4 Pemain Paling Sering Tampil di UCL Bareng Paris Saint-Germain

Kylian Mbappe melampaui capaian dua pemain sekaligus

Paris Saint-Germain (PSG) bangkit pada pertandingan ketiga fase grup UEFA Champions League (UCL) 2023/2024. Setelah sebelumnya dibantai 1-4 di kandang Newcastle United, Kamis (5/10/2023), anak asuh Luis Enrique berhasil bangkit dengan menggilas AC Milan di Parc des Princes dengan skor 3-0, Kamis (26/10/2023). Randal Kolo Muani, Lee Kang-in, dan Kylian Mbappe masing-masing mencetak satu gol.

Kylian Mbappe memiliki catatan tersendiri pada pertandingan itu. Pertandingan melawan klub berjuluk Rossoneri itu merupakan penampilan ke-55 baginya di UCL bersama Les Parisiens, melampaui capaian Edinson Cavani dan Ángel Di María yang masing-masing mencatat 54 penampilan. Termasuk Mbappe, berikut empat pemain dengan penampilan terbanyak di UCL bersama Paris Saint-Germain.

1. Marquinhos memuncaki daftar dengan 84 penampilan

4 Pemain Paling Sering Tampil di UCL Bareng Paris Saint-GermainMarquinhos (psg.fr)

Musim 2023/2024 merupakan musim ke-11 bagi Marquinhos membela PSG. kebersamaannya dengan Les Parisiens bermula ketika ia direkrut dari AS Roma pada musim panas 2013. Menjadi salah satu pemain senior di skuad asuhan Luis Enrique, ia diberi tugas untuk menjadi kapten tim.

Pemain berusia 29 tahun itu telah tampil dalam 84 pertandingan di UCL bersama Les Parisiens. Berposisi sebagai bek tengah, ia juga mengoleksi 9 gol dan 3 assist. Capaian terbaiknya di kompetisi Eropa itu terjadi pada 2019/2020. Pada musim itu, PSG melaju hingga partai final meski kalah dari Bayern Munich dengan skor 0-1.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Paris Saint-Germain Sepanjang Masa, Ada Verratti

2. Marco Verratti membela PSG selama 11 musim dan tampil dalam 79 pertandingan di UCL

4 Pemain Paling Sering Tampil di UCL Bareng Paris Saint-GermainMarco Verratti (instagram.com/marco_verratti92)

Marco Verratti berada di urutan kedua dalam daftar ini. Selama membela PSG, ia turun dalam 79 pertandingan di UCL. Berposisi utama sebagai gelandang tengah, ia juga mengoleksi 3 gol dan 9 assist. Salah satu golnya tercipta ke gawang Barcelona pada 2014/2015.

Setelah 11 musim berseragam PSG, pemain asal Italia itu memutuskan untuk memulai petualangan baru dengan hijrah ke Qatar pada musim panas 2023. Al-Arabi SC memboyongnya dengan biaya sebesar 45 juta euro atau Rp754 miliar. Pemain berusia 30 tahun itu diikat kontrak berdurasi hingga 2025 mendatang.

3. Thiago Silva meraih trofi UCL setelah tinggalkan PSG

4 Pemain Paling Sering Tampil di UCL Bareng Paris Saint-GermainThiago Silva (psg.fr)

Selanjutnya, ada pemain yang saat ini membela Chelsea. Sebelum bergabung dengan The Blues, Thiago Silva membela PSG medio 2012—2020. Selama 8 musim itu, ia tampil dalam 60 pertandingan di UCL.

Pemain asal Brasil itu merupakan kapten tim Les Parisiens pada 2019/2020 ketika mereka melaju hingga partai final UCL. Sepanjang musim tersebut, Thiago Silva juga menjadi andalan Les Parisiens di berbagai ajang. Setelah hanya meraih trofi di kompetisi domestik selama membela PSG, Thiago Silva sendiri akhirnya berhasil menjuarai UCL bersama Chelsea pada 2020/2021.

4. Kylian Mbappé belum mampu meraih trofi UCL

4 Pemain Paling Sering Tampil di UCL Bareng Paris Saint-GermainKylian Mbappé (psg.fr)

Nama Kylian Mbappé melambung selama beberapa musim terakhir. Hal itu tak terlepas dari penampilan apiknya baik di level klub bersama PSG maupun ketika membela Timnas Prancis. Meski baru berusia 24 tahun, ia menjadi pemain yang selalu diandalkan di mana pun dia berada.

Pemain jebolan akademi AS Monaco itu juga menjadi top skor PSG di ajang UCL. Selama lebih dari 6 musim, ia telah mengoleksi 36 gol dan 26 assist dari 55 pertandingan. Sayangnya, ia belum mampu mempersembahkan trofi UCL untuk Les Parisiens.

Meski telah merekrut sejumlah pemain top pada beberapa musim terakhir, Paris Saint-Germain masih kesulitan meraih trofi UCL. Pada musim ini, Kylian Mbappe dan kawan-kawan harus bersaing di grup neraka jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Menarik untuk menantikan sejauh mana capaian mereka di UCL 2023/2024 ini.

Baca Juga: 4 Pesaing Terdekat Kylian Mbappe di Daftar Top Skor Ligue 1 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya