4 Pemain Muda Tersubur di Championship 2023/2024, Potensial!

Crysencio Summerville bersinar bersama Leeds United

Championship yang merupakan kasta kedua Liga Inggris tinggal menyisakan babak play-off. Leicester City yang keluar sebagai juara secara otomatis meraih tiket promosi ke English Premier League, ditemani Ipswich Town yang finis di posisi kedua meski berstatus sebagai tim promosi. Sementara itu, Leeds United, Southampton, West Bromwich Albion, dan Norwich City akan bertarung dalam babak play-off demi mampu meraih satu tiket terakhir promosi ke EPL.

Meski hanya berstatus sebagai kasta kedua, Championship mampu menyajikan persaingan ketat dan seru tiap musimnya. Ajang ini juga sering kali menjadi pembuktian bagi pemain-pemain muda. Tak sedikit dari mereka mendapat sorotan lantaran mampu tampil tajam dan mencetak banyak gol.

Empat pemain muda berikut menjadi pemain muda tersubur di Championship 2023/2024. Ketajaman yang mereka miliki di depan gawang lawan mampu memberi dampak positif kepada timnya masing-masing. Siapa saja pemain tersebut?

1. Ellis Simms (23 tahun) mengemas 13 gol dari 46 laga bersama Coventry City

4 Pemain Muda Tersubur di Championship 2023/2024, Potensial!Ellis Simms (instagram.com/ellissimms)

Ellis Simms tampil gemilang bersama Coventry City pada musim ini. Dari 46 laga di Championship, dirinya berhasil mencetak 13 gol dan 1 assist. Sayangnya, torehan golnya belum mampu membawa Coventry promosi ke EPL lantaran hanya finis di posisi kesembilan.

Tak hanya di Championship, pemain berusia 23 tahun itu juga tampil gemilang di Piala FA. Di ajang tersebut, dirinya berhasil mencetak 6 gol dan 3 assist. Berkat kontribusinya tersebut, Coventry sempat menyingkirkan Wolverhampton Wanderers pada babak perempat final sebelum akhirnya kalah lewat adu penalti oleh Manchester United pada babak semifinal.

2. Jack Clarke (23 tahun) mencetak 15 gol untuk Sunderland

4 Pemain Muda Tersubur di Championship 2023/2024, Potensial!Jack Clarke (instagram.com/jrclarke_)

Lantaran tak mendapat menit bermain yang cukup saat membela Tottenham Hotspur pada 2019—2022, Jack Clarke memutuskan untuk bergabung dengan Sunderland pada musim panas 2022. Performa gemilang yang ia tunjukkan di Championship musim ini membuktikan keputusannya bergabung dengan Sunderland yang hanya berlaga di kasta kedua adalah keputusan yang tepat. Dari 40 laga, dirinya berhasil mengemas 15 gol dan 4 assist.

Gol yang dicetak pemain berusia 23 tahun beberapa kali berhasil menyelamatkan Sunderland dari kekalahan. Salah satunya saat ia mencetak satu gol ke gawang Millwall pada babak kedua setelah sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama. Sayangnya, kontribusi golnya hanya mampu membawa Sunderland finis di posisi ke-16.

Baca Juga: 2 Klub Championship Pastikan Promosi ke Premier League 2024/2025

3. Selain mencetak 19 gol, Morgan Whittaker (23 tahun) juga beberapa kali menjadi kapten tim

4 Pemain Muda Tersubur di Championship 2023/2024, Potensial!Morgan Whittaker (instagram.com/morganwhit17)

Tak berlebihan rasanya menyebut Morgan Whittaker menjadi salah satu pemain muda yang paling menonjol di Championship musim ini. Meski tim yang ia bela, Plymouth, hampir terdegradasi, dirinya menunjukkan performa gemilang. Selain tajam, jiwa kepemimpinan yang dimiliki juga membuatnya beberapa kali ditunjuk sebagai kapten tim.

Pemain berusia 23 tahun itu mencetak 19 gol dan 8 assist dari 46 penampilan. Dirinya bahkan sempat mencatatkan hattrick. Whittaker mencetak 3 gol dalam 1 laga saat Plymouth menghajar Norwich City pada pekan kedelapan dengan skor 6-2. 

4. Crysencio Summerville (22 tahun) mencetak 19 gol, bawa Leeds United tampil ke babak play-off

4 Pemain Muda Tersubur di Championship 2023/2024, Potensial!Crysencio Summerville (instagram.com/csummerville7)

Torehan gol Crysencio Summerville sejajar dengan Whittaker. Bedanya, Summerville mampu mengemas 19 gol hanya dalam 43 penampilan. Ketajamannya di depan gawang membuat pelatih Leeds United, Daniel Farke, benar-benar mengandalkannya di lini serang.

Pemain jebolan akademi Leeds United tersebut beberapa kali menjadi pahlawan kemenangan dengan mencetak brace atau 2 gol dalam 1 laga. Salah satu penampilan terbaiknya ialah saat mencetak brace untuk Leeds United dalam kemenangan 4-3 atas Middlesbrough. Selanjutnya, ia dituntut untuk kembali tampil tajam pada babak play-off demi mampu membawa timnya kembali tampil di EPL.

Dari empat pemain di atas, hanya Crysencio Summerville yang masih memilik peluang untuk membawa timnya promosi ke EPL. Meski begitu, tiga pemain lain sejatinya memiliki peluang untuk tampil di kasta teratas pada musim depan. Dengan usia yang masih muda dan performa gemilang yang telah ditunjukkan pada musim ini, bukan tidak mungkin klub-klub EPL akan merekrut mereka.

Baca Juga: 4 Pemain Leicester City dengan Gol Terbanyak di Championship 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya