6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di Bundesliga

Menjadi modal menghadapi Dortmund di babak 16 besar UCL

Setelah mampu finis sebagai runner up grup B Liga Champions Eropa 2023/2024, PSV Eindhovern akan melanjutkan perjuangan di babak 16 besar. Klub berjuluk Boeren tersebut akan menghadapi klub asal Jerman, Borussia Dortmund, dalam dua leg. Pertemuan pertama akan berlangsung di kandang PSV, Selasa (20/2/2024). Lalu, Rabu (13/3/2024), giliran PSV yang bertandang ke markas Die Borussen. 

Untuk mampu lolos ke babak selanjutnya, PSV sejatinya memiliki beberapa modal yang cukup bagus. Penampilan apik yang mereka tunjukkan di liga domestik tentu menjadi modal utama. Selain itu, keberadaan beberapa pemain yang pernah merumput di Bundesliga Jerman akan membantu PSV untuk mengatasi Dortmund di babak ini.

1. André Ramalho tampil dalam 40 laga di Bundesliga bersama Bayer Leverkusen dan FSV Mainz

6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di BundesligaAndré Ramalho (bundesliga.com)

André Ramalho merupakan bek tengah andalan PSV pada musim ini. Di semua kompetisi, ia telah tampil dalam 35 pertandingan dan mencetak 2 gol dan 1 assist. Berkat permainan apiknya di lini belakang, PSV menjadi tim dengan pertahanan terkuat di Eredivisie dengan hanya kebobolan 10 gol sejauh ini. 

Pemain asal Brasil itu tercatat pernah bermain untuk Bayer Leverkusen dan FSV Mainz pada 2015—2018. Selama itu, ia mencatatkan 40 penampilan di Bundesliga. Sayangnya, ia memiliki rekor yang tak cukup bagus saat bertemu Dortmund. Dari 2 pertemuan, ia meraih 1 hasil seri dan 1 kekalahan.

Baca Juga: 3 Pelatih yang Gagal Bawa MU Lolos Fase Grup UCL setelah Era Sir Alex

2. Saat membela VfL Bochum, Armel Bella-Kotchap pernah bermain imbang melawan Dortmund

6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di BundesligaArmel Bella-Kotchap (kanan) saat berseragam Vfl Bochum. (instagram.com/armel.bella82)

Armel Bella-Kotchap merupakan pemain yang tengah dipinjam dari Southampton hingga akhir musim. Bersama PSV pada musim ini, ia telah tampil dalam 6 pertandingan. Dua di antaranya ia catatkan di ajang UCL.

Sebelum bergabung dengan Southampton, ia merupakan penggawa VfL Bochum. Selama membela klub berjuluk Die Usabsteigbaren tersebut, ia tampil dalam 22 pertandingan di Bundesliga. Salah satu laga yang ia mainkan adalah saat bermain imbang 1-1 melawan Dortmund pada musim 2021/2022.

3. Guus Til kurang mendapat menit bermain selama membela SC Freiburg pada 2020/2021

6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di BundesligaGuus Til (instagram.com/guustil)

Guus Til merupakan salah satu motor serangan PSV pada musim ini. Di berbagai kompetisi, ia telah tampil dalam 28 pertandingan. Berposisi utama sebagai gelandang serang, ia juga tampil tajam di Eredivisie dengan mencetak 7 gol dan 3 assist  sejauh ini.

Selama semusim pada 2020/2021, pemain berusia 26 tahun itu merupakan penggawa SC Freiburg. Sayangnya, ia kurang mendapat menit bermain selama membela klub tersebut. Di Bundesliga 2020/2021, ia hanya mencatatkan tujuh penampilan.

4. Malik Tillman sedang menjalani masa peminjaman dari Bayern Munich

6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di BundesligaMalik Tillman saat berseragam Bayern Munich. (instagram.com/malik.tillman)

Untuk menambah menit bermain, Malik Tillman bergabung dengan PSV pada musim panas 2023. Ia didatangkan dari Bayern Munich sebagai pemain pinjaman. Rencananya, PSV akan memakai jasa pemain berusia 21 tahun itu hingga akhir musim 2023/2024.

Persaingan yang sengit di skuad Die Roten membuat Tillman mendapat menit bermain yang minim. Sejak dipromosikan ke tim utama Die Roten pada 2021, ia baru tampil dalam empat pertandingan Bundesliga. Dari 4 laga itu, ia meraih 3 kemenangan dan 1 kekalahan.

5. Ricardo Pepi tampil dalam 15 pertandingan di Bundesliga saat membela FC Augsburg

6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di BundesligaRicardo Pepi (instagram.com/pepi_ricardo)

Ricardo Pepi menjadi salah satu pemain muda yang tampil apik bersama PSV pada musim ini. Berposisi utama sebagai striker, ia telah mencetak 7 gol dari 30 penampilan di berbagai ajang. Salah satu golnya merupakan penentu kemenangan saat PSV mengalahkan Sevilla 3-2 di babak grup UCL.

Sebelum bergabung PSV pada musim panas 2023, pemain berusia 21 tahun itu merupakan penggawa FC Augsburg. Selama lebih dari semusim membela FC Augsburg, ia tampil dalam 15 pertandingan Bundesliga. Salah satu laga yang ia mainkan ialah saat menahan imbang Dortmund 1-1 pada, Minggu (27/2/2022).

6. Luuk de Jong mencetak 6 gol dari 36 pertandingan di Bundesliga pada 2012—2014

6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di BundesligaLuuk de Jong saat berseragam borussia monchengladbach. (uefa.com)

Luuk de Jong merupakan salah satu pemain paling berpengalaman di skuad PSV musim ini. Sebelum kembali ke Belanda untuk membela PSV sejak musim panas 2022, ia tercatat pernah mencicipi beberapa liga top Eropa. Bundesliga Jerman salah satunya saat ia menjadi bagian dari Borussia Mönchengladbach pada 2012—2014.

Selama 2 musim itu, ia tampil dalam 36 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 2 assist. Selama itu, ia mencatatkan satu pertemuan menghadapi Dortmund pada, Minggu (24/2/2013). Sayangnya, bermain di hadapan pendukung sendiri, kala itu Borussia Mönchengladbach ditahan imbang 1-1 

Rekor pertemuan para pemain tersebut saat menghadapi Dortmund di Bundesliga memang tak bisa dibilang bagus. Meski begitu, situasi saat ini tentu berbeda. Dengan kehadiran para pemain tersebut dan performa apik di liga domestik, mampukah PSV menyingkirkan Dortmund pada babak 16 besar UCL 2023/2024 dan melaju ke babak selanjutnya?

Baca Juga: Kiprah 3 Pemain Keturunan Indonesia di UCL 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya