3 Pemain Ligue 1 yang Mencetak Gol pada Matchday 2 Piala Afrika 2023

Gol Hakimi tidak membuat Maroko menang

Tiap tim peserta Piala Afrika 2023 telah melangsungkan pertandingan kedua pada babak grup. Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi, beberapa tim telah dipastikan lolos ke babak berikutnya. Di sisi lain, beberapa tim akan menjalani laga penting pada matchday ketiga demi mampu meraih tiket ke babak selanjutnya.

Pada matchday kedua, sederet pemain mampu tampil mencolok dengan mencetak gol. Dari beberapa pencetak gol tersebut, tiga di antaranya merupakan pemain yang berkarier di Ligue 1 Prancis. Siapa saja pemain tersebut?

1. Satu gol Jean-Charles Castelletto (FC Nantes) belum mampu bawa Kamerun meraih kemenangan

3 Pemain Ligue 1 yang Mencetak Gol pada Matchday 2 Piala Afrika 2023Jean-Charles Castelletto (instagram.com/j_chainz2)

Jean-Charles Castelletto mencetak satu gol ketika Kamerun bertemu dengan Senegal, Jumat (19/1/2024). Sayangnya, satu gol itu tak mampu membawa Kamerun meraih poin lantaran kalah dengan skor 1-3. Hasil itu membuat Kamerun tertahan di posisi 3 Grup C dengan hanya meraih 1 poin.

Pemain berusia 28 tahun itu merupakan bek tengah milik FC Nantes. Pada musim panas 2020, ia direkrut dari sesama klub Prancis, Stade Brestois, dengan status bebas transfer. Oleh Nantes, ia masih terikat kontrak hingga 2026 mendatang.

Di level klub, ia merupakan andalan di lini pertahanan. Pada musim ini, ia telah tampil dalam 15 pertandingan dan mencetak 1 gol. Satu-satunya gol tersebut mampu menghindarkan Nantes dari kekalahan atas AS Monaco pada pekan ke-3 Ligue 1 2023/2024.

Baca Juga: 3 Pemain EPL yang Mencetak Gol pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023

2. Satu gol Ismaïla Sarr (Marseille) mebawa Senegal lolos ke babak selanjutnya

3 Pemain Ligue 1 yang Mencetak Gol pada Matchday 2 Piala Afrika 2023Ismaïla Sarr (cafonline.com)

Tiga penyerang Senegal mampu mencetak gol dalam laga melawan Kamerun, Jumat (19/1/2024). Salah satunya ialah Ismaïla Sarr yang mencetak gol pada menit 16. Dalam laga tersebut, Senegal meraih tiga poin lantaran menang dengan skor 3-1.

Dengan kemenangan itu, Senegal telah dipastikan lolos ke babak berikutnya. Itu karena mereka telah mengoleksi 6 poin dari 2 pertandingan. Pada matchday pertama, mereka mampu mengalahkan Gambia dengan skor 3-0.

Ismaïla Sarr merupakan pemain yang baru bergabung dengan Marseille pada musim panas 2023. Pada musim ini, ia telah tampil dalam 21 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 2 assist di berbagai ajang. Salah satu golnya mampu menghindarkan Marseille dari kekalahan ketika bertandang ke markas FC Nantes di Ligue 1 2023/2024.

3. Satu gol Achraf Hakimi (PSG) tak mampu membawa Maroko meraih kemenangan

3 Pemain Ligue 1 yang Mencetak Gol pada Matchday 2 Piala Afrika 2023Achraf Hakimi (nomor 2) saat membela timnas Maroko. (cafonline.com)

Achraf Hakimi, bek kanan milik Paris Saint-Germain, mencetak satu gol ke gawang Kongo, Sabtu (21/1/2024). Sayangnya, satu gol tersebut belum mampu membawa Maroko meraih tiga poin. Satu gol cepat Hakimi pada menit 6 mampu dibalas oleh satu gol Kongo yang dicetak oleh winger  milik VfB Stuttgart, Silas, pada menit 76.

Dengan hasil seri itu, Maroko belum bisa dipastikan lolos ke babak berikutnya. Meski berada di puncak klasemen grup F dengan 4 poin, semifinalis Piala Dunia 2022 itu ditempel ketat Zambia dan Kongo yang berada di posisi 2 dan 3 dengan sama-sama meraih 2 poin. Selain itu, ada Tanzania yang berada di posisi terbawah dengan hanya meraih satu poin.

Pada matchday selanjutnya, Maroko akan menghadapi Zambia. Di atas kertas, Hakimi dkk. tentu lebih diunggulkan. Meski begitu, Zambia yang sempat menahan imbang Kongo pada matchday pertama tentu tak bisa dianggap remeh.

Ismaïla Sarr dan Achraf Hakimi belum mampu membawa timnya lolos ke babak berikutnya. Pada matchday selanjutnya, mereka dituntut untuk tampil lebih maksimal demi mampu meraih tiket lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua di Piala Afrika 2023

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya