3 Pemain Italia yang Cetak Gol pada Jeda Internasional Maret 2024

Mateo Retegui tajam 

Tim nasional Italia berhasil meraih hasil maksimal pada jeda internasional Maret 2024. Anak asuh Luciano Spalletti berhasil mengalahkan dua negara yang mereka hadapi dalam laga persahabatan di Amerika Serikat, yaitu Venezuela dan Ekuador.

Venezuela yang menjadi lawan pertama berhasil dikalahkan dengan skor tipis 1-2. Sementara itu, Ekuador yang diperkuat pemain Chelsea, Moisés Caicedo, takluk atas Gli Azzurri dengan skor 0-2.

Empat gol Italia dalam dua laga itu dicetak tiga pemain berbeda. Salah satunya ialah kapten AS Roma, Lorenzo Pellegrini, yang mencetak gol cepat saat menghadapi Ekuador.

Termasuk Pellegrini, berikut tiga pencetak gol Italia pada jeda Internasional Maret 2024.

1. Mateo Retegui menjadi pahlawan kemenangan Italia atas Venezuela

3 Pemain Italia yang Cetak Gol pada Jeda Internasional Maret 2024Mateo Retegui (instagram.com/mateoretegui)

Mateo Retegui menjadi pahlawan kemenangan Italia saat bertanding melawan Venezuela di stadion milik Inter Miami, Chase Stadium, Jumat (22/3/2024) pukul 04.00 WIB. Tampil sejak menit pertama sebagai ujung tombak, ia mencetak dua gol untuk Italia. Dengan 2 gol itu, kini ia telah mengemas 4 gol selama membela Gli Azzurri. 

Italia hampir ketinggalan lebih dahulu pada menit 3. Venezuela mendapat hadiah penalti lantaran bek Italia melanggar pemain depan Venezuela di dalam kotak terlarang. Untungnya, eksekusi penalti Salomón Rondón berhasil digagalkan dengan sempurna oleh Gianluigi Donnarumma. 

Retegui kemudian membawa Italia unggul lebih dahulu pada menit 40, memanfaatkan kesalahan umpan yang sebelumnya dilakukan kiper Venezuela. Tiga menit berselang, Venezuela menyamakan kedudukan lewat aksi winger milik Cadiz CF, Darwin Machís, yang memanfaatkan kesalahan para pemain belakang Gli Azzurri. Pada menit 80, Retegui kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mencetak gol penentu kemenangan bagi Gli Azzurri.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain AZ Alkmaar di Serie A Italia 2023/2024

2. Lorenzo Pellegrini mencetak gol indah ke gawang Ekuador

3 Pemain Italia yang Cetak Gol pada Jeda Internasional Maret 2024Lorenzo Pellegrini (instagram.com/officialasroma)

Lorenzo Pellegrini tampil cukup baik saat Italia bertemu Ekuador. Tampil sejak menit pertama, ia mencetak gol cepat dan membawa Gli Azzurri unggul pada menit 3. Gol itu sekaligus menjadi golnya yang keenam untuk Timnas Italia sejak debut pada Mei 2017.

Gol yang dicetak Pellegrini bermula dari tendangan bebas yang dieksekusi Federico Dimarco membentur pagar betis Ekuador. Pellegrini yang menerima bola rebound langsung melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Kiper Venezuela, Javier Burrai, yang sempat berhasil menebak arah bola gagal melakukan tepisan lantaran bola datang begitu kencang.

Di level klub, Pellegrini juga tampil apik sejauh ini. Berstatus sebagai kapten AS Roma, pemain yang berposisi utama sebagai gelandang serang itu beberapa kali mencetak gol penentu kemenangan. Di Serie A Italia 2023/2024, jebolan akademi AS Roma itu telah mencetak 7 gol dari 21 penampilan.

3. Nicolò Barella mencetak satu gol ke gawang Ekuador

3 Pemain Italia yang Cetak Gol pada Jeda Internasional Maret 2024Nicolò Barella (instagram.com/inter)

Selain Pellegrini, Nicolò Barella juga mencetak satu gol ke gawang Ekuador. Gol tersebut tercipta beberapa saat sebelum peluit tanda berakhir dibunyikan, tepatnya pada menit 90+4. Satu gol itu membuat torehannya bersama Gli Azzurri bertambah. Kini, dirinya telah mengoleksi 9 gol dari 53 penampilan.

Gol tersebut tak terlepas dari kecermatan Riccardo Orsolini yang mampu membaca pergerakan Barella di sisi kanan. Setelah menerima umpan matang dari Orsolini, Barella yang hanya berhadapan dengan kiper tak melakukan kesalahan sedikit pun dan dengan tenang mencetak gol. Kiper Ekuador yang sempat mencoba menghadang pun tak mampu berbuat banyak.

Tak hanya bersama timnas, Barella juga tampil apik dan menjadi andalan Inter Milan musim ini. Di Serie A, ia telah tampil dalam 28 pertandingan dengan torehan 2 gol. Salah satu gol tersebut tercipta saat Inter Milan membantai Napoli 3-0 pada pekan ke-14.

Dua kemenangan ini tentu menjadi modal berharga untuk tampil di Euro 2024 pada Juni mendatang. Sebagai juara bertahan, Gli Azzuri tentu diharapkan tampil perkasa. Mampukah mereka mempertahankan gelar itu?

Baca Juga: 3 Pemain Basket Italia yang Berkarier di NBA 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya