3 Pemain Norwegia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester City

Oscar Bobb salah satunya

Norwegia merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa. Secara prestasi di kancah sepak bola, negara berjuluk Land of Midnight Sun itu memang kalah jika dibanding dengan negara-negara seperti Jerman, Prancis, dan Portugal. Meski begitu, Norwegia pernah memiliki sederet pesepak bola hebat yang membela klub-klub top Eropa. 

Manchester City, klub yang musim lalu meraih treble winners, menjadi salah satu klub yang pernah dibela beberapa pemain asal Norwegia. Sepanjang sejarah, ada sembilan pemain asal Norwegia yang pernah menjadi bagian dari The Citizens. Dari 9 pemain tersebut, hanya 3 yang pernah mencetak gol untuk Manchester City.

1. Alf-Inge Haaland mencetak 3 gol dari 47 penampilan

3 Pemain Norwegia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityAlf-Inge Haaland saat berseragam Manchester City. (nottinghamforest.co.uk)

Alf-Inge Haaland merupakan ayah dari Erling Haaland. Pada musim panas 2000, ia direkrut Manchester City dari Leeds United dengan biaya sebesar 3,75 juta euro atau Rp63 miliar. Ia membela Manchester City hingga akhir musim 2002/2003.

Selama 3 musim membela The Citizens, ia mencatatkan 47 penampilan. Selain itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu juga menorehkan 3 gol dan 1 assist. Tiga klub yang pernah ia bobol saat membela Manchester City ialah Sunderland, Bradford, dan Aston Villa.

Selama menjadi pemain, Alf-Inge Haaland juga pernah membela tim nasional. Total 34 caps berhasil ia catatkan bersama Timnas Norwegia. Salah satu ajang terbesar yang pernah ia ikuti ialah Piala Dunia 1994.

Baca Juga: 3 Pembelian Gagal Manchester United dari Borussia Dortmund

2. Erling Haaland telah mencetak 71 gol dalam 75 pertandingan

3 Pemain Norwegia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityErling Haaland (nottinghamforest.co.uk)

Kiprah sang ayah bersama Manchester City menjadi salah satu alasan mengapa Erling Haaland memilih untuk bergabung dengan klub tersebut meski sempat diminati beberapa klub top Eropa lainnya. Selain itu, keberadaan Pep Guardiola juga menjadi salah satu motivasinya bergabung dengan The Citizens. Oleh Manchester City, Haaland direkrut dengan biaya sebesar 60 juta euro atau Rp1 triliun pada musim panas 2022.

Awal kebersamaan Haaland dengan Manchester City sejatinya tak terlalu bagus. Laga debutnya yang terjadi di Community Shield melawan Liverpool, Sabtu (30/7/2022), berakhir dengan kekalahan. Meski begitu, ia langsung membuktikan kualitasnya dalam laga debutnya di Premier League saat mencetak 2 gol dalam kemenangan 2-0 Manchester City atas West Ham United, Minggu (7/8/2022).

Haaland pun meraih kesuksesan pada musim pertamanya bersama Manchester City. Ia membawa The Citizens meraih treble winners pertama sepanjang sejarah klub. Hingga kini, ia telah mencatatkan 75 pertandingan dengan torehan 71 gol dan 14 assist.

3. Oscar Bobb telah mencetak 2 gol dari 14 penampilan

3 Pemain Norwegia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityOscar Bobb (instagram.com/oscarbobb)

Oscar Bobb menjadi salah satu pemain muda potensial yang saat ini dimiliki Manchester City. Musim ini merupakan musim pertamanya membela tim utama The Citizens. Meski begitu, performa apiknya mampu mencuri perhatian. Hingga kini, pemain berusia 20 tahun itu telah mencetak 2 gol dari 14 penampilan. 

Pemain berposisi winger itu tampil apik ketika The Citizens berhasil comeback dan menang 3-2 atas Newcastle United, Sabtu (13/1/2024). Tampil sejak menit 82 menggantikan Jeremy Doku, ia mencetak gol penentu kemenangan bagi Manchester City pada menit 91. Gol tersebut tentu menjadi modal yang bagus baginya untuk mendapat kepercayaan lebih dari Pep Guardiola.

Sebelum dipromosikan ke tim utama, Bobb telah meraih beberapa trofi ketika masih mengasah ilmu di akademi Manchester City. Tiga trofi EPL U-21berhasil ia raih selama 3 musim berturut-turut dari 2020/2021 hingga 2022/2023. Selain itu, ia juga tampil cukup tajam dengan mengoleksi 13 gol dari 60 penampilan bersama Manchester City U-21. 

Kehadiran Oscar Bobb tentu menambah opsi di lini serang Manchester City. Meski begitu, persaingan di lini serang yang diisi sederet pemain hebat menuntutnya untuk bekerja lebih keras lagi. Mampukah ia mengikuti jejak Erling Haaland yang menjadi pilihan utama The Citizens?

Baca Juga: 3 Rekor Gol Apik Erling Haaland di Bundesliga, EPL, dan UCL

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya