu pun langsung tampil sejak menit pertama ketika Kongo berhadapan dengan Zambia pada, Rabu (17/1/2024). Sempat tertinggal lebih dulu pada menit 23, Wissa kemudian mencetak gol untuk Kongo pada menit 27 untuk membuat skor imbang 1-1. Selanjutnya, Kongo akan menghadapi Maroko pada, Minggu (21/1/2024).

Baca Juga: 3 Hasil Paling Mengejutkan pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023

2. Bertrand Traoré (Aston Villa) menjadi pahlawan kemenangan Burkina Faso atas Mauritania

3 Pemain EPL yang Mencetak Gol pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023Bertrand Traoré (instagram.com/bertrandtraore10)

Burkina Faso meraih kemenangan penting pada pekan pertama Piala Afrika 2023. Menghadapi Mauritania, mereka menang dengan skor 1-0. Bertrand Traoré, winger milik Aston Villa, menjadi pahlawan Burkina Faso pada pertandingan tersebut.

Pemain berusia 28 tahun itu tampil sejak menit 73 sebagai pemain pengganti. Setelah tak ada gol tercipta hingga menit 90, ia mencetak gol kemenangan Burkina Faso pada menit 90+6 lewat titik putih. Gol tersebut menjadi golnya yang ke-17 bersama tim nasional.

Burkina Faso tergabung dalam Grup D Piala Afrika 2023. Selain Mauritania, ada juga Aljazair dan Angola yang bersaing berebut tiket ke babak berikutnya. Selanjutnya, Traore dkk. akan menghadapi Aljazair pada, Sabtu (20/1/2024).

3. Mohamed Salah (Liverpool) menyelamatkan Mesir dari kekalahan

3 Pemain EPL yang Mencetak Gol pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023Mohamed Salah (premierleague.com)

Mesir yang merupakan finalis Piala Afrika 2021 hanya meraih satu poin pada pekan pertama Piala Afrika 2023. Menghadapi Mozambik, mereka bermain imbang dengan skor 2-2. Mohamed Salah, winger milik Liverpool, menjadi penyelamat Mesir setelah mencetak gol penyama kedudukan pada menit 90+7.

Mesir mampu memimpin lebih dulu pada laga itu. Striker yang merumput di Ligue 1 Prancis, Mostafa Mohamed, mencetak gol cepat pada menit 2. Mozambik kemudian mampu berbalik unggul dengan mencetak gol pada menit 55 dan 58. Mohamed Salah yang tampil sebagai kapten di laga itu menyelamatkan Mesir dari kekalahan setelah mampu mencetak gol di ujung laga lewat titik putih.

Mesir menjadi salah satu tim yang diunggulkan untuk menjuarai ajang ini. Bukan tanpa alasan, mereka adalah negara yang paling sering menjuarai Piala Afrika, yaitu sebanyak tujuh kali. Selain itu, kebaradaan beberapa pemain yang merumput di liga Eropa juga membuat Mesir begitu diperhitungkan.

Deretan pemain EPL tersebut mampu langsung tampil mencolok pada matchday pertama Piala Afrika 2023. Siapa pemain dari Premier League 2023/2024 nantinya yang bakal mengantar negaranya merengkuh trofi Piala Afrika 2023?

Baca Juga: 3 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten di Piala Afrika 2023

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya