5 Pemain Paling Sering Tampil di Premier League Bersama Everton

Seamus Coleman baru saja pecahkan rekor 

Intinya Sih...

  • Seamus Coleman pecahkan rekor penampilan terbanyak di EPL bersama Everton
  • Laga melawan Aston Villa menjadi penampilan ke-355 baginya, melampaui Tim Howard
  • Lima pemain lain yang sering tampil di EPL bersama Everton adalah Phil Jagielka, Leighton Baines, Leon Osman, dan Tim Howard

Kasta teratas liga sepak bola Inggris yang awalnya bernama Divisi Utama Inggris berganti nama menjadi Liga Premier atau English Premier League (EPL) pada 1992. Sejak perubahan itu, beberapa klub tercatat belum pernah terdegradasai sekali pun, salah satunya ialah klub asal Kota Liverpool, Everton. Capaian apik itu sejajar dengan beberapa klub lain, seperti Manchester United, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

Sehubungan dengan itu, tak sedikit pemain yang mencatatkan ratusan pertandingan di EPL bersama Everton. Beberapa nama top mengisi daftar pemain dengan ratusan pertandingan di EPL selama membela Everton. Salah satunya ialah Seamus Coleman yang belum lama ini memecahkan rekor sebagai pemain dengan pertandingan terbanyak di EPL bersama Everton.

Laga melawan Aston Villa pada pekan 21 EPL 2023/2024, Minggu (14/1/2024), menjadi momen penting dalam karier Coleman. Laga yang berlangsung di Goodison Park itu menjadi penampilan ke-355 baginya di EPL bersama Everton. Torehan itu melampaui Tim Howard yang tampil dalam 354 laga di EPL selama membela Everton.

Termasuk Seamus Coleman, berikut lima pemain yang paling sering tampil di English Premier League bersama Everton.

5. Phil Jagielka mencatatkan 322 penampilan selama 12 musim bersama Everton

5 Pemain Paling Sering Tampil di Premier League Bersama EvertonWayne Rooney dan Phil Jagielka (instagram.com/pjags06)

Phil Jagielka menempati posisi kelima dalam daftar ini. Bersama The Toffees, ia tampil dalam 322 pertandingan dengan torehan 14 gol dan 10 assist. Capaian itu ia catatkan selama 12 musim pada 2007—2019. 

Salah satu momen terbaik Jagielka bersama The Toffees terjadi pada 7 April 2019. Saat Everton menjamu Arsenal di kandang, ia mencetak satu-satunya gol dalam laga itu dan membawa The Toffees meraih tiga poin. Dalam laga tersebut, ia juga bertugas sebagai kapten tim.

4. Leighton Baines tampil dalam 348 pertandingan

5 Pemain Paling Sering Tampil di Premier League Bersama EvertonLeighton Baines (evertonfc.com)

Leighton Baines tercatat hanya membela dua klub berbeda selama berkarier sebagai pesepak bola profesional. Setelah 5 musim membela Wigan Athletic, ia hengkang ke Everton pada musim panas 2007 sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu di Everton pada 2020. Saat ini, ia menjabat sebagai pelatih Everton U-18.

Selama membela The Toffees, Baines mencatatkan 348 penampilan di EPL. Berposisi sebagai bek kiri, ia juga mengoleksi 29 gol dan 58 assist. Salah satu golnya mampu membawa Everton menang atas Manchester United pada 20 April 2014. 

Baca Juga: 3 Rekor Paling Sulit Dipecahkan dalam Sejarah English Premier League

3. Leon Osman mencetak 44 gol dari 352 penampilan di EPL bersama Everton

5 Pemain Paling Sering Tampil di Premier League Bersama EvertonLeon Osman (evertonfc.com)

Leon Osman merupakan pemain jebolan akademi Everton yang promosi ke tim utama pada 2002. Sepanjang kariernya, ia tak pernah hengkang secara permanen dari Everton meski sempat dipinjamkan ke klub lain. Pada akhir musim 2015/2016, ia memutuskan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Bersama Everton, Osman tampil dalam 352 pertandingan di EPL. Capaian itu membuatnya berada di posisi ketiga pemain dengan penampilan terbanyak di EPL bersama Everton. Melengkapi catatan tersebut, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu juga mengoleksi 44 gol dan 29 assist

2. Tim Howard mencatatkan 354 penampilan di EPL selama membela Everton

5 Pemain Paling Sering Tampil di Premier League Bersama EvertonTim Howard (evertonfc.com)

Tim Howard menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam daftar ini. Selama membela Everton, ia tampil dalam 354 pertandingan di EPL. Menariknya, ia juga mengoleksi 1 gol dan 2 assist. Satu-satunya gol tersebut tercipta ke gawang Bolton Wanderers pada 2011/2012.

Pemain asal Amerika Serikat itu bergabung denga Everton dari Manchester United pada musim panas 2006 sebagai pemain pinjaman. Semusim berselang, The Toffees memutuskan untuk merekrutnya secara permanen dengan biaya sebesar 4,2 juta euro atau Rp72 miliar. Saat ini, ia menjabat sebagai direkrut olahraga di salah satu klub Amerika Serikat, Memphis 901.

1. Seamus Coleman lewati rekor Tim Howard

5 Pemain Paling Sering Tampil di Premier League Bersama EvertonSeamus Coleman (evertonfc.com)

Seamus Coleman telah membela Everton sejak Januari 2009. Saat itu, The Toffees mendatangkannya dari klub Irlandia, Sligo Rovers. Bersama Everton di EPL, ia telah mencatatkan 355 pertandingan dengan torehan 22 gol dan 29 assist.

Capaian itu secara resmi menjadikannya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di EPL bersama Everton. Jumlah itu tentu saja masih bisa bertambah. Oleh The Toffees, ia masih terikat kontrak hingga akhir musim 2023/2024.

Tak mudah bagi seorang pemain untuk mencatatkan ratusan penampilan di kompetisi English Premier League yang banyak disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia. Tentunya, sederet pemain Everton di atas telah menunjukkan konsistensi dan kerja keras luar biasa untuk mampu mencapai torehan tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Tertajam dalam Sejarah Everton, Ada Doucoure

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya