5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023

Mayoritas masih berusia muda

Pamor Eredivisie Belanda bisa dibilang kalah ketimbang English Premier League (EPL). Meski begitu, para pemain yang merumput di Negara Kincir Angin memiliki daya tarik tersendiri di mata klub-klub EPL. Dari musim ke musim, pemain-pemain yang dinilai potensial milik klub Eredivisie berhasil digaet untuk merumput di liga yang disebut-sebut sebagai liga paling kompetitif di dunia, EPL.

Pada musim panas 2023, terdapat lima pemain yang hengkang dari Eredivisie untuk bergabung dengan klub EPL. Kualitas mereka akan diuji bersama para pemain top lain yang berkarier di tanah Britania Raya. Siapa saja pemain tersebut dan bagaimana kiprah mereka?

1. Jurrien Timber direkrut Arsenal setelah tampil apik bersama Ajax sejak 2020

5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023Jurrien Timber (arsenal.com)

Arsenal memperkuat lini pertahanan dengan mendatangkan Jurrien Timber dari Ajax Amsterdam. Mantan pemain andalan de Godenzonen ini diboyong dengan harga senilai 40 juta euro atau sekitar Rp659 miliar. The Gunners mengikatnya dengan kontrak jangka panjang hingga 2028.

Pemain berusia 22 tahun ini telah bermain untuk tim utama Ajax sejak dipromosikan pada 2020/2021. Sejak saat itu, ia menjadi pemain penting di lini belakang de Godenzonen. Bahkan, Pada 2022, pemain timnas Belanda ini dinobatkan sebagai pemain terbaik Eredivisie.

2. Milos Kerkez tampil mengesankan untuk AZ Alkmaar meski masih berusia 19 tahun

5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023Milos Kerkez (afcb.co.uk)

Milos Kerkez merupakan pemain berusia 19 tahun yang berasal dari Hungaria. Meski belum genap 2 tahun membela AZ Alkmaar, ia mampu tampil mengesankan hingga nilai pasarnya naik signifikan. Bournemouth tak mau menyia-nyiakan potensinya dan berhasil merekrutnya dengan biaya sebesar 17,8 juta euro atau sekitar Rp295 miliar.

Dibawah asuhan Pascal Jansen, Kerkez turut mengantarkan AZ Alkmaar finis di posisi keempat Eredivisie 2022/2023. Berposisi utama sebagai bek kiri, ia turut menyumbang 5 gol dan 7 assist dari 52 pertandingan. Salah satu golnya ia cetak ke gawang Lazio di Europa Conference League.

Baca Juga: 10 Potret Milos Kerkez, Pemain Baru AFC Bornemouth asal Hungaria

3. Calvin Bassey direkrut Fulham setelah semusim bermain untuk Ajax Amsterdam

5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023Calvin Bassey (fulhamfc.com)

Fulham memperkuat lini pertahanan setelah finis di posisi ke-10 sebagai tim promosi di EPL 2022/2023. The Lilywhites berhasil mendapatkan jasa pemain timnas Nigeria, Calvin Bassey. Ia direkrut dari Ajax Amsterdam dengan biaya sebesar 22,5 juta euro atau sekitar Rp371 miliar dengan durasi kontrak hingga 2027.

Pemain berusia 23 tahun ini hanya semusim membela de Godenzonen. Meski begitu, ia menjadi salah satu pemain penting di lini belakang. berposisi utama sebagai bek tengah, jebolan akademi Leicester City ini berhasil mencatatkan 39 pertandingan dan mencetak 1 gol dan 5 assist

4. Edson Álvarez berhasil meraih 2 trofi Eredivisie sebelum akhirnya digaet West Ham United

5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023Edson Álvarez (whufc.com)

Selanjutnya ada pemain andalan Timnas Meksiko. Kebersamaan Edson Álvarez dengan Ajax Amsterdam selama 4 musim resmi berakhir setelah ia menerima pinangan West Ham United. Oleh sang juara bertahan Europa Conference League, Alvarez diboyong dengan harga 38 juta euro atau sekitar Rp627 miliar dengan durasi kontrak hingga 2028.

Pemain berusia 25 tahun ini tak langsung menjadi andalan Ajax pada musim pertama. Meski begitu, ia mampu membuktikan diri pada musim selanjutnya dan berhasil menjadi andalan di lini tengah hingga ia akhirnya hengkang. Bersama de Godenzonen, ia berhasil meraih 2 trofi juara Eredivisie.

5. Mohammed Kudus akan bekerja sama dengan Edson Álvarez di bawah asuhan David Moyes

5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023Mohammed Kudus (ajax.nl)

Mohammed Kudus menjadi rekrutan terbaru klub EPL dari Eredivisie. West Ham United yang sebelumnya mendatangkan Edson Álvarez dari Ajax dipastikan juga telah memboyong Kudus dari klub yang sama. Kedua pemain tersebut akan bekerja sama di lini tengah The Hammers di bawah asuhan David Moyes.

Pemain Timnas Ghana ini telah menjadi bagian dari de Godenzonen sejak direkrut dari Nordsjaelland pada 2020. Selama membela Ajax, ia mencatatkan 87 pertandingan dan mencetak 27 gol dan 12 assist. Pemain berusia 23 tahun ini juga berhasil mengoleksi 2 trofi Eredivisie.

Kemampuan para pemain tersebut akan diuji di EPL. Hal itu tak akan mudah mengingat beberapa pemain yang telah lebih dulu hengkang dari Eredivisie ke EPL sulit beradaptasi dan menemukan permainan terbaiknya. Mampukah para pemain dalam daftar di atas tampil apik dan bersinar bersama klub yang mereka bela?

Baca Juga: 11 Fakta Mohammed Kudus, Gelandang Anyar West Ham United asal Ghana

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya